Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latar Belakang Dan Faktor Pendorong Munculnya Pergerakan Nasional Di Indonesia

Berikut ini akan dijelaskan terkena pergerakan nasional indonesia, pergerakan nasional, pergerakan nasional di indonesia, pergerakan kebangsaan indonesia, faktor pendorong pergerakan nasional, latar belakang pergerakan nasional indonesia, latar belakang pergerakan nasional, latar belakang munculnya pergerakan nasional, latar belakang timbulnya pergerakan nasional.

Latar Belakang Pergerakan Nasional Indonesia

Latar belakang lahirnya pergerakan nasional Indonesia tidak terlepas dari peristiwaperistiwa di Asia, misