Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Dimanfaatkan Untuk Apakah Virus Yang Menguntungkan?

 Virus yang Menguntungkan
Ingatlah kembali daur hidup virus pada fase lisogenik! Pada daur hidup itu terjadi penggabungan bahan genetik virus dan bakteri, sehingga virus akan mengandung gen bakteri. DNA yaitu bahan genetik yang membawa sifat suatu makhluk hidup. Apabila DNA berubah, maka sifatnya juga akan berubah. melaluiataubersamaini demikian, virus yang menginfeksi kuman pertama akan mempunyai sifat dari kuman tersebut. Selanjutnya, apabila menginfeksi kuman kedua, maka akan mempunyai sifat yang terdapat pada virus kuman pertama sekaligus sifat dari kuman yang kedua, demikian seterusnya. Peristiwa itu sanggup dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan sebagai diberikut.

a. Pembuatan Antitoksin
Para mahir memanfaatkan dengan menggabungkan sifat-sifat DNA yang menguntungkan antara virus dan gen lain sehingga sifat yang menguntungkan tersebut akan dimiliki oleh kuman yang diinfeksi. misalnya, DNA virus digabungkan dengan DNA insan yang mempunyai sifat antitoksin (pelawan racun/penyakit). Selanjutnya, virus tersebut diinfeksikan dengan sel kuman sehingga sel kuman ini mempunyai sifat gen manusia, yaitu mempunyai sifat antitoksin. melaluiataubersamaini demikian, kuman yang tiruanla tidak mempunyai sifat antitoksin kini sudah mempunyai sifat antitoksin. Apabila kuman tersebut membelah terus menerus, berarti setiap sel kuman mempunyai sifat antitoksin dan selanjutnya sanggup didiberikan pada manusia. misalnya, toksoid tetanus, toksin ini sanggup disuntikkan pada insan untuk mencegah penyakit tetanus. Toksin ini biasanya didiberikan pada ibu hamil dan calon pengantin. Adapun bagi penderita tetanus akan didiberikan ATS (Anti Tetanus Serum).

b. Untuk Melemahkan Bakteri
Apabila virus yang menginfeksi kuman bersifat patogen, maka DNA virus yang masuk akan merusak DNA kuman sehingga kuman tersebut menjadi tidak berbahaya sebab sifat patogennya sudah rusak. misalnya, kuman difteri yang berbahaya akan berubah sifatnya jikalau di dalamnya tersambung oleh virus profage.

c. Untuk Memproduksi Vaksin
Kita tentu pernah menerima vaksin untuk mencegah terserangnya badan dari beberapa jenis penyakit. Vaksin dipakai insan untuk memperoleh kekebalan tubuh/antibodi. Vaksin ini bergotong-royong yaitu bibit penyakit yang sudah dilemahkan dan apabila menyerang insan tidak akan berbahaya lagi. Untuk itulah diharapkan vaksin bagi badan kita. Jika ada penyakit yang menyerang manusia, maka badan sudah mempunyai kekebalan yang berasal dari antibodi bagi penyakit tersebut. misalnya, vaksin cacar, polio, dan campak.

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Dimanfaatkan Untuk Apakah Virus Yang Menguntungkan?"