Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Manfaat Jenis Spektrum Gelombang Elektromagnetik Sinar Gamma, Sinar-X, Sinar Ultraviolet, Sinar Tampak, Sinar Inframerah, Gelombang Mikro Dan Gelombang Radio

Berikut ini ialah artikel yang akan mengulas gelombang elektromagnetik, gelombang elektromagnetik kelas x, spektrum gelombang elektromagnetik, gelombang elektromagnetik fisika, sinar gamma, sinar-X, sinar ultraviolet, sinar tampak, sinar inframerah, gelombang mikro, gelombang radio, pengertian sinar gamma, pengertian sinar-X, pengertian sinar ultraviolet, pengertian sinar tampak, pengertian sinar inframerah, pengertian gelombang mikro, pengertian gelombang radio, manfaat sinar gamma, manfaat sinar-X, manfaat sinar ultraviolet, manfaat sinar tampak, manfaat sinar inframerah, manfaat gelombang mikromanfaat gelombang radio.

Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Jauh sebelum Maxwell meramalkan gelombang elektromagnetik, cahaya sudah dipandang sebagai gelombang. Akan tetapi, tidak seorang pun tahu jenis gelombang apakah cahaya itu. 

Baru setelah adanya hasil perhitungan Maxwell ihwal kecepatan gelombang elektromagnetik dan bukti eksperimen oleh Hertz, cahaya dikategorikan sebagai gelombang elektromagnetik. 

Tidak spesialuntuk cahaya yang termasuk gelombang elektromagnetik melainkan masih banyak lagi jenis-jenis yang termasuk gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik sudah dibangkitkan atau dideteksi pada jangkauan frekuensi yang lebar. 

Jika diurut dari frekuensi terbesar hingga frekuensi terkecil, yaitu sinar gamma, sinar-X, sinar ultraviolet, sinar tampak (cahaya), sinar inframerah, gelombang mikro (radar), gelombang televisi, dan gelombang radio. 

Gelombang-gelombang ini disebut spektrum gelombang elektromagnetik. Jangkauan frekuensi spektrum gelombang elektromagnetik ditunjukkan pada gambar diberikut.
 Berikut ini ialah artikel yang akan mengulas gelombang elektromagnetik Pengertian dan Manfaat Jenis Spektrum Gelombang Elektromagnetik Sinar Gamma, Sinar-X, Sinar Ultraviolet, Sinar Tampak, Sinar Inframerah, Gelombang Mikro dan Gelombang Radio
Spektrum Gelombang Elektromagnetik

1. Sinar Gamma

Sinar gamma ialah salah satu spektrum gelombang elektromagnetik yang mempunyai frekuensi paling besar atau panjang gelombang terkecil.

Frekuensi yang dimiliki sinar gamma berada dalam rentang 1020 Hz hingga 1025 Hz. Sinar gamma dihasilkan dari insiden peluruhan inti radioaktif. 

Inti atom unsur yang tidak stabil meluruh menjadi inti atom unsur lain yang stabil dengan memancarkan sinar radioaktif, di antaranya sinar alfa, sinar beta, dan sinar gamma. 

Di antara ketiga sinar radioaktif ini, yang termasuk gelombang elektromagnetik ialah sinar gamma. Sementara dua lainnya ialah berkas partikel bermuatan listrik. 

Jika dibandingkan dengan sinar alfa dan sinar beta, sinar gamma mempunyai daya tembus yang paling tinggi sehingga sanggup menembus pelat logam hingga beberapa sentimeter. 

Sekarang, sinar gamma banyak dimanfaatkan dalam bidang kedokteran, diantaranya untuk mengobati penyakit kanker dan mensterilkan peralatan rumah sakit. Selain itu, sinar gamma sanggup dipakai untuk melihat kerusakan pada logam.

2. Sinar-X

Sinar-X, dikenal juga sebagai sinar Röntgen. Nama ini diambil dari penemunya, yaitu Wilhelm C. Röntgen (1845 – 1923). Sinar-X dihasilkan dari insiden tumbukan antara elektron yang dipercepat pada beda potensial tertentu. 

Sinar-X dipakai dalam bidang kedokteran, ibarat untuk melihat struktur tulang yang terdapat dalam badan manusia. Jika Anda pernah mengalami patah tulang, sinar ini sanggup memmenolong dalam mencari cuilan tulang yang patah tersebut. 

Hasil dari sinar ini berupa sebuah film foto yang sanggup menembus hingga pada cuilan badan yang paling dalam. Orang yang sering merokok dengan yang tidak merokok akan terlihat bedanya dengan cara menyinari cuilan tubuh, yaitu paru-paru. 

Paru-paru orang yang merokok terlihat bercak-bercak berwarna hitam, sedangkan pada normalnya paru-paru insan cenderung utuh tanpa bercak.

3. Sinar Ultraviolet

Sinar ultraviolet dihasilkan dari radiasi sinar Matahari. Selain itu, sanggup juga dihasilkan dari transisi elektron dalam orbit atom. 

Jangkauan frekuensi sinar ultraviolet, yaitu berkisar diantara 105 hertz hingga dengan 1016 hertz. Sinar ultraviolet sanggup berkhasiat dan sanggup juga berbahaya bagi kehidupan manusia. 

Sinar ultraviolet sanggup dimanfaatkan untuk mencegah semoga bayi yang gres lahir tidak kuning warna kulitnya. Selain itu, sinar ultraviolet yang berasal dari Matahari sanggup merangsang badan insan untuk memproduksi vitamin D yang diharapkan untuk kesehatan tulang. 

Sinar ultraviolet tidak selamanya bermanfaa. Lapisan ozon di atmosfer Bumi (pada lapisan atmosfer) berfungsi untuk mencegah supaya sinar ultraviolet tidak terlalu banyak hingga ke permukaan Bumi. 

Jika hal tersebut terjadi, akan menjadikan banyak sekali penyakit pada manusia, terutama pada kulit. Sekarang, lapisan ozon sudah berlubang-lubang sehingga banyak sinar ultraviolet yang tertahan untuk hingga ke permukaan Bumi. 

Berlubangnya lapisan ozon, di antaranya diakibatkan oleh penerapan CFC (clorofluoro carbon) yang berlebihan, yang dihasilkan oleh kulkas atau mesin pengondisi udara (AC). 

Hal ini tentu saja sanggup mengancam kehidupan makhluk hidup di Bumi. Oleh lantaran itu, diharapkan untuk mengurangi jumlah pemakaian yang memakai materi CFC, ibarat kini sudah banyak mesin pendingin non CFC.

4. Sinar Tampak

Sinar tampak atau cahaya ialah gelombang elektromagnetik yang sanggup dilihat dan sangat memmenolong dalam penglihatan. Anda tidak akan sanggup melihat apapun tanpa menolongan cahaya. 

Sinar tampak mempunyai jangkauan panjang gelombang yang sempit, mulai dari 400 nm hingga dengan 700 nm. Sinar tampak terdiri atas tujuh spektrum warna, kalau diurutkan dari frekuensi terkecil ke frekuensi terbesar, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu (disingkat mejikuhibiniu). 

Sinar tampak atau cahaya dipakai sebagai penerangan ketika di malam hari atau ditempat yang petang. Selain sebagai penerangan, sinar tampak dipakai juga pada tempat-tempat hiburan, rumah sakit, industri, dan telekomunikasi.

5. Sinar Inframerah

Sinar inframerah mempunyai jangkauan frekuensi antara 1011 hertz hingga 1014 hertz. Sinar inframerah dihasilkan dari transisi elektron dalam orbit atom. 

Benda yang mempunyai temperatur yang lebih relatif terhadap lingkungannya akan meradiasikan sinar inframerah, termasuk dari dalam badan manusia. 

Sinar ini dimanfaatkan, di antaranya untuk pengindraan jarak jauh, transfer data ke komputer, dan pengendali jarak jauh (remote control). 

Seorang tentara yang sedang berperang sanggup melihat musuhnya dalam biro diam-diam dengan menolongan kacamata inframerah yang sanggup melihat hawa gerah dari seseorang. 

melaluiataubersamaini memakai kacamata ini dengan sangat simpel seseorang sanggup ditemukan dalam ruangan petang. Sinar inframerah sanggup dipakai juga dalam bidang kedokteran, ibarat diagnosa kesehatan. 

Sirkulasi darah dalam badan Anda sanggup terlihat dengan memakai menolongan sinar inframerah. Selain itu, penyakit ibarat kanker sanggup dideteksi dengan menyidik pancaran sinar inframerah dalam badan Anda.

6. Gelombang Mikro

Gelombang mikro dihasilkan oleh rangkaian elektronik yang disebut osilator. Frekuensi gelombang mikro sekitar 1010 Hz. Gelombang mikro disebut juga sebagai gelombang radio super high frequency. 

Gelombang mikro digunakan, di antaranya untuk komunikasi jarak jauh, radar (radio detection and ranging), dan memasak (oven). 

Di awalan udara, radar dipakai untuk mendeteksi dan memandu pesawat terbang untuk mendarat dalam keadaan cuaca buruk. 

Antena radar mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai pemancar gelombang dan akseptor gelombang. Gelombang mikro yang dipancarkan dilakukan secara terarah dalam bentuk pulsa. 

Ketika pulsa dipancarkan dan terkena suatu benda, ibarat pesawat atau roket pulsa akan dipantulkan dan diterima oleh antena penerima, biasanya ditampilkan dalam osiloskop. 

Jika diketahui selang waktu antara pulsa yang dipancarkan dengan pulsa yang diterima Δt dan kecepatan gelombang elektromagnetik c = 3 × 108 m/s, jarak antara radar dan benda yang dituju (pesawat atau roket), sanggup dituliskan dalam persamaan diberikut:
 Berikut ini ialah artikel yang akan mengulas gelombang elektromagnetik Pengertian dan Manfaat Jenis Spektrum Gelombang Elektromagnetik Sinar Gamma, Sinar-X, Sinar Ultraviolet, Sinar Tampak, Sinar Inframerah, Gelombang Mikro dan Gelombang Radio
Angka 2 yang terdapat pada Persamaan (9–2) muncul lantaran pulsa melaksanakan dua kali perjalanan, yaitu dikala dipancarkan dan dikala diterima. 

Saat ini radar sangat memmenolong dalam pendaratan pesawat terbang ketika terjadi cuaca jelek atau terjadi badai. Radar sanggup berkhasiat juga dalam mendeteksi adanya pesawat terbang atau benda aneh yang terbang memasuki suatu wilayah tertentu.

7. Gelombang Radio

Mungkin Anda sudah tahu atau pernah mendengar gelombang ini. Gelombang radio banyak digunakan, terutama dalam bidang telekomunikasi, ibarat handphone, televisi, dan radio. 

Di antara spektrum gelombang elektromagnetik, gelombang radio termasuk ke dalam spektrum yang mempunyai panjang gelombang terbesar dan mempunyai frekuensi paling kecil. 

Gelombang radio dihasilkan oleh elektron pada kawat penghantar yang menjadikan arus bolak-balik pada kawat. 

Kenyataannya arus bolak-balik yang terdapat pada kawat ini, dihasilkan oleh gelombang elektromagnetik. 

Gelombang radio ini dipancarkan dari antena pemancar (transmitter) dan diterima oleh antena akseptor (receiver). 

Jika dibedakan menurut frekuensinya, gelombang radio dibagi menjadi beberapa grup band frekuensi. Nama-nama grup band frekuensi beserta kegunaannya sanggup Anda lihat pada tabel diberikut ini.
 Berikut ini ialah artikel yang akan mengulas gelombang elektromagnetik Pengertian dan Manfaat Jenis Spektrum Gelombang Elektromagnetik Sinar Gamma, Sinar-X, Sinar Ultraviolet, Sinar Tampak, Sinar Inframerah, Gelombang Mikro dan Gelombang Radio
Tabel  Rentang Frekuensi Gelombang Radio
Jika dilihat dari perambatannya, gelombang radio yang dipancarkan oleh antena pemancar sebagian dipantulkan oleh lapisan ionosfer dan sebagian lagi diteruskan. 

Pada Gambar diberikut, mengatakan perambatan gelombang radio frekuensi sedang dan frekuensi tinggi yang dipakai untuk siaran radio AM (amplitudo modulation) dan FM (frequency modulation) serta televisi.
 Berikut ini ialah artikel yang akan mengulas gelombang elektromagnetik Pengertian dan Manfaat Jenis Spektrum Gelombang Elektromagnetik Sinar Gamma, Sinar-X, Sinar Ultraviolet, Sinar Tampak, Sinar Inframerah, Gelombang Mikro dan Gelombang Radio
Pancaran gelombang radio yang
yang diteruskan dan dipantulkan ionosfer
Pada gambar tersebut terlihat bahwa frekuensi tinggi jangkauannya relatif lebih sempit kalau dibandingkan dengan frekuensi sedang. Hal ini sanggup terlihat bahwa frekuensi tinggi kebanyakan tidak dipantulkan oleh lapisan ionosfer. 

Dari klarifikasi ini, Anda sanggup mengetahui mengapa siaran radio FM spesialuntuk sanggup didengar pada tempat tertentu. Ketika Anda berpindah ke tempat atau tempat lainnya nama stasiun radionya sudah berubah dan diubahsuaikan dengan wilayahnya masing-masing. 

Berbeda halnya dengan radio AM, Jika Anda pergi dari tempat tinggal Anda ke tempat atau tempat lainnya, stasiun radionya masih tetap ada. Hal ini disebabkan oleh jangkauan frekuensi sedang lebih luas kalau dibandingkan dengan jangkauan frekuensi tinggi.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Manfaat Jenis Spektrum Gelombang Elektromagnetik Sinar Gamma, Sinar-X, Sinar Ultraviolet, Sinar Tampak, Sinar Inframerah, Gelombang Mikro Dan Gelombang Radio"