Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rpp Sd Kelas Iv



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan          :  SEKOLAH DASAR
Kelas / semester              :  IV/1
Tema                                     :  1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                            :  1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Petemuan ke                     :  2
Alokasi waktu                   :  1x pertemuan (30 menit)

A.      KOMPETENSI INTI
1.       Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya
2.       Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, mitra dan guru
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia

B.      KOMPETENSI DASAR

Bahasa indonesia
3.1   Mengenali infoormasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak, energi    
gerah,bunyi,dan cahaya,dengan menolongan guru dan mitra dalam bahasa indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baru
 MATEMATIKA
3.6  Mengenal sudut siku siku melalui pengamatan dan membandingkanya dengan sudut yang tidak sama
SBdP
3.4  mengenal tari  daerah dan keunikan gerakanya

C.      INDIKATOR
Bahasa indonesia
Menjelaskan perbedaan antara dua rumah adab yang di sajikan
Matematika
Membedakan jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku
SBdP
Menjelaskan(asal,keunikan gerakan,)salah satu tarian adab (tari kipas)

D.      TUJUAN
1.       Sesudah membaca teks dan mengamati gambar,siswa bisa menerangkan perbedaan  antara dua rumah adab dengan benar
2.       Sesudah bereksplorasi ,siswa bisa membedakan jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku dengan benar
3.       Sesudah membaca teks dan berdikusi,siswa bisa menerangkan(asal,keunikan gerakan)salah satu tarian adat(tari kipas) dengan benar 
E.       MATERI
Bahasa indonesia
Bacaan rumah adab panjang dan rumah adab lontik
Matematika
Membedakan sudut lancip,siku siku,tumpul.
SBdp
Tari kipas pakarena
F.         PENDEKATAN & METODE
Pendekatan       : Scientific
Strategi                                : Cooperative Learning
Metode                               : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Penlampauan
·   Guru memdiberi salam dan mengajak berdoa ( relegius )
·   Guru mengecek  kehadiran penerima didik
·   Tanya tanggapan dengan penerima didik, tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan jenis – jenis rumah adat
·   Menginformasikan tema dan tujuan yang akan di belajarkan yaitu tentang keberagaman budaya bangsaku

    5 menit
Inti
·   (Observing)siswa mengamati gambar rumah adab gadang dan lontik
·   (Questoning)Bertanya tanggapan tentang perbedaan rumah adab panjang dan lontik.
·   (Observing)siswa mengamati gambar rumah adab gadang dan lontik.
·   Guru Memdiberikan peluang siswa untuk menemu tunjukan sudut sudut yang ada pada gambar
·   Penilaian proses
·   Memperhatikan cara siswa menandakan sudut yang ada pada rumah adab panjang dan rumah adab lontik
·   Jika ada siswa yang salah dalam menandakan sudut pada gambar rumah adab panjang dan rumah adab lontik guru mempersembahkan petunjuk/penguatan terhadap siswa
·   (Experimeting)guru mengelompokan siswa menjadi 2 kelompok yang anggotanya 5 anak
·   Guru meminta siswa untuk mengamati gambar sebuah tari kipas pakarena
·   Guru meminta siswa untuk bisa menirukan gerakan tari kipas pakarena sesuai yang ada pada gambar sebisanya dengan kipas bukunya masing- masing
·   Guru meminta siswa untuk membaca  bacaan teks tari kipas pakarena


    20 menit    
Penutup
·      Bersama siswa menyimpulkan bahan yang disampaikan,perihal rumah adab sudut,dan tari pakarena.
·      Guru melaksanakan penilaian hasil belajar
·      Guru memberikan pesan moral untuk senantiasa menyayangi budaya orisinil indonesia.
·      Salam dan doa penutup

         5 menit




H.                 SUMBER DAN  MEDIA
SUMBER :
·         Buku Tematik Kelas IV.
·         Buku rujukan .
·         Gambar rumahadat dan gambar tari kipas pakarena

I.          PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam acara pembelajaran semenjak dari acara awal hingga dengan acara akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil mencar ilmu dengan tes tulis dan verbal (terlampir)

  1. Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses
1)    Penilaian Kinerja
b.      Penilaian Hasil Belajar
1)      Mengerjakan evaluasi


Mengetahui                                                                                                       yogyakarta,25 september 2013
Instruktur                                                                                                           Peserta


                                                                                                                                             
Rasuti
                                                                                                                                                     13032602710518         










LEMBAR KERJA 1.
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kalian anggap sebagai
sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang engkau temukan tidak sama cara membunyikannya
(ditiup, digesek, dipetik, dipukul, dan ditekan).
Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
No
Nama Benda
Teknik menghasilkan bunyi
1.
Seruling
Ditiup
2.
........................
................................
3.
........................
................................
4.
........................
...............................
5.
........................
...............................


