Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Upaya-Upaya Mewujudkan Keterbukaan Dan Keadilan Di Indonesia?

Upaya Mewujudkan Keterbukaan dan Keadilan di Indonesia'

Pada karenanya diharapkan upaya yang nyata dan tepat untuk menghindari ketidaktransparanan dan ketidakadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Upaya-upaya tersebut antara lain sebagai diberikut

1. Formal pemerintah/kekuasaan

a. Pemerintah dan pejabat publik perlu pengawasan menempel (waskat) dari abdnegara berwenang, DPR, dan masyarakat luas sehingga yang terbukti bersalah didiberikan hukuman yang tegas tanpa diskriminasi.

b. Mengefektifkan kiprah dan fungsi abdnegara penegak hukum, menyerupai kepolisian, kejaksaan, para hakim, serta komisi pemberantas korupsi.

c. Pembekalan secara intensif dan sistematis terhadap aparatur pemerintah dan pejabat publik dalam hal nilai-nilai agama dan sosial budaya.

d. Menegakkan supremasi aturan dan perundang-undangan secara konsisten dan bertanggungjawaban serta menjamin dan menghormati hak asasi manusia.

e. Mengatur peralihan kekuasaan secara tertib, damai, dan demokrastis sesuai dengan aturan dan perundang-undangan.

f. Menata kehidupan politik supaya distribusi kekuasaan dalam banyak sekali tingkat struktur politik dan korelasi kekuasaan sanggup berlangsung dengan seimbang.

g. Meningkatkan integritas, profesionalisme, dan tanggung balasan dalam penyenggaraan negara, serta memberdayakan masyarakat untuk melaksanakan kontrol sosial secara konstruktif dan efektif.

2. Organisasi nonpemerintah dan media massa

a. Keterlibatan forum swadaya masyarakat (LSM) atau NGO (Non- Government Organization) dalam mengawasi setiap kebijakan publik yang dibentuk pelaksana pemerintahan, menyerupai ICW, MTI, GOWA, dan sebagainya.

b. Adanya kontrol sosial untuk perbaikan komunikasi yang diberimbang antara
pemerintah dan rakyat melalui banyak sekali media massa elektronik maupun cetak.

3. Pendidikan dan masyarakat

a. Memperkenalkan semenjak dini melalui pembelajaran di sekolah wacana pentingnya pemerintah yang transparan dan adil melalui mata pelajaran Pendidikan Kewargguagaraan.

b. Menjadikan Pancasila sebagai dasar negara yang bisa membuka wacana dan obrolan interaktif di dalam masyarakat sehingga sanggup menjawaban tantangan yang dihadapi sesuai dengan visi Indonesia di masa depan.

c. Meningkatkan belum sempurnanya sosial antara pemeluk agama, suku, dan kelompokkelompok masyarakat lainnya melalui obrolan dan kolaborasi dengan prinsip kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati.

d. Memberdayakan masyarakat melalui perbaikan sistem politik yang demokratis sehingga sanggup melahirkan pemimpin yang berkarakter, bertanggung jawaban, menjadi panutan masyarakat, dan bisa mempersatukan bangsa dan negara.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Upaya-Upaya Mewujudkan Keterbukaan Dan Keadilan Di Indonesia?"