Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Wilayah Iklim Menurut Kedudukan Bumi Terhadap Matahari?

Sebutkan wilayah iklim Berdasarkan kedudukan bumi terhadap matahari?

1. Wilayah Iklim Tropik
Wilayah iklim tropik terletak di antara garis lintang 23o30’LU – 23o30’LS, suhu udara rata-rata tinggi sepanjang tahun, yaitu berkisar 20oC – 28oC. Daerah trend tropik sebagai tempat gerakan-gerakan pemikiran udara konveksi atau gerakan udara secara vertikal. Wilayah iklim tropik mencakup Indonesia, Malaysia, Amazon, Kongo, Kamerun, dan Guenia hulu. Wilayah iklim tropik di tempat sabana terletak pada garis lintang 5o – 15oLU/LS, perbedaan trend hujan dan trend kemaraunya akan tampak jelas. Iklim sabana ditandai dengan jarang hujan sehingga jenis vegetasinya berbentuk semak belukar dan padang rumput. Wilayah Indonesia yang mempunyai iklim sabana yaitu Aceh Timur, Aceh Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

2. Wilayah Iklim Subtropik Utara dan Selatan
Wilayah diberiklim subtropik utara dan selatan terletak di garis lintang 23o30’LU – 40oLU dan 23o30’LS – 40oLS. Temperatur udara di wilayah trend subtropik tidak terlalu gerah dan tidak terlalu dingin. Wilayah ini sebagai tempat turunnya angin antipasat yangkering dan gerah. Selain itu, wilayah ini mempunyai tekanan udara maksimum.Wilayah subtropik mengenal empat macam musim, yaitu trend gerah (summer), semi (spring), masbodoh (winter), dan gugur (autumn).

3. Wilayah Iklim Sedang Utara dan Selatan
Wilayah iklim ini terletak di antara 40oLU – 66o30’LU dan 40oLS – 66o30’LS. Wilayah iklim ini dipengaruhi oleh iklim maritim serta dipengaruhi oleh sifat keringnya udara yang bertiup di atas garis atau continental. Wilayah ini mempunyai empat musim, yaitu trend gerah (summer), trend semi (spring), trend masbodoh (winter), dan trend gugur (autumn).
Keadaan wilayah iklim sedang di wilayah Eropa, cuaca atau udaranya lembap, langit berawan, dan curah hujan tinggi. Wilayah-wilayah yang diberiklim continental besifat gerah, kering, dan jarang turun hujan. Pada trend gerah udaranya gerah, dan pada trend masbodoh temperaturnya rendah. Wilayah yang iklimnya sedang mencakup Amerika Utara dan Amerika Timur, ujung Amerika Selatan, Eropa Timur, ujung Afrika Selatan, Kanada Tengah, dan Australia Selatan.

4. Wilayah Iklim Dingin
Wilayah iklim masbodoh terletak di tempat Kutub Utara dan Kutub Selatan, tepatnya pada garis lintang 66o30’LU – 90oLU dan 66o30’LS – 90oLS. Wilayah ini setiap tahun selama 8 – 11 bulan rata-rata suhu udara di bawah 0o. Wilayah iklim masbodoh dibagi dua, yaitu sebagai diberikut.

1) Wilayah iklim tundra di sekitar Laut Arktik, pesisir Amerika Utara, Kanada Utara, dan Sidiberia Utara.

2) Wilayah iklim masbodoh diwarnai corak trend masbodoh sangat panjang sehingga hampir
tiruana daratan tertutup salju putih dan es tebal. Pembagian iklim di atas sudah mempersembahkan citra kepadamu wacana macammacam iklim yang ada di bumi. Untuk memperkaya pengetahuanmu, diberikut akan diuraikan wacana pinjaman iklim berdasarkan beberapa jago klimatologi

a. Wladimir Koppen
Wladimir Koppen yaitu spesialis klimatologi dari Austria. Ia membagi iklim atas dasar rata-rata suhu udara dan curah hujan bulanan dan tahunan. Koppen beropini bahwa suatu iklim termasuk berair atau kering ditentukan oleh indeks hujan. Klasifikasi iklim berdasarkan Koppen sanggup diperinci sebagai diberikut.

1) Iklim A (tropis), yaitu tempat bersuhu 18oC untuk bulan terdingin.
2) Iklim B (tundra dan kutub), yaitu tempat bersuhu 10oC untuk bulan tergerah.
3) Iklim C dan D (sedang), iklim C menempati pinggiran benua yang dipengaruhi iklim maritim sehingga disebut iklim sedang hangat. Iklim D menempati pedalaman benua sehingga dinamakan iklim salju atau boreal. Adapun batas antara iklm C dan D pada tempat bersuhu 3oC untuk bulan terdingin.

Berdasarkan pembagian terstruktur mengenai iklim di atas, Indonesia termasuk iklim A (tropis). Menurut Koppen, iklim A sanggup dikelompokkan menjadi beberapa tempat sebagai diberikut.
1) Iklim hujan tropis mencakup beberapa tempat yang bercurah hujan tinggi. Daerah yang bercurah hujan tinggi terdapat di Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Papua.
2) Iklim sabana mencakup tempat Nusa Tenggara Timur dan sekitarnya.
3) Iklim maritim berair mencakup hampir seluruh kepulauan Indonesia terutama Sumatra, Kalimantan, dan Papua.
4) Iklim salju abadi terdapat di puncak Pepegununganan Jaya Wijaya.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Wilayah Iklim Menurut Kedudukan Bumi Terhadap Matahari?"