Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Pola Jenis Kelainan Akhir Gen Letal Dalam Proses Hereditas Atau Pewarisan Sifat

Kali ini kita akan mengulas wacana gen letal, pengertian gen letal, hereditas, gen dominan, gen resesif, gen letal resesif, pewarisan sifat, gen letal dominan.

Pengertian Gen Letal

Gen ajal (gen letal) yakni gen yang sanggup mengakibatkan ajal suatu individu yang memilikinya. 
Gen-gen ini sanggup menunjukkan pengaruhnya pada awal pertumbuhan sehingga sanggup menimbulkan ajal sebelum lahir (pada masa embrio).

Dalam konsep gen letal, dikenal istilah individu carrier, yakni individu yang berpotensi untuk menurunkan sifat gen letal tersebut atau berpotensi untuk membawa gen yang menimbulkan kelainan.

a. Gen Letal Dominan

Gen letal lebih banyak didominasi ialah suatu keadaan apabila suatu individu mempunyai gen homozigot dominan, individu tersebut akan mati. 

misalnya, pada tikus gen Ay mengekspresikan rambut warna kuning yang lebih banyak didominasi terhadap gen a yang mengekspresikan warna rambut hitam. 

Gen Ay ini dalam keadaan homozigot menimbulkan ajal pada tikus. Jika tikus jantan kuning heterozigot dikawinkan dengan tikus betina yang juga kuning heterozigot maka keturunannya (F1) yakni sebagai diberikut.

 Kali ini kita akan mengulas wacana gen letal Pengertian dan misal Jenis Kelainan Akibat Gen Letal Dalam Proses Hereditas atau Pewarisan Sifat

misal kelainan akhir gen letal dominan, yaitu:
  1. Ayam redep (kaki dan akup pendek)
  2. Thalasemia pada manusia
  3. Ayam tidak berjambul

b. Gen Letal Resesif

Pada gen letal resesif, individu akan mati jikalau mempunyai gen homozigot resesif. Salah satu rujukan imbas dari gen letal resesif yang mengakibatkan ajal yakni pada tumbuhan jagung. 

Hadirnya klorofil diatur oleh suatu gen dalam keadaan lebih banyak didominasi dan jikalau gen tersebut berada dalam keadaan resesif maka klorofil tidak sanggup diekspresikan dan mengakibatkan kematian. 

Gen yang mengakibatkan hadirnya klorofil kita anggap sebagai A dan resesifnya yakni a. Gen heterozigot mengakibatkan warna daun menjadi hijau muda. 

Pada persilangan antarjagung dengan daun hijau muda sesamanya akan menghasilkan sebagai diberikut.
 Kali ini kita akan mengulas wacana gen letal Pengertian dan misal Jenis Kelainan Akibat Gen Letal Dalam Proses Hereditas atau Pewarisan Sifat

misal kelainan akhir gen letal resesif, yaitu:
  1. Sickle-Cell Anemia (sel bulan sabit) pada manusia;
  2. Kelinci pelger (gangguan pada pembentukan leukosit);
  3. Sapi bulldog (persilangan antarsapi ras dexter).

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Pola Jenis Kelainan Akhir Gen Letal Dalam Proses Hereditas Atau Pewarisan Sifat"