Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Manfaat Dan Fungsi Lemak Bagi Tubuh?

Lemak terbentuk dari asam lemak dan gliserol. Lemak dalam tubuh berfungsi sebagai:
1) Penghasil energi
Lemak yakni zat makanan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.
Selain itu lemak dan minyak juga yakni sumber energi yang lebih efektif dibanding dengan karbohidrat dan protein. Satu gram minyak atau lemak sanggup menghasilkan 9 kkal, sedangkan karbohidrat dan protein spesialuntuk menghasilkan 4 kkal/ gram.

2) Penghasil asam lemak esensial.
Minyak atau lemak, khususnya minyak nabati, mengandung asam-asam lemak esensial menyerupai asam linoleat, linolenat, dan arakidonat yang sanggup mencegah penyempitan pembuluh darah akhir penumpukan kolesterol.

3) Sebagai pelarut vitamin.
Minyak dan lemak juga berfungsi sebagai pelarut bagi vitamin yang spesialuntuk sanggup larut di dalam lemak dan minyak, yaitu vitamin A, D, E, dan K.

4) Memdiberi rasa kenyang
Lemak dan minyak jikalau dikonsumsi akan mempersembahkan rasa kenyang yang lebih lama. Rasa kenyang yang lebih usang disebabkan oleh kandungan lemak itu sendiri yang susah untuk diserap sehingga berada lebih usang dalam lambung. dan juga lemak yakni penghasil energi.

5) Protein Sparer
Lemak yakni sumber energi selain karbohidrat dan protein. melaluiataubersamaini adanya kelebihan konsumsi lemak yang tersimpan sebagai cadangan energi, maka jikalau seseorang berada dalam kondisi belum sempurnanya kalori, maka lemak yakni cadangan pertama yang akan dipakai untuk mendapat energi setelah protein.
Oleh lantaran itu, dengan adanya cadangan lemak, maka penerapan protein sebagai energi akan sanggup dihemat. Namun hal ini tentu saja spesialuntuk bersifat sementara. Apabila dalam makanan kita terdapat kelebihan hidrat arang dan lemak dari yang diharapkan oleh tubuh, maka lemak dan hidrat arang tersebut tidak akan eksklusif dibakar. Tetapi kelebihan ini akan diubah oleh tubuh menjadi lemak dan
disimpan sebagai cadangan tenaga yang akan diambil jikalau tubuh membutuhkan sewaktu-waktu.

Lemak cadangan ini terutama disimpan di bawah kulit, di sekitar otot. Selain itu, terdapat pula simpanan lemak di sekitar jantung, paru-paru, ginjal dan organ tubuh lainnya. Kumpulan lemak disekitar ginjal ini memiliki kegunaan khusus, yaitu untuk menjaga semoga ginjal tidak praktis berpindah tempat. Cadangan lemak menyerupai ini tidak dipakai sebagai cadangan kalori, kecuali dalam keadaan yang benar-benar memaksa. Pada orang gemuk, di sekitar perut dam mamae sering terdapat tumpukan lemak dalam jumlah yang lebih banyak.
Cadangan lemak memang diharapkan di dalam tubuh. Tetapi jikalau cadangan ini jumlahnya terlalu banyak sanggup berdampak pada gangguan kesehatan. Orang yang di dalam tubuhnya terdapat timbunan lemak dalam jumlah yang berlebihan memiliki kecendrungan untuk menderita penyakit
jantung, ginjal, diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya. Seseorang dengan kelebihan berat tubuh 10 % dari berat idealnya, maka orang tersebut sudah sanggup digolongkan gemuk.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Apa Manfaat Dan Fungsi Lemak Bagi Tubuh?"