Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Dan Tugas Forum Sosial Agama

Artikel ini akan mengulas terkena tugas dan fungsi salah satu dari forum sosial, yaitu forum agama, forum keagamaan, forum agama sosiologi, tugas forum agama, forum sosial agama, fungsi agama, fungsi forum agama.


Lembaga Agama

Manusia menjalani kehidupan bersama dengan insan lain. Manusia memerlukan adanya kerukunan sehingga diharapkan suatu pedoman yang sanggup mengaturnya. 

Pedoman tersebut sanggup berupa hukum tertulis ataupun pedoman yang berdasarkan agama-agama yang dianut setiap masyarakat masyarakat. 

Setiap agama mengatur korelasi antarmanusia yang juga mengatur korelasi insan dengan Tuhan sehingga agama ialah pedoman hidup yang abadi.

Kehidupan insan di seluruh dunia pada umumnya menghendaki adanya kerukunan dan kedamaian satu sama lain.

Agar penganut agama satu sama lain sanggup saling menghargai, dan saling menghormati dalam pergaulan hidup hingga simpulan zaman, di antara mereka diharapkan adanya upaya saling mengenal; serta adanya tanggapan pikiran, sikap, dan sikap masing-masing, baik wacana latar belakang yang tidak sama maupun antaragama dan budaya masing-masing.

Sebagai sebuah forum sosial, agama berarti sistem keyakinan dan praktik keagamaan yang penting dari masyarakat, yang sudah dibakukan dan dirumuskan serta dianut secara luas dan dipandang sebagai sesuatu yang diharapkan dan benar. 

Asosiasi agama ialah kelompok orang yang terorganisasi, yang secara bantu-membantu menganut keyakinan dan menjalankan praktik suatu agama. sepertiyang lembaga-lembaga lainnya, agama juga mempunyai fungsi atau peran. 

Peran forum agama di bidang sosial ialah sebagai penentu, agama membuat suatu ikatan bersama, baik di antara anggota-anggota beberapa masyarakat maupun dalam kewajiban-kewajiban sosial yang memmenolong mempersatukan mereka. 

Peran agama sebagai sosialisasi individu akan tampak secara konkret pada dikala individu tumbuh menjadi dewasa. 

Pada dikala itu, individu memerlukan suatu sistem nilai sebagai tuntunan umum untuk mengarahkan aktivitasnya dalam masyarakat dan berfungsi sebagai tujuan simpulan pengembangan kepribadiannya. 

Pendidikan agama ialah tanggung balasan dari orangtua untuk mengenalkan, mempersembahkan contoh, dan menanamkan ajaran-ajaran akhlak kepada anak-anaknya. 

Agama mengajarkan bahwa hidup ialah untuk memperoleh keselamatan sebagai tujuan utamanya. Oleh alasannya ialah itu, untuk mencapai tujuan tersebut, anak harus diajarkan dan didiberikan tumpuan untuk melakukan ibadah sesuai dengan perintah-Nya.

Adapun fungsi forum keagamaan berdasarkan Bruce J. Cohen, yaitu:
  1. menolongan terhadap pencarian identitas moral;
  2. mempersembahkan penafsiran-penafsiran untuk memmenolong memper terperinci keadaan lingkungan fisik dan sosial seseorang;
  3. peningkatan kadar keramahan bergaul, kohesi sosial, dan solidaritas kelompok.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Fungsi Dan Tugas Forum Sosial Agama"