Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Cara Pembuatan Magnet?

Pada dasarnya, sebuah materi magnet tersusun dari sejumlah besar magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer. Pada materi magnet, magnet-magnet elementer membentuk pola susunan yang tidak teratur. Bahan magnet sanggup dibentuk magnet dengan cara membuat susunan magnet elementer ini membentuk pola yang beraturan

Berdasarkan cepat lambatnya materi magnet ini menjadi magnet, maka materi ini sanggup digolongkan menjadi:
a) Bahan magnet lunak, yaitu materi magnet yang magnet elementernya simpel diatur sehingga materi itu simpel dan relatif cepat dijadikan magnet.
b) Bahan magnet keras, yaitu materi magnet yang magnet elementernya sukar diatur sehingga relatif susah dan akan membutuhkan waktu yang usang untuk menjadi magnet.

Berdasarkan kekuatan mempertahankan sifat magnetnya, suatu magnet sanggup dikelompokkan menjadi:
a) Magnet sementara, yaitu magnet yang susunan magnet elementernya simpel kembali tidak teratur sehabis materi magnetnya dijadikan magnet.

b) Magnet permguan, yaitu magnet yang susunan magnet elementernya sukar untuk tidak teratur lagi sehingga mempunyai daya tahan yang relatif usang untuk menjadi magnet.

Berdasarkan pengertian di atas, sanggup disimpulkan bahwa materi yang termasuk magnet lunak juga adalah magnet sementara, misalnya besi. Sementara itu, materi yang adalah magnet keras juga magnet permguan, misalnya baja.

Teknik-Teknik Membuat Besi Menjadi Magnet
Menggosok
Berdasarkan pengertian di atas, sanggup disimpulkan bahwa materi yang termasuk magnet lunak juga adalah magnet sementara, misalnya besi. Sementara itu, materi yang adalah magnet keras juga magnet permguan, misalnya baja.

Induksi
Teknik ini sanggup dilakukan dengan mendekatkan materi magnet pada suatu magnet besar lengan berkuasa (tanpa
menyentuhkannya). Ujung materi magnet yang didekatkan ke ujung magnet utama akan menjadi kutub yang berlawanan dengan kutub magnet utama yang terdekat

Arus listrik
Untuk membuat magnet dengan cara ini, materi magnet harus dialiri arus. Arus listrik ini dialirkan searah melalui kawat yang dililitkan pada materi magnet. Magnet yang dibentuk dengan cara ini dinamakan magnet listrik atau elektromagnet. Untuk memilih kutub-kutub magnetnya, dipakai kaidah tangan kanan.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Cara Pembuatan Magnet?"