Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus Elastisitas Undangan Dan Elastisitas Penawaran

Elastisitas Permintaan dan Elastisitas Penawaran

Dalam acara ekonomi yang dilakukan oleh suatu masyarakat atau negara mengatakan bahwa acara seruan dan penawaran sangat dipengaruhi oleh tinggi rendahnya harga barang yang berlaku. melaluiataubersamaini demikian perubahan harga akan memengaruhi besarnya jumlah barang yang diminta (permintaan) dan jumlah barang yang ditawarkan (penawaran). Seberapa besar efek perubahan harga terhadap jumlah barang sanggup dihitung dengan memakai rumus elastisitas.

Wawasan Ekonomi
Harga yaitu nilai barang yang ditentukan dengan uang atau alat tukar lain yang senilai, yang harus dibayarkan untuk barang dan jasa pada waktu tertentu di pasar tertentu.

1. Definisi Elastisitas

Elastisitas (pemuluran) yaitu efek perubahan harga terhadap jumlah barang yang diminta atau yang ditawarkan. melaluiataubersamaini kata lain elastisitas yaitu tingkat kepekaan (perubahan) suatu tanda-tanda ekonomi terhadap perubahan tanda-tanda ekonomi yang lain.

Elastisitas terbagi dalam tiga macam, yaitu sebagai diberikut.

a. Elastisitas harga (price elasticity) yaitu persentase perubahan jumlah barang yang diminta atau yang ditawarkan, yang disebabkan oleh persentase perubahan harga barang tersebut.

b. Elastisitas silang (cross elasticity) yaitu persentase perubahan jumlah barang x yang diminta, yang disebabkan oleh persentase perubahan harga barang lain (y).

c. Elastisitas pendapatan (income elasticity) yaitu persentase perubahan seruan akan suatu barang yang diakibatkan oleh persentase perubahan pendapatan (income) riil konsumen.

2. Elastisitas Permintaan

Elastisitas permintaan (elasticity of demand) yaitu efek perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang diminta atau tingkat kepekaan perubahan jumlah barang yang diminta terhadap perubahan harga barang. Sedangkan besar kecilnya perubahan tersebut ditetapkan dalam koefisien elastisitas atau angka elastisitas yang disingkat E, yang ditetapkan dengan rumus diberikut ini.







Keterangan:
ΔQ : perubahan jumlah permintaan
ΔP : perubahan harga barang
P : harga mula-mula
Q : jumlah seruan mula-mula
Ed : elastisitas permintaan

misal:
Pada ketika harga Rp400,00 jumlah barang yang diminta 30 unit, kemudian harga turun menjadi Rp360,00 jumlah barang yang diminta 60 unit. Hitunglah besar koefisien elastisitasnya!

Jawab:









a. Macam-Macam Elastisitas Permintaan
Elastisitas seruan terdiri atas lima macam.







Keterangan:
% ΔQd = Persentase perubahan jumlah barang yang diminta
% ΔPd = Persentase perubahan harga barang




b. Kurva Elastisitas Permintaan


















Kurva Elastisitas Permintaan
c. Menghitung Elastisitas Permintaan secara Matematis

Dari rumus elastistas:





menunjukkan, bahwa:





yaitu turunan pertama dari Q atau Q1.

misal 1:
Fungsi seruan suatu barang ditunjukkan oleh persamaan Q = 50 – -P. Tentukan besar elastisitas seruan pada tingkat harga P = 80!

Jawab:
Jika P = 80, maka Q = 50 – 1/2 (80)
Q = 50 – 40
Q = 10








misal 2:
Fungsi penawaran suatu barang ditunjukkan oleh persamaan Q = 50 + 2P. Tentukan besar elastisitas penawaran pada tingkat harga P = 50!

Jawab:
melaluiataubersamaini cara biasa
Jika P = 50, maka Q = 50 + 2(50)
Q = 50 + 100
Q = 150











Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Rumus Elastisitas Undangan Dan Elastisitas Penawaran"