LEMBAR KERJA 2.
Tuliskan pengalamanmu menjaga korelasi yang baik dengan mitra di sekolah sebagai
bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila!

No
Sila ke
Pengalamanmu
1.
................
................................................................................................
2.
................
................................................................................................
3.
................
................................................................................................
4.
................
................................................................................................
5.
................
................................................................................................


LEMBAR KERJA 3.
Apa yang akan engkau lakukan supaya tercipta keharmonisan dalam kehidupanmu?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



PENILAIAN NON TES:

Penilaian Kinerja
1.  Kinerja dalam menyelesaikan tugas kelompok.
           Daftar periksa eksplorasi benda yang menghasilkan bunyi

KRITERIA
KETERANGAN
SUDAH
BELUM
Aku sudah sanggup sebut 5 benda yang menghasilkan bunyi.


Aku sudah sanggup sebut cara menghasilkan bunyi dari 5 benda yang diminta.


Aku sanggup menuliskan kesimpulan dari hasil percobaan.



              2. Daftar periksa kisah pengamalan nilai-nilai Pancasila.

KRITERIA
KETERANGAN
SUDAH
BELUM
Isi kisah sesuai dengan tema.


Isi kisah dihubungkan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila.



Kr 3. Rubrik Diskusi :

KRITERIA
BAGUS SEKALI ( 3 )
CUKUP ( 2 )
BERLATIH LAGI ( 1 )
Mendengarkan
Selalu mendengarkan
kawan yang sedang
berbicara.
Mendengarkan kawan
yang berbicara namun
sesekali masih perlu
diingatkan
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
kawan yang sedang
berbicara.

Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)

Merespons dan
menerapkan komunikasi
nonverbal dengan tepat.
Merespons dengan tepat
terhadap komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan kawan.
Membutuhkan
menolongan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan
kawan.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi kawan.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat
diskusi.

Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, Merespons sesuai
dengan topik.
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.
Keruntutan
berbicara
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga
akhir.
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten.

Masih perlu latihan
untuk berbicara
secara runtut.









Sistematika Bahan ajar                                                                             Nama:Rasuti
Kelas/semerter:IV/1                                                                                   No bolos 15
Tema                 :Indahnya kebersamaan


J.        KOMPETENSI DASAR

Bahasa indonesia
3.1   Mengenali infoormasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak, energi   
gerah,bunyi,dan cahaya,dengan menolongan guru dan mitra dalam bahasa indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baru
 MATEMATIKA
3.6  Mengenal sudut siku siku melalui pengamatan dan membandingkanya dengan sudut yang tidak sama
SBdP
3.4  mengenal tari  daerah dan keunikan gerakanya

K.      INDIKATOR
Bahasa indonesia
Menjelaskan perbedaan antara dua rumah adab yang di sajikan
Matematika
Membedakan jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku
SBdP
Menjelaskan(asal,keunikan gerakan,)salah satu tarian adab (tari kipas)

L.       TUJUAN
4.       Sesudah membaca teks dan mengamati gambar,siswa bisa menerangkan perbedaan  antara dua rumah adab dengan benar
5.       Sesudah bereksplorasi ,siswa bisa membedakan jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku dengan benar
6.       Sesudah membaca teks dan berdikusi,siswa bisa menerangkan(asal,keunikan gerakan)salah satu tarian adat(tari kipas) dengan benar 
M.    MATERI POKOK
Bahasa indonesia
Bacaan rumah adab panjang dan rumah adab lontik
Matematika
Membedakan sudut lancip,siku siku,tumpul.
SBdp
Tari kipas pakarena

URAIAN DAN MATERI

BAHASA INDONESIA
Rumah Panjang ialah rumah tradisional suku
Dayak Kalimantan. Rumah ini mempunyai bentuk
memanjang dengan panjang kurang lebih 50 meter.
Keunikan rumah ini terlihat dari bentuk bangunannya
yang panjang. Banyak kepala keluarga yang tinggal di
dalamnya. Namun akung sekali, rumah unik menyerupai ini
sudah jarang ditemukan. Hanya beberapa bangunan
saja yang bertahan dan masih berpenghuni.
Rumah Lontik ialah rumah adab Riau, disebut
juga rumah lancang. Bentuk atapnya melengkung ke
atas, agak runcing, menyerupai tanduk kerbau. Dindingnya
miring menyerupai bahtera atau lancang. Hal itu
melambangkan penghormatan kepada Tuhan dan
sesama.
Rumah adab Lontik dipengaruhi oleh kebudayaan
Minangkabau. Rumah ini banyak terdapat di daerah
perbatasan Sumatra Barat. Jumlah anak tangga ru

MATEMATIKA

1. Sudut Lancip
Suatu sudut disebut sudut lancip jikalau ukuran sudutnya antara 0 dan 90 derajat
(0 < sudut lancip < 90
2. Sudut Siku-Siku
Suatu sudut disebut sudut siku-siku jikalau ukurannya ialah 90 derajat.
3. Sudut Tumpul
Suatu sudut disebut sudut tumpul jikalau ukuran sudutnya antara 90 dan 180 derajat
(90 < sudut tumpul < 180 ).
SBdP
Tari kipas pakarena ialah kesenian
tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi
Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi
di kalangan masyarakat Gowa yang
ialah bekas Kerajaan Gowa.
Kisahnya berawal dari perpisahan antara
penghuni Boting Langi (negeri khayangan)
dan penghuni Lino (bumi) pada zaman
lampau. Konon, sebelum berpisah, penghuni
Boting Langi sempat mengajarkan kepada
penghuni Lino cara menjalani hidup

RANGKUMAN MATERI
Dari gambar rumah adab siswa sanggup menemukan beberapa sudut,di antaranya sudut lancipyaitu suatu sudut di sebut lancip jikalau ukuranya antara 0 dan 90 derajat,sudut tumpul ialah sudut jikalau ukuranya antara 90 dan 180,sudut siku siku jikalau ukuranya ialah 90 derajat

SUMBER BAHAN
-Buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV tema indahnya kebersamaan Terbitan kementrian pendidikan dan kebudayaan.

.
BAHASA INDONESIA

LEMBAR KERJA 1.
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kalian anggap sebagai
sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang engkau temukan tidak sama cara membunyikannya
(ditiup, digesek, dipetik, dipukul, dan ditekan).
Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
No
Nama Benda
Teknik menghasilkan bunyi
1.
Seruling
Ditiup
2.
........................
................................
3.
........................
................................
4.
........................
...............................
5.
........................
...............................


LEMBAR KERJA 2.
Tuliskan pengalamanmu menjaga korelasi yang baik dengan mitra di sekolah sebagai
bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila!

No
Sila ke
Pengalamanmu
1.
................
................................................................................................
2.
................
................................................................................................
3.
................
................................................................................................
4.
................
................................................................................................
5.
................
................................................................................................


LEMBAR KERJA 3.
Apa yang akan engkau lakukan supaya tercipta keharmonisan dalam kehidupanmu?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



PENILAIAN NON TES:

Penilaian Kinerja
1.  Kinerja dalam menyelesaikan tugas kelompok.
           Daftar periksa eksplorasi benda yang menghasilkan bunyi

KRITERIA
KETERANGAN
SUDAH
BELUM
Aku sudah sanggup sebut 5 benda yang menghasilkan bunyi.















                                                                          DESKRIPSI MEDIA


KOMPETENSI DASAR

Bahasa indonesia
3.1   Mengenali infoormasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak, energi   
gerah,bunyi,dan cahaya,dengan menolongan guru dan mitra dalam bahasa indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baru
 MATEMATIKA
3.6  Mengenal sudut siku siku melalui pengamatan dan membandingkanya dengan sudut yang tidak sama
SBdP
3.4  mengenal tari  daerah dan keunikan gerakanya



Tema                                             :Idahnya kebersamaan
Jenis/nama media                   :Gambar rumah adab dan gambar tari pakarena
Bahan yang di gunakan          :Kertas bufalo
                                                          Kertas manila
                                                           Gunting
                                                          Lem
Teknik penerapan                     :Gambar di pasang di papan tulis,siswa mengamati gambar kemudian
                                                          Siswa menandakan sudut yg ada pada gambar







Penilai                                                                                                                           peserta plpg



                                                                                                                                                        


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Rpp Sd Kelas Iv"