Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Pengertian Syair Dan Sebutkan Jenis-Jenis Syair Berdasarkan Isinya?

Syair ialah Salah satu jenis puisi lama. Ia berasal dari Persia (sekarang Iran) dan sudah dibawa masuk ke Nusantara bahu-membahu dengan kehadiranIslam. Kata syair berasal dari bahasa Arab syu'ur yang berarti perasaan. Kata syu'ur berubah menjadi kata syi'ru yang berarti puisi dalam pengertian umum. Syair dalam kesusastraan Melayu merujuk pada pengertian puisi secara umum. Akan tetapi, dalam perkembangannya syair tersebut mengalami perubahan dan modifikasi sehingga menjadi khas Melayu, tidak lagi mengacu pada tradisi sastra syair di negeri Arab. Penyair yang berperan besar dalam membentuk syair khas Melayu ialah Hamzah Fansuri dengan karyanya, antara lain: Syair Perahu, Syair Burung Pingai, Syair Dagang, dan Syair Sidang Fakir. Menurut isinya, syair sanggup dibagi menjadi lima golongan, sebagai diberikut.

1. Syair Panji
Syair panji menceritakan tentang keadaan yang terjadi dalam istana dan keadaan orang-orang yang berada atau berasal dari dalam istana. misal syair panji ialah Syair Ken Tambuhan yang menceritakan tentang seorang putri berjulukan Ken Tambuhan yang dijadikan persembahan kepada Sang Ratu Kauripan.

2. Syair Romantis
Syair romantis meliputi tentang percintaan yang biasanya terdapat pada kisah pelipur lara, hikayat, maupun kisah rakyat. misal syair romantis yakni Syair Bidasari yang menceritakan tentang seorang putri raja yang sudah dimembuang ibunya. Sesudah beberapa usang dia dicari Putra Bangsawan (saudaranya) untuk bertemu dengan ibunya. Pertemuan pun terjadi dan balasannya Bidasari memaafkan ibunya, yang sudah memmembuang dirinya.

3. Syair Kiasan
Syair kiasan meliputi tentang percintaan ikan, burung, bunga atau buahbuahan. Percintaan tersebut ialah kiasan atau sindiran terhadap insiden tertentu. misal syair kiasan ialah Syair Burung Pungguk yang isinya menceritakan tentang percintaan yang gagal jawaban perbedaan pangkat, atau menyerupai perumpamaan "seperti pungguk merindukan bulan".

4. Syair Sejarah
Syair sejarah ialah syair yang menurut insiden sejarah. Sebagian besar syair sejarah meliputi tentang peperangan. misal syair sejarah ialah Syair Perang Mengkasar (lampau berjulukan Syair Sipelman), meliputi tentang perang antara orang-orang Makassar dengan Belanda.

5. Syair Agama
Syair agama ialah syair terpenting. Syair agama dibagi menjadi empat yaitu: (a) syair sufi, (b) syair tentang pemikiran Islam, (c) syair riwayat kisah nabi, dan (d) syair nasihat.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Apakah Pengertian Syair Dan Sebutkan Jenis-Jenis Syair Berdasarkan Isinya?"