Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Struktur Antibodi Dan Lapisan Pertahanan Badan Pada Manusia?

Struktur Antibodi
Antibodi ialah suatu protein yang mempunyai bentuk menyerupai abjad Y, dan disebut imunoglobin (Ig). Imunoglobin ini spesialuntuk diproduksi oleh sel B, imunoglobin yang berbentuk abjad Y ini, pada ujung percabangannya bertugas mengikat antigen; dan dasar abjad Y yang memilih bagaimana antibodi menghancurkan antigen tersebut. Jenis-jenis antibodi ialah Ig M, Ig A, Ig D, dan Ig E.

Pengeluaran Antibodi
Bagaimanakah antibodi dikeluarkan oleh tubuh? Langkah pertama ialah penelanan antigen yang masuk ke dalam badan oleh sel-sel fagosit (makrofag), selanjutnya dengan suatu cara tertentu sel-sel fagosit diberinteraksi dengan limfosit . Terkadang sebelum antigen masuk, badan sudah mempunyai limfosit yang bisa mengenali antigen tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan adanya proses fagositosis. melaluiataubersamaini adanya fagositosis maka limfosit akan menyatu dengan antigen. Menyatunya antigen dengan limfosit terjadi di reseptor di permukaan sel yang identik hingga hasilnya antibodi dikeluarkan. Sekali antigen menempel pada reseptor limfosit yang sesuai akan merangsang limfosit menghasilkan limfoblas dan hasilnya berubah menjadi sel-sel plasma. Sel-sel plasma inilah yang akan menghasilkan antibodi.

Lapisan Pertahanan Tubuh yang Pertama
Lapisan pertahanan badan yang pertama ialah kulit dan selaput dari tubuh. Lapisan ini akan melindungi badan dari serbuan antigen. Namun, bila kulit atau lapisan lendir ini bisa ditembus antigen dan masuk ke dalam tubuh, maka di kawasan tersebut akan terjadi peradangan kecil oleh infeksi penyakit yang disebabkan antigen. Di kawasan peradangan tersebut akan timbul rasa gerah, nyeri, denyutandenyutan akan lebih terasa, atau bahkan terjadi pembengkakan bernanah (bisul).  Mengapa hal ini bisa terjadi? Saat antigen berhasil menembus kulit atau selaput lendir maka di kawasan masuknya antigen aka terjadi peningkatan pedoman darah. melaluiataubersamaini adanya peningkatan pedoman darah ini, maka suhu di kawasan itu meningkat, sel-sel darah putih akan lebih banyak yang dibawa. Sel-sel darah putih akan menghancurkan antigen tersebut. Hal ini menimbulkan timbulnya bisul atau abses. Dalam infeksi terdapat nanah yang mencakupkan serum, sel darah putih dan hancuran antigen. Dalam prosedur ini, antigen sanggup berupa apa saja, menyerupai bakteri, jamur, atau virus.


Lapisan Pertahanan Tubuh yang Kedua
Apabila infeksi oleh antigen tidak sanggup diatasi oleh lapisan pertahanan badan yang pertama, antigen masuk ke dalam pedoman darah, maka sistem lapisan pertahanan badan yang kedua akan bertindak. Lapisan ini ialah sistem kelenjar getah bening (limfatik). Cairan getah bening yang mengandung limfosit akan mengikat antigen dan dibawa ke kelenjar getah bening, di sinilah antigen akan dihancurkan.

Imunisasi ialah pemdiberian pertolongan pada badan dari serangan penyakit dengan mempersembahkan vaksin. Vaksin ialah suatu suspensi yang meliputi kuman atau virus yang sudah dilemahkan atau dimatikan sehingga sanggup menimbulkan kekebalan (imunitas). Jika kekebalan muncul lantaran respon dari adanya infeksi dan sanggup sembuh, disebut kekebalan alamiah. Bila kekebalan timbul lantaran dibuat, misalnya lantaran vaksin maka disebut kekebalan buatan.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Struktur Antibodi Dan Lapisan Pertahanan Badan Pada Manusia?"