Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Perkembangbiakan Porifera Dan Jenis-Jenis Porifera


Teknik Porifera berkembang biak, yaitu secara aseksual maupun seksual. Reproduksi secara aseksual dilakukan dengan pembentukan kuncup dari dinding tubuhnya ke arah luar. Kuncup yang terbentuk dilepaskan dan akan tumbuh menjadi Porifera gres atau sanggup pula tetap menempel membentuk suatu koloni. Pembentukan kuncup ini sanggup terjadi jikalau kondisi kurang menguntungkan, yaitu jikalau keadaan kering atau keadaan dingin. Pada Porifera air tawar akan terbentuk gemmulae atau plasma benih yang ialah kumpulan sel-sel di dalam mesenkim yang terbungkus besar lengan berkuasa dan tebal. Jika induknya mati, maka gemmulae akan tumbuh menjadi kuncup dan menjadi Porifera baru. Reproduksi Porifera secara seksual, yaitu dengan pembentukan arkeosit yang mengandung sperma dan ovum. Jika terjadi penyatuan sperma dan ovum yang berada di mesoglea, maka akan terbentuk zigot. Zigot ini akan bermetamorfosis larva bersilia, kemudian berenang meninggalkan induknya dan akan menempel pada suatu dasar dan hidup sebagai individu baru. Karena dalam satu tubuh menghasilkan dua sel kelabuin, maka Porifera ini bersifat hemaprodit, perlu diingat pembuahan ini terjadi dari sperma yang berasal dari jenis induk Porifera yang lain, jadi tidak berasal dari induk yang sama

3) Jenis-Jenis Porifera
Telah kita ketahui bahwa spikula tersusun dari zat kapur dan dari silikat, melaluiataubersamaini dasar zat penyusun inilah jenis Porifera ini digolongkan. Beberapa kelas Porifera ialah sebagai diberikut.

a) Kelas Calcarea, golongan Porifera ini mempunyai spikula yang terbuat dari zat kapur. Umumnya hidup di air maritim yang dangkal. Misalnya, Scypha gelatinosa, Grantia, Leucosolenia.
b) Kelas Hexactinellida, golongan ini mempunyai spikula yang terbuat dari zat kersik/silikat. Hidupnya di maritim yang dalam, contohnya Pheronema sp., Euplectella, Regadrella sp.

c) Kelas Demospongiae, kelas ini mempunyai spikula yang terbuat dari zat kersik dan protein (spongin) atau spesialuntuk spongin saja. Tubuhnya lunak dan tidak mempunyai skeleton. Hidup di maritim yang dangkal, mempunyai jumlah anggota yang paling banyak, contohnya Euspongia officinalis (spons mandi), Spongilla, Haliclona, Microciona, Corticium.

4) Peranan Porifera bagi Kehidupan
Hewan Porifera tidak ada yang merugikan bagi kehidupan kita, tetapi ada yang sanggup mempunyai kegunaan untuk kehidupan kita, yaitu dari golongan Demospongiae, khususnya Euspongia officinalis. Bila dikeringkan, Euspongia officinalis sanggup dipakai sebagai spons untuk alat penggosok tubuh sewaktu mandi atau sanggup dipakai sebagai pemmembersihkan kaca. Ada juga yang memanfaatkannya untuk hiasan, yaitu dari Porifera yang sudah mati.

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Perkembangbiakan Porifera Dan Jenis-Jenis Porifera"