Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seni Bangunan, Kerajinan, Model Pakaian Dan Bentuk Rumah Etika Masyarakat Suku Dayak

Artikel ini akan mengulas wacana kesenian suku dayak, rumah moral suku dayak, rumah moral dayak, baju moral kalimantan, rumah dayak kalimantan, pakaian moral suku dayak, pakaian moral dayak, kerajinan suku dayak.

Seni Rupa Masyarakat Suku Dayak

Perkembangan seni rupa masyarakat moral suku bangsa Dayak mencakup beberapa aspek seni bangunan, seni kerajinan, dan pakaian adat.

Seni Bangunan

Bangunan khas masyarakat moral suku bangsa Dayak berupa rumah moral yang disebut rumah betang. Dalam satu rumah betang dapat dihuni 20 keluarga batih.
 Artikel ini akan mengulas wacana kesenian suku dayak Seni Bangunan, Kerajinan, Model Pakaian dan Bentuk Rumah Adat Masyarakat Suku Dayak
Rumah Betang
Arsitektur rumah betang berupa rumah panggung, pada bab bawahnya dimanfaatkan untuk menumbuk padi ataupun membuat kerajinan tenunan (menenun).

Rumah betang terdiri atas beberapa kamar sebagai diberikut.

a) Kamar untuk menyimpan alat-alat perang.
b) Kamar untuk pendidikan gadis.
c) Kamar untuk kawasan upacara adat.
d) Kamar untuk penginapan.
e) Kamar tamu.
f) Kamar kawasan sesajen.

Pada bab kiri dan kanan ujung atap rumah dihiasi dengan tombak yang diyakini sebagai penolak mara bahaya.

Seni Kerajinan

Kerajinan khas suku bangsa Dayak berupa anyaman kulit rotan, antara lain tikar, keranjang, dan topi. Masyarakat moral suku bangsa Dayak cerdik menenun kain dari kulit kayu yang disebut ewah. Ewah digunakan sebagai materi dasar pakaian khas suku bangsa Dayak pada masa lampau.

Pakaian Adat

Pakaian moral masyarakat suku bangsa Dayak, untuk pria mengenakan kain epilog bab bawah
sebatas lutut, mengenakan rompi dan tutup kepala berhiaskan bulu-bulu burung enggang. 
 Artikel ini akan mengulas wacana kesenian suku dayak Seni Bangunan, Kerajinan, Model Pakaian dan Bentuk Rumah Adat Masyarakat Suku Dayak
Pakaian Khas Adat Dayak
Tangan memegang tameng kayu dengan hiasan yang khas, serta mandau, senjata khas suku bangsa Dayak. Adapun pakaian perempuan mengenakan rok pendek dengan baju rompi, tutup kepala berhiaskan bulu-bulu burung enggang, mengenakan kalung manik-manik, ikat pinggang, dan gelang. 

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Seni Bangunan, Kerajinan, Model Pakaian Dan Bentuk Rumah Etika Masyarakat Suku Dayak"