Rpp Sd Kelas Iv
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas / semester : IV/1
Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Petemuan ke : 2
Alokasi waktu : 1x pertemuan (30 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, mitra dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR
Bahasa indonesia
3.1 Mengenali infoormasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak, energi
gerah,bunyi,dan cahaya,dengan menolongan guru dan mitra dalam bahasa indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baru
MATEMATIKA
3.6 Mengenal sudut siku siku melalui pengamatan dan membandingkanya dengan sudut yang tidak sama
SBdP
3.4 mengenal tari daerah dan keunikan gerakanya
C. INDIKATOR
Bahasa indonesia
Menjelaskan perbedaan antara dua rumah adab yang di sajikan
Matematika
Membedakan jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku
SBdP
Menjelaskan(asal,keunikan gerakan,)salah satu tarian adab (tari kipas)
D. TUJUAN
1. Sesudah membaca teks dan mengamati gambar,siswa bisa menerangkan perbedaan antara dua rumah adab dengan benar
2. Sesudah bereksplorasi ,siswa bisa membedakan jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku dengan benar
3. Sesudah membaca teks dan berdikusi,siswa bisa menerangkan(asal,keunikan gerakan)salah satu tarian adat(tari kipas) dengan benar
E. MATERI
Bahasa indonesia
Bacaan rumah adab panjang dan rumah adab lontik
Matematika
Membedakan sudut lancip,siku siku,tumpul.
SBdp
Tari kipas pakarena
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Penlampauan | · Guru memdiberi salam dan mengajak berdoa ( relegius ) · Guru mengecek kehadiran penerima didik · Tanya tanggapan dengan penerima didik, tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan jenis – jenis rumah adat · Menginformasikan tema dan tujuan yang akan di belajarkan yaitu tentang keberagaman budaya bangsaku | 5 menit |
Inti | · (Observing)siswa mengamati gambar rumah adab gadang dan lontik · (Questoning)Bertanya tanggapan tentang perbedaan rumah adab panjang dan lontik. · (Observing)siswa mengamati gambar rumah adab gadang dan lontik. · Guru Memdiberikan peluang siswa untuk menemu tunjukan sudut sudut yang ada pada gambar · Penilaian proses · Memperhatikan cara siswa menandakan sudut yang ada pada rumah adab panjang dan rumah adab lontik · Jika ada siswa yang salah dalam menandakan sudut pada gambar rumah adab panjang dan rumah adab lontik guru mempersembahkan petunjuk/penguatan terhadap siswa · (Experimeting)guru mengelompokan siswa menjadi 2 kelompok yang anggotanya 5 anak · Guru meminta siswa untuk mengamati gambar sebuah tari kipas pakarena · Guru meminta siswa untuk bisa menirukan gerakan tari kipas pakarena sesuai yang ada pada gambar sebisanya dengan kipas bukunya masing- masing · Guru meminta siswa untuk membaca bacaan teks tari kipas pakarena | 20 menit |
Penutup | · Bersama siswa menyimpulkan bahan yang disampaikan,perihal rumah adab sudut,dan tari pakarena. · Guru melaksanakan penilaian hasil belajar · Guru memberikan pesan moral untuk senantiasa menyayangi budaya orisinil indonesia. · Salam dan doa penutup | 5 menit |
H. SUMBER DAN MEDIA
SUMBER :
· Buku Tematik Kelas IV.
· Buku rujukan .
· Gambar rumahadat dan gambar tari kipas pakarena
I. PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam acara pembelajaran semenjak dari acara awal hingga dengan acara akhir
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil mencar ilmu dengan tes tulis dan verbal (terlampir)
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja
b. Penilaian Hasil Belajar
1) Mengerjakan evaluasi
Mengetahui yogyakarta,25 september 2013
Instruktur Peserta
Rasuti
13032602710518
LEMBAR KERJA 1.
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kalian anggap sebagai
sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang engkau temukan tidak sama cara membunyikannya
(ditiup, digesek, dipetik, dipukul, dan ditekan).
Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
No | Nama Benda | Teknik menghasilkan bunyi |
1. | Seruling | Ditiup |
2. | ........................ | ................................ |
3. | ........................ | ................................ |
4. | ........................ | ............................... |
5. | ........................ | ............................... |
LEMBAR KERJA 2.
Tuliskan pengalamanmu menjaga korelasi yang baik dengan mitra di sekolah sebagai
bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila!
No | Sila ke | Pengalamanmu |
1. | ................ | ................................................................................................ |
2. | ................ | ................................................................................................ |
3. | ................ | ................................................................................................ |
4. | ................ | ................................................................................................ |
5. | ................ | ................................................................................................ |
LEMBAR KERJA 3.
Apa yang akan engkau lakukan supaya tercipta keharmonisan dalam kehidupanmu?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
PENILAIAN NON TES:
Penilaian Kinerja
1. Kinerja dalam menyelesaikan tugas kelompok.
Daftar periksa eksplorasi benda yang menghasilkan bunyi
KRITERIA | KETERANGAN | |
SUDAH | BELUM | |
Aku sudah sanggup sebut 5 benda yang menghasilkan bunyi. | ||
Aku sudah sanggup sebut cara menghasilkan bunyi dari 5 benda yang diminta. | ||
Aku sanggup menuliskan kesimpulan dari hasil percobaan. |
2. Daftar periksa kisah pengamalan nilai-nilai Pancasila.
KRITERIA | KETERANGAN | |
SUDAH | BELUM | |
Isi kisah sesuai dengan tema. | ||
Isi kisah dihubungkan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila. |
Kr 3. Rubrik Diskusi :
KRITERIA | BAGUS SEKALI ( 3 ) | CUKUP ( 2 ) | BERLATIH LAGI ( 1 ) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan kawan yang sedang berbicara. | Mendengarkan kawan yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan | Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan kawan yang sedang berbicara. |
Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) | Merespons dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat. | Merespons dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan kawan. | Membutuhkan menolongan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan kawan. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspirasi kawan. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, Merespons sesuai dengan topik. | Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung. |
Keruntutan berbicara | Menyampaikan pendapatnya secara runtut dari awal hingga akhir. | Menyampaikan pendapatnya secara runtut, tetapi belum konsisten. | Masih perlu latihan untuk berbicara secara runtut. |
Sistematika Bahan ajar Nama:Rasuti
Kelas/semerter:IV/1 No bolos 15
Tema :Indahnya kebersamaan
J. KOMPETENSI DASAR
Bahasa indonesia
3.1 Mengenali infoormasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak, energi
gerah,bunyi,dan cahaya,dengan menolongan guru dan mitra dalam bahasa indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baru
MATEMATIKA
3.6 Mengenal sudut siku siku melalui pengamatan dan membandingkanya dengan sudut yang tidak sama
SBdP
3.4 mengenal tari daerah dan keunikan gerakanya
K. INDIKATOR
Bahasa indonesia
Menjelaskan perbedaan antara dua rumah adab yang di sajikan
Matematika
Membedakan jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku
SBdP
Menjelaskan(asal,keunikan gerakan,)salah satu tarian adab (tari kipas)
L. TUJUAN
4. Sesudah membaca teks dan mengamati gambar,siswa bisa menerangkan perbedaan antara dua rumah adab dengan benar
5. Sesudah bereksplorasi ,siswa bisa membedakan jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku dengan benar
6. Sesudah membaca teks dan berdikusi,siswa bisa menerangkan(asal,keunikan gerakan)salah satu tarian adat(tari kipas) dengan benar
M. MATERI POKOK
Bahasa indonesia
Bacaan rumah adab panjang dan rumah adab lontik
Matematika
Membedakan sudut lancip,siku siku,tumpul.
SBdp
Tari kipas pakarena
URAIAN DAN MATERI
BAHASA INDONESIA
Rumah Panjang ialah rumah tradisional suku
Dayak Kalimantan. Rumah ini mempunyai bentuk
memanjang dengan panjang kurang lebih 50 meter.
Keunikan rumah ini terlihat dari bentuk bangunannya
yang panjang. Banyak kepala keluarga yang tinggal di
dalamnya. Namun akung sekali, rumah unik menyerupai ini
sudah jarang ditemukan. Hanya beberapa bangunan
saja yang bertahan dan masih berpenghuni.
Rumah Lontik ialah rumah adab Riau, disebut
juga rumah lancang. Bentuk atapnya melengkung ke
atas, agak runcing, menyerupai tanduk kerbau. Dindingnya
miring menyerupai bahtera atau lancang. Hal itu
melambangkan penghormatan kepada Tuhan dan
sesama.
Rumah adab Lontik dipengaruhi oleh kebudayaan
Minangkabau. Rumah ini banyak terdapat di daerah
perbatasan Sumatra Barat. Jumlah anak tangga ru
MATEMATIKA
1. Sudut Lancip
Suatu sudut disebut sudut lancip jikalau ukuran sudutnya antara 0 dan 90 derajat
(0 < sudut lancip < 90
2. Sudut Siku-Siku
Suatu sudut disebut sudut siku-siku jikalau ukurannya ialah 90 derajat.
3. Sudut Tumpul
Suatu sudut disebut sudut tumpul jikalau ukuran sudutnya antara 90 dan 180 derajat
(90 < sudut tumpul < 180 ).
SBdP
Tari kipas pakarena ialah kesenian
tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi
Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi
di kalangan masyarakat Gowa yang
ialah bekas Kerajaan Gowa.
Kisahnya berawal dari perpisahan antara
penghuni Boting Langi (negeri khayangan)
dan penghuni Lino (bumi) pada zaman
lampau. Konon, sebelum berpisah, penghuni
Boting Langi sempat mengajarkan kepada
penghuni Lino cara menjalani hidup
RANGKUMAN MATERI
Dari gambar rumah adab siswa sanggup menemukan beberapa sudut,di antaranya sudut lancipyaitu suatu sudut di sebut lancip jikalau ukuranya antara 0 dan 90 derajat,sudut tumpul ialah sudut jikalau ukuranya antara 90 dan 180,sudut siku siku jikalau ukuranya ialah 90 derajat
SUMBER BAHAN
-Buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV tema indahnya kebersamaan Terbitan kementrian pendidikan dan kebudayaan.
.
BAHASA INDONESIA
LEMBAR KERJA 1.
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kalian anggap sebagai
sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang engkau temukan tidak sama cara membunyikannya
(ditiup, digesek, dipetik, dipukul, dan ditekan).
Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
No | Nama Benda | Teknik menghasilkan bunyi |
1. | Seruling | Ditiup |
2. | ........................ | ................................ |
3. | ........................ | ................................ |
4. | ........................ | ............................... |
5. | ........................ | ............................... |
LEMBAR KERJA 2.
Tuliskan pengalamanmu menjaga korelasi yang baik dengan mitra di sekolah sebagai
bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila!
No | Sila ke | Pengalamanmu |
1. | ................ | ................................................................................................ |
2. | ................ | ................................................................................................ |
3. | ................ | ................................................................................................ |
4. | ................ | ................................................................................................ |
5. | ................ | ................................................................................................ |
LEMBAR KERJA 3.
Apa yang akan engkau lakukan supaya tercipta keharmonisan dalam kehidupanmu?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
PENILAIAN NON TES:
Penilaian Kinerja
1. Kinerja dalam menyelesaikan tugas kelompok.
Daftar periksa eksplorasi benda yang menghasilkan bunyi
KRITERIA | KETERANGAN | |
SUDAH | BELUM | |
Aku sudah sanggup sebut 5 benda yang menghasilkan bunyi. |
DESKRIPSI MEDIA
KOMPETENSI DASAR
Bahasa indonesia
3.1 Mengenali infoormasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak, energi
gerah,bunyi,dan cahaya,dengan menolongan guru dan mitra dalam bahasa indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baru
MATEMATIKA
3.6 Mengenal sudut siku siku melalui pengamatan dan membandingkanya dengan sudut yang tidak sama
SBdP
3.4 mengenal tari daerah dan keunikan gerakanya
Tema :Idahnya kebersamaan
Jenis/nama media :Gambar rumah adab dan gambar tari pakarena
Bahan yang di gunakan :Kertas bufalo
Kertas manila
Gunting
Lem
Teknik penerapan :Gambar di pasang di papan tulis,siswa mengamati gambar kemudian
Siswa menandakan sudut yg ada pada gambar
Penilai peserta plpg
Post a Comment for "Rpp Sd Kelas Iv"