Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Segmentasi Pasar Beserta Karakteristiknya

Segmentasi pasar ialah sebuah proses proteksi pasar menjadi beberapa kelompok konsumen yang khas dan memiliki kebutuhan maupun sifat yang sama dan lalu menentukan satu ataupun lebih segmen yang dijadikan sebagai samasukan dari bauran pemamasukan tidak sama-beda.  Segmentasi pasar ialah langkah utama dalam taktik pemamasukan.  Ada tiga tahap dalam taktik pemamasukan.  Yang pertama adalah  membagi pasar dalam banyak sekali kelompok yang bersifat homogen.  Yang kedua, menentukan segmen untuk dijadikan target.  Yang ketiga, menentukan posisi produk di setiap segmen untuk sanggup mempersembahkan kepuasan.  Segmentasi pasar sendiri banyak dipakai oleh pelaku bisnis diantaranya para pemasar, para pengecer, hotel, perusahaan manufaktur idustri, tubuh amal, sampai beberapa sentra seni musik, drama, dan tari.


Segmentasi pasar direncanakan sebagai materi untuk mengetahui banyak sekali harapan serta kebutuhan dari banyak sekali kelompok spesifik.  Studi terkena segmentasi pasar juga dipakai untuk menentukan perancangan, pengaturan serta penambahan segmen baru.  Riset segmentasi juga dugunakan para pemasar menyerupai stasiun tv, surat kabar, majalah ataupun radio untuk menutupi kesentidakboleh produk, mengenali media, dan menentukan karakteristik pemirsa atau pendengar.

Ada sembilan karakteristik utama untuk menentukan segmentasi pasar diantaranya ialah segmentasi geografis (menurut tempat), segmentasi demografis (usia, gender, pendidikan, dan sebagainya), segmentasi psikologis (sifat), segmentasi psikografis (gaya hidup), segmentasi ranah sosial budaya, segmentasi pemakaian (tingkat pemakaian, tingkat kesetiaan, dan sebagainya), segmentasi situasi pemakaian, segmentasi manfaat, dan segmentasi campuran yang terdiri dari campuran profil demografis, geodemografis, dan VALS 2 (lebih memseriuskan pada perjuangan untuk mengambarkan sikap membeli dari para konsumen).

Kriteria membidik segmen pasar haruslah memenuhi beberapa hal diberikut menyerupai stabil atau tumbuh, sanggup diidentifikasi, mencukupi (berdasarkan sudut ukuran) dan sanggup dimasuki (mampu dijangkau baik dari sudut media maupun biaya). Dalam melakukan taktik segmentasi, ada beberapa golongan taktik pemamasukan yang sanggup dilakukan yaitu stretegi pemamasukan terpusat (menggunakan satu bauran pemamasukan unik), taktik pemasarn tidak sama (menggunakan bauran pemamasukan individual) dan kontrasegmentasi (menggabungkan segmen-segmen kedalam satu segmen yang lebih luas).

Kesimpulan
Segmentasi pasar ialah bembagian beberapa kelompok konsumen yang bertujuan untuk mempersembahkan kepuasan terhadap tiap karakteristik yang dimiliki konsumen.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Segmentasi Pasar Beserta Karakteristiknya"