Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Klasifikasi Jenis-Jenis Dan Macam-Macam Kelompok Sosial Berdasarkan Robert Bierstedt

Kali ini kita akan mengulas terkena kelompok sosial, jenis-jenis kelompok sosial, macam macam kelompok sosial, kelompok sosial dalam masyarakat multikultural, penjabaran kelompok sosial, penjabaran kelompok sosial berdasarkan para ahli, , kelompok sosial berdasarkan robert bierstedt.


Klasifikasi Kelompok Sosial

Konsep kelompok mempunyai banyak sekali makna. Di kalangan jago sosiologi dijumpai banyak sekali perjuangan untuk mengklasifikasikan jenis kelompok. Salah satu di antaranya yaitu Robert Bierstedt

Bierstedt memakai tiga kriteria untuk membedakan jenis kelompok, yaitu ada-tidaknya organisasi (formal), kekerabatan sosial di antara anggota kelompok, dan kesadaran jenis. Bierstedt membedakan empat jenis kelompok, yaitu sebagai diberikut.

a. Kelompok statistik (statistical group) yakni kelompok yang tidak memenuhi ketiga kriteria tersebut. 

Kelompok statistik spesialuntuk ada dalam arti analisis dan yakni ciptaan para ilmuwan sosial. misalnya, pengelompokan penduduk berdasarkan usia, tingkat pendidikan, mata pencaharian, dan sebagainya.

b. Kelompok kemasyarakatan (societal group) yakni kelompok yang spesialuntuk mempunyai satu kriteria, yaitu kesadaran akan adanya persamaan di antara anggotanya. 

Di dalam kelompok ini belum ada kontak dan komunikasi antaranggota kelompok, juga belum ada pengorganisasian. misalnya, kelompok berdasarkan jenis kelabuin (laki-laki dan perempuan), kelompok orang-orang miskin dan kaya, dan sebagainya.

c. Kelompok sosial (social group) yakni kelompok yang mempunyai dua kriteria yaitu kesadaran jenis dan antaranggota saling berhubungan, tetapi belum ada pengorganisasian.

misalnya, kelompok kawan, kelompok kerabat, dan kelompokkelompok pada masyarakat tradisional menyerupai kesenian, olahraga, keagamaan atau majelis ta’lim.

d. Kelompok asosiasi (associational group) dalam kelompok ini para anggotanya mempunyai kesadaran jenis, yaitu dijumpainya persamaan kepentingan eksklusif maupun kepentingan bersama.

Selain itu, para anggota asosiasi saling berafiliasi melalui kontak dan komunikasi jawaban adanya ikatan organisasi formal.

misalnya, sekolah, organisasi politik, Persatuan Guru Republik Indonesia, ikatan alumni suatu sekolah atau perguruan tinggi tinggi. 

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Klasifikasi Jenis-Jenis Dan Macam-Macam Kelompok Sosial Berdasarkan Robert Bierstedt"