Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rpp Sd Kelas 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan          :  SEKOLAH DASAR
Kelas / semester              :  1 / 2
Tema / topik                      :  Lingkungan membersihkan dan sehat
Petemuan ke                     :  1
Semester                            :  2   (dua)
Alokasi waktu                   :  1 Hari


A.      KOMPETENSI INTI
1.       Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
2.       Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, mitra dan guru
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia

B.      KOMPETENSI DASAR
 AGAMA
1.1   Berdoa sebelum dan setelah belajar, sebagai bentuk pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah 
2.1   Memiliki sikap membersihkan badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci

 PPKn
1.2   Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1   Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri  dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3.. Mengenal tata tertib dan hukum yang  berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2.. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah

   BAHASA INDONESIA
1.1   Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan masukana berguru di tengah keberagaman bahasa tempat
2.3   Menunjukkan sikap pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan istirahat yang cukup) dan mencintai makhluk hidup
2.4   Memiliki kedisiplinan dan tanggung balasan merawat tubuh semoga sehat dan bugar melalui pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah
2.5 Memiliki sikap santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui  memanfaatkan bahasa Indonesia dan/atau bahasa tempat
2.3 Memahami isi dongeng melalui mendengarkan dongeng yang dibacakan orang lain  dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan
4.3   Menyampaikan teks terima kasih terkena sikap kasih akung secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk memmenolong penyajian

     MATEMATIKA
2.1. Menunjukkan sikap teliti dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangkit ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil hingga terbesar
2.4.. Menunjukkan sikap disiplin tepat waktu dalam melaksanakan kegiatan di sekolah dengan memperhatikan gejala ketika jam berguru dan jam istirahat
3.2.. Mengenal bangkit datar dan bangkit ruang memakai benda-benda yang ada  di sekitar   ruah, sekolah, atau tempat bermain.
4.2.. Membentuk banyak sekali bangkit ruang dengan memakai papan berpaku atau media lainnya

     PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
2.2   Menunjukkan sikap santun kepada mitra dan guru selama pembelajaran penjas.

     SENI, BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.1   Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan
2.1   Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
2.2   Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber pandangan gres dalam berkarya seni
3.2   Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis


C.      INDIKATOR
 AGAMA
1.       Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
2.       Mengulang bacaan do’a setelah belajar
3.       Menyatakan dalam sikap berdo’a sebelum belajar
4.       Menunjukkan sikap patuh kepada orang tua

 PPKn
1.       Menunjukkan sikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli/kasih akung, dan percaya diri) dalam diberinteraksi dengan guru
2.       Memdiberikan pola sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah.
3.       Memdiberikan pola sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
4.       Melaksanakan tata tertib di sekolah


BAHASA INDONESIA
1.       Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.       Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3.       Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada ketika berdoa sendiri  
4.       Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
5.       Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6.       Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan basuh tangan.
7.       Menyebutkan kebutuhan tubuh semoga tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
8.       Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
9.       Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita
10.   Menyebutkan urutan peristiwa
11.   Menyebutkan kebutuhan tubuh semoga tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
12.   Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
13.   Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14.   Berposisi duduk secara benar
15.   Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
16.   Memegang teks bacaan dengan tepat

MATEMATIKA
1.       Menata  dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
2.       Memilih jenis tas, wadah atau tempat yang dipakai untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3.       Menceritakan bentuk bangkit ruang dan bangkit datar

PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.       Mempraktikan gerak melangkah ke banyak sekali arah diberirama

mengenal makanan sehat (mmSENI BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.       Memiliki kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2.       Menjelaskan keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3.       memperhatikan lingkungan sekitar secara seksama
4.       merawat lingkungan sekitar secara sadar
5.       menunjukkan kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6.       Mengenal judul lagu dan ientengnya

D.      TUJUAN
1.       Berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli/kasih akung, dan percaya diri) dalam diberinteraksi dengan guru
2.       Berperilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
3.       Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
4.       Menyebutkan kebutuhan tubuh semoga tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
5.       Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
6.       Menata  dengan rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
9.       Mempraktikan gerak melangkah ke banyak sekali arah diberirama
10.   Menjelaskan keindahan-keindahan alam ihwal kemembersihkanan lingkungan  sebagai anugerah Tuhan


E.       MATERI
  AGAMA
1.       Bacaan do’a sebelum belajar
2.       Bacaan do’a setelah belajar
3.       Sikap berdo’a sebelum belajar
4.       Perilaku patuh kepada orang tua

  PPKn
1.       melaluiataubersamaini mengamati kegiatan sehari-hari, siswa dapat  berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli/kasih akung, dan percaya diri) dalam diberinteraksi dengan guru
2.       melaluiataubersamaini mengamati contoh sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di rumah, siswa sanggup berperilaku patuh di sekolah.
3.       misal sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di sekolah.
4.       melaluiataubersamaini mengamati kegiatan sehari-hari siswa sanggup menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah

  BAHASA INDONESIA
1.       Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.       Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3.       Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada ketika berdoa sendiri  
4.       Lafal teks doa dengan jelas
5.       Lafal &  kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6.       Waktu mandi, makan, sikat gigi dan basuh tangan.
7.       kebutuhan tubuh semoga tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
8.       lingkungan sehat dan tidak sehat
9.       Nama-nama tempat dalam cerita
10.   Urutan peristiwa
11.   Kebutuhan tubuh semoga tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
12.   Lingkungan sehat dan tidak sehat
13.   Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14.   Posisi duduk secara benar
15.   Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
16.   Teks bacaan dengan tepat


  MATEMATIKA
1.       melaluiataubersamaini mengamati cara penataan benda di sekitar, siswa sanggup menata  dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
2.       melaluiataubersamaini mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat  memilih jenis tas, wadah atau tempat yang dipakai untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3.       melaluiataubersamaini mengamati benda siswa sanggup menceritakan bentuk bangkit ruang dan bangkit datar

PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.       Praktik gerak melangkah ke banyak sekali arah diberirama

mengenal makanan sehat (mmSENI, BUDAYA, DAN DESAIN
1.       Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2.       Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3.       Lingkungan sekitar secara seksama
4.       Teknik merawat lingkungan sekitar secara sadar
5.       Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6.       Lagu  Lihat Kebunku
                                                                         

F.         PENDEKATAN & METODE
Pendekatan              : Scientific
Strategi                       : Cooperative Learning
Teknik                         : Example Non Example
Metode                      : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


G.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Penlampauan
1.       Mengajak tiruana siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.       Melakukan komunikasi  perihal kehadiran siswa
3.       Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
4.       Mengajak Semua Siswa menyanyi  SELAMAT PAGI GURU”
5.       Dilanjutkan dengan bertanya balasan ihwal syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
6.       Meminta gosip dari siswa terkena kegiatan piket yang sudah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya ihwal korelasi antara kemembersihkanan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
7.       Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu ihwal
“LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT”
10 menit
Inti
1.       Menayangkan gambar ihwal lingkungan  membersihkan dan sehat  dan lingkungan rumah yangtidak membersihkan /tidak sehat.  (eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengar)
Gambar rumah sehat mencakup beberapa aspek ciri-ciri:
·         Rumah kecil dengan ventilasi cukup
·         Ada teras rumah
·         Ada halaman cukup
·         Taman mungil yang asri
·         Tidak ada sampah yang bertebaran
·         Di pojok halaman ada peralatan untuk memmembersihkankan halaman (ember tempat air untuk menyiram tanaman, sapu lidi dll)
Gambar rumah tidak sehat mencakup beberapa aspek ciri-ciri:
·         Tidak mempunyai ventilasi yang cukup
·         Tidak mempunyai teras/berbatasan pribadi dengan jalan raya
·         Tidak memikliki taman atau tumbuhan hijau
·         Tidak terdapat alat-alat kemembersihkanan
·         Tidak terawat, kotor, dan banyak sampah bertebaran
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari  hasil eksplorasi serta kemampuan  siswa

150 menit

2.       Bertanya balasan ihwal ciri-ciri rumah  dan halaman yang sehat dan tidak sehat,  (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
·         Mendengarkan jawabanan siswa ihwal rumah yang membersihkan sehat dan yang tidak membersihkan dan tidak sehat.
·         Memdiberikan peluang kepada siswa lain untuk menjawaban.
·         Pemerataan siswa dalam menjawaban (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·         Memperhatikan siswa lain yang tidak berani mempersembahkan jawabanan.
·         Mendorong  keberanian  siswa dalam menjawaban dan sikap siswa dalam mempersembahkan penjelasan  perihal benar dan tidaknya jawabanan.


3.       Guru menugaskan siswa untuk membaca TEKS ihwal RUMAHKU (membaca, mendengar)
4.       Diawali dengan memdiberi pola cara membaca TEKS: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar), tiruana siswa menirukan cara membaca dengan benar
5.       Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca TEKS
·         (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
·         Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan pribadi dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain
6.       Bertanya balasan ihwal makna bacaan / Teks  ( menalar )
7.       Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang membersihkan dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang membersihkan tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)


8.       Guru mengelompokan siswa berdasarkan mitra satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor ialah penanda dari kelompok)
9.       Siswa berkelompok sesuai dengan nomor yang dimiliki.
10.   Guru membagi gambar kepada masing-masing kelompok
11.   Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang membersihkan). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
12.   Siswa diminta untuk menceritakan hasil identifikasi kepada mitra sebangku (mengkomunikasikan)
13.   Sesudah tercapai janji dengan mitra sebangku, diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (TPS)



Penilaian proses:
a.       Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b.      Menilai kerjasamanya, tanggung jawabannya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
c.       Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.


Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar kemembersihkanan kelas
·         Gambar kegiatan menyapu kelas
·         Gambar kegiatan memmembersihkankan debu
·         Gambar kegiatan menata buku
·         Memmembersihkankan jendela kelas
  
Kelompok gambar kemembersihkanan rumah
·         Gambar kegiatan menyapu rumah
·         Gambar kegiatan mengepel lantai
·         Gambar kegiatan menata tempat pulas
·         Gambar kegiatan  memmembersihkankan/menyapu kebun

Kelompok  gambar kemembersihkanan lingkungan/kerja bakti kampung
  • Gambar kegiatan memmembersihkankan selokan
  • Gambar kegiatan memmembersihkankan sampah di jalanan
  • Gambar kegiatan memmembuang sampah
  • Gambar kegiatan merawat tumbuhan peneduh

Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kemembersihkanan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan memmembersihkankan lingkungan ialah cerminan dari kerukunan dan saling memmenolong, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan karenanya ialah cerminan dari sikap bertanggung jawaban.



14.   Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
15.   Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
Memdiberi peluang kelompok lain untuk mendengarkan dan mempersembahkan pendapatnya


16.   Mengajak tiruana siswa berdiri dan menyanyikan lagu “banyak nyamuk dirumahku  untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah berguru beberapa jam:
·         Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
·         Memdiberi pola sikap yang benar dalam menyanyi
·         Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
·         Menggunakan format pengamatan


17.   Guru mengajak bertanya balasan ihwal makna lagu.  Bahwa salah satu imbas dari rumah yang tidak sehat, yaitu banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, menhadirkan penyakit. Dsb


18.   Menugaskan siswa untuk menceritakan (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)

       Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)

19.   Guru dan siswa tolong-menolong siswa membuat kesimpulan ihwal rumah yang membersihkan dan sehat

20.   Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang


Dilanjutkan dengan menasehati siswa semoga membiasakan hidup sehat

Penutup
1.       Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari
15 menit
2.       Bertanya balasan ihwal materi yang sudah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.       Melakukan evaluasi hasil belajar

4.       Mengajak tiruana siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)


  • Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
  • Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, pribadi didiberi nasehat semoga besok kalau berdoa lebih disempurnakan






H.                 SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak
·         Lingkungan keluarga
·         Lingkungan sekolah
·         Buku Tematik Kelas I
·         Buku Pengembangan Diri Anak
·         Video/slide/gambar ihwal metode cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
·         Gambar/contoh pribadi karya cetak  dengan banyak sekali materi alam dan bentuk
·         Gambar/contoh pribadi hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan banyak sekali bentuk pola dan alur sederhana
·         Buku kirigami (seni mengunting)
·         Buku Pengembangan Diri Anak

I.          PENILAIAN

  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran semenjak dari kegiatan awal hingga dengan kegiatan akhir

b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen evaluasi hasil berguru dengan tes tulis dan mulut (terlampir)

  1. Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk

b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda
·       Isian singkat
·       Esai atau uraian


Mengetahui                                                                                                       Guru Kelas 1
Kepala Sekolah,                                                                                              




....................................................                                                           ...............................................                                                
NIP .............................................                                                            NIP  ........................................


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Rpp Sd Kelas 1"