Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen-Komponen, Jenis Serta Perbandingan Model Data Raster Dan Vektor Dalam Sistem Isu Geografis (Sig)

Dibawah ini akan diuraikan wacana Komponen Sistem Informasi Geografis, sig, Komponen SIG, komponen komponen sig, komponen sistem informasi, info geografi, data geografis, data sig, jenis data sig, data vektor, data dalam sig, data raster, model data raster, referensi data raster.


Komponen Sistem Informasi Geografis (SIG)

Sebagai suatu sistem, SIG mempunyai sejumlah komponen yang saling berkaitan. Pada dasarnya untuk mengoperasikan SIG diharapkan tiga komponen, menyerupai diberikut.

 Dibawah ini akan diuraikan wacana Komponen Sistem Informasi Geografis Komponen-Komponen, Jenis serta Perbandingan Model Data Raster dan Vektor Dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
Bagan Komponen SIG


1. Sistem Komputer

Sistem komputer terdiri dari dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.

a. Perangkat keras SIG bersama-sama tidak tidak sama dengan perangkat keras lainnya yang dipakai untuk mendukung aplikasi bisnis dan sains. Perangkat keras ini umumnya mencakup beberapa aspek:

1) CPU (unit pemproses utama), perangkat ini ialah cuilan dari sistem komputer yang bertindak sebagai daerah untuk pemprosesan tiruana instruksi-instruksi dan agenda (processor). 

Selain itu, CPU juga mengendalikan seluruh operasi yang ada dalam lingkungan sistem komputer yang bersangkutan.

2) RAM, perangkat ini dipakai oleh CPU untuk menyimpan sementara tiruana data dan agenda yang dimasukkan melalui input device, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek

3) Storage, perangkat ini ialah daerah peyimpanan data secara permguan atau semi permguan (temporary) dibandingkan dengan RAM, kanal pada storage agak lambat. misal perangkat ini yaitu hardisk, disket, CD ROM dan pita magnetis.

4) Input device, perangkat ini ialah peralatanperalatan yang dipakai untuk memasukkan data ke dalam SIG. Yang termasuk dalam perangkat ini yaitu mouse, keyboard, scanner, kamera digital.
  • Keyboard ialah sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetik kalimat dan simbolsimbol khusus lainnya pada komputer.
  • Mouse dikenal dengan istilah “Click’’ atau “Drag” yang artinya menggeser atau menarikdanunik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya, salah satu jadinya objek tersebut akan berpindah atau tersalin ke objek lain.
  • Scanner yaitu sebuah alat elektronik yang fungsinya menyerupai dengan mesin fotokopi. Mesin fotokopi hasilnya sanggup pribadi dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer lampau kemudian sanggup diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi cantik yang kemudian sanggup disimpan sebagai file teks, dokumen, dan gambar. Data yang sudah diambil dengan scanner sanggup dimasukkan secara pribadi ke tiruana aplikasi komputer yang mengenali teks ASCIL.

5) Output device, perangkat ini ialah peralatanperalatan yang dipakai untuk mempresentasikan data dan info SIG berupa kertas (hardcopy) atau ke layar monitor (softcopy). Yang termasuk perangkat ini yaitu layar monitor, printer, plotter, dan sebagainya.

a) Printer dan plotter yaitu jenis hardcopy device sebab keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer mempunyai banyak sekali macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang sanggup dipakai pun beragam. Tetapi untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, menggunakan plotter.

b) Monitor yaitu salah satu jenis softcopy device sebab hasil yang keluar berupa sinyal elektronik. Dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil yaitu hasil pemprosesan data ataupun info masukan.

c) Digital Camera, salah satu input device yang sedang marak kini yaitu digital kamera. melaluiataubersamaini adanya alat ini, kita sanggup lebih praktis memasukkan data berupa gambar apa saja, dengan ukuran yang relatif besar ke dalam komputer kita. Digital kamera banyak jenisnya mulai dari mengambil gambar statis, hingga dengan kamera yang sanggup merekam gambar menyerupai video.

b. Software (perangkat lunak) ialah program-program komputer yang berkhasiat untuk menjalankan pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
  • Sistem operasi, yaitu software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga tiap-tiap perangkat tersebut sanggup saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi, maka komputer tidak sanggup difungsikan sama sekali. Sistem operasi yang mendukung SIG menyerupai Windows, UNIX, Novell, dan lain-lain.
  • Program utility, berfungsi untuk memmenolong atau mengisi belum sempurnanya/ kelemahan sistem operasi.
  • Program aplikasi, ialah agenda yang khusus melaksanakan pekerjaan tertentu, Map info, Iddrisi, Erdas, Autocard for GIS, Ermapper, Ilwis, menyerupai ARC/Info, ArcView, dan lainlain.


2. Data Geografis

Data Geografis yaitu data yang berafiliasi dengan kondisi geografi menyerupai wilayah manajemen negara, jalan raya, topografi, sungai, gedung, dan sebagainya yang sanggup dilihat dari foto udara, gambaran satelit, data statistik, dan sebagainya.

3. Pengguna

Pengguna yaitu orang yang mempunyai kiprah untuk menentukan info yang diperlukan, membuat standar, membuat agenda pemutakhiran (updating) yang efisien, menganalisis hasil yang dikeluarkan untuk kegunaan yang diinginkan, dan merencanakan aplikasi.

Dalam pengoperasian SIG, pemasukan data keruangan dibutuhkan elemen dasar. Jeffrey dan Jhon (dalam Nurmala Dewi, 1997) mengemukakan bahwa SIG mempunyai lima elemen dasar SIG, yaitu:
  • akuisi data ialah proses mengidentifikasi dan mengumpulkan data yang dibutuhkan;
  • persiapan melibatkan manipulasi data dengan banyak sekali cara yang berkaitan dengan SIG;
  • manajemen data yang berfungsi untuk mengatur kreasi dan mengakses data dasar;
  • manipulasi dan analisis yang memseriuskan pada pengguna sistem, semoga data dalam SIG sanggup dianalisis, maka diharapkan pemahaman wacana menggunakan SIG;
  • pembuatan produk ialah bentuk produk yang sangat bervariasi, baik dalam kualitas, keakuratan, dan kegampangan pemakaian.


Jenis Data Sistem Informasi Geografis


1. Data Raster

Pada dasarnya, data SIG sanggup dibagi menjadi dua jenis, yaitu data raster dan data vektor. Kedua data ini ialah data yang esensial dan mempunyai kesatuan fungsi dalam SIG.

 Dibawah ini akan diuraikan wacana Komponen Sistem Informasi Geografis Komponen-Komponen, Jenis serta Perbandingan Model Data Raster dan Vektor Dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
Format Data Raster
Model data raster ini menampilkan, menempatkan, dan menyimpan data spasial dengan menggunakan struktur matriks atau piksel-piksel yang membentuk grid. Setiap piksel atau sel ini mempunyai atribut tersendiri, termasuk koordinatnya yang unik. 

Akurasi model data ini sangat bergantung pada resolusi atau ukuran pikselnya (sel grid) di permukaan bumi. Data raster mempersembahkan info spasial apa yang terjadi di mana saja dalam bentuk gambaran yang digeneralisasi. 

melaluiataubersamaini data ini, dunia faktual disajikan sebagai elemen matriks atau sel-sel grid yang homogen. melaluiataubersamaini model data raster, data geografi ditandai oleh nilai (bilangan elemen matriks persegi panjang dari suatu objek). melaluiataubersamaini demikian, secara konseptual, model data raster merupa-kan model data spasial yang paling sederhana.

Tabel Perbandingan Data Raster dan Data Vektor
 Dibawah ini akan diuraikan wacana Komponen Sistem Informasi Geografis Komponen-Komponen, Jenis serta Perbandingan Model Data Raster dan Vektor Dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
 Dibawah ini akan diuraikan wacana Komponen Sistem Informasi Geografis Komponen-Komponen, Jenis serta Perbandingan Model Data Raster dan Vektor Dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)

2. Data Vektor

Model data vektor menampilkan, menempatkan, dan menyimpan data spasial dengan menggunakan titik, garisgaris atau kurva atau poligon beserta atribut-atributnya. 
 Dibawah ini akan diuraikan wacana Komponen Sistem Informasi Geografis Komponen-Komponen, Jenis serta Perbandingan Model Data Raster dan Vektor Dalam Sistem Informasi Geografis (SIG)
Model Data Vektor
Bentuk-bentuk dasar representasi data spasial ini, di dalam sistem model data vektor, didefinisikan oleh sistem koordinat kartesian dua dimensi (x, y). 

Dalam model data spasial vektor, garis-garis atau kurva (busur atau area) ialah sekumpulan titik-titik terurut yang dihubungkan. 

Sedangkan luas atau poligon juga disimpan sebagai sekumpulan lis titik-titik. Tetapi dengan catatan bahwa titik awal dan titik tamat poligon mempunyai nilai kordinat yang sama (poligon tertutup sempurna).

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Komponen-Komponen, Jenis Serta Perbandingan Model Data Raster Dan Vektor Dalam Sistem Isu Geografis (Sig)"