Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan : Cara Memilih Jumlah Proton,Elektron Dan Neutron Dari Suatu Unsur


Hello Sobat ! Salam Chemistry !! Pada panduan kali ini, kita akan berguru bagaiamana caranya memilih jumlah proton,elektron dan neutron dari suatu unsur kimia.

Proton,elektron dan neutron itu apa sih kak ? Proton,elektron dan neutron ketiganya yaitu suatu muatan yang mengisi atom suatu unsur. Proton bermuatan positif,elektron berumuatan negatif dan neutron bermuatan netral ( tidak bermuatan ). Tiap unsur kimia mempunyai ketiga muatan tersebut kecuali Hidrogen ( hidrogen tidak mempunyai neutron ), inti atom hidrogen bersifat stabil di dikala mempunyai 1 proton sehingga neutron tidak diharapkan oleh atom hidrogen.

Tiap unsur kimia juga mempunyai ketiga muatan tersebut dalam jumlah yang tidak sama-beda, ada unsur yang mempunyai jumlah elektron lebih banyak dan mungkin ada unsur yang mempunyai jumlah proton lebih banyak, tiruananya itu tergantung dari "nomor atom dan nomor massa " yang dimiliki oleh unsur tersebut.

Sebelum memilih jumlah dari proton,elektron dan neutron yang dimiliki oleh suatu unsur, maka ada 2 hal penting yang perlu teman erat perhatikan terlebih lampau, pertama "jumlah dari proton dan elektron yang dimiliki oleh suatu unsur sanggup kita tentukan dengan cara melihat nomor atomnya "

contohnya Begini :
 kita akan berguru bagaiamana caranya memilih jumlah proton Panduan : Teknik Menentukan Jumlah Proton,Elektron Dan Neutron Dari Suatu Unsur
Maka unsur X di atas mempunyai 5 buah elektron dan 5 buah proton, jumlah ini didapat dari nomor atom yang dimiliki oleh unsur X tersebut. Dan jumlah dari neutron sanggup kita cari dengan cara mengurangi nomor massa dengan nomor atom....

Maka unsur X diatas mempunyai 5 buah neutron, jumlah ini didapat dengan cara mengurangi nomor massa dengan nomor atom ( 10 -5 =  5 )...

Kedua, teman erat perlu perhatikan jenis dari unsur yang akan teman erat cari jumlah proton dan elektronya, apakah unsur tersebut yaitu unsur bebas atau unsur ion ? Jika ia yaitu unsur bebas maka jumlah proton dan elektronya sanggup kita cari dengan cara melihat nomor atomnya langsung, menyerupai pola di atas.

Dan jikalau ia yaitu unsur ion, maka jumlah elektronya ditentukan dari jenis unsur ion tersebut, apakah ia ion faktual atau ion negatif ? Jika ia yaitu ion positif, maka jumlah elektronya akan berkurang dari jumlah no atomnya, dan jikalau ia yaitu ion negatif maka jumlah elektronya akan bertambah dari nomor atomnya. sedangkan jumlah dari proton dan neutron tetap.

contohnya Begini :
 kita akan berguru bagaiamana caranya memilih jumlah proton Panduan : Teknik Menentukan Jumlah Proton,Elektron Dan Neutron Dari Suatu Unsur
Unsur diatas yaitu unsur ion bermuatan faktual , maka jumlah elektronya sanggup dipastikan akan berkurang alasannya unsur tersebut melepaskan elektron, sehingga jumlah elektron = ( no atom-no muatan) = 12-2 = 10
sedangkan jumlah protonya tetap ditentukan sesuai dengan nomor atom yang dimiliki oleh unsur tersebut maka jumlah protonya = 12, dan jumlah neutronya tetap kita cari dengan cara mengurangi nomor massa dengan nomor atom sehingga jumlah neutronya = ( 24 - 12 ) = 12.

Unsur diatas yaitu unsur ion yang bermuatan negatif, maka jumlah elektronya sanggup dipastikan akan bertambah alasannya unsur tersebut menangkap elektron, sehingga jumlah elektronya = ( no atom + no muatan ) = 16 + 2 = 18, sedangkan jumlah protonya tetap ditentukan sesuai dengan no atom yang dimiliki oleh unsur tersebut, maka jumlah protonya = 16 dan jumlah neutronya tetap kita cari dengan cara mengurangi no massa dengan no atom sehingga jumlah neutronya = ( 32 - 16 ) = 16.

Wokkeeehh... itulah 2 hal penting yang harus teman erat perhatikan sebelum memilih jumlah proton,elektron dan neutron dari suatu unsur. Sekarang kita masuk ke pola soal untuk memilih jumlah proton,elektron dan neutron yang dimiliki oleh suatu unsur. Disimak Ya Sob !!


Selanjutnya >>

Sumber http://www.panduankimia.net

Post a Comment for "Panduan : Cara Memilih Jumlah Proton,Elektron Dan Neutron Dari Suatu Unsur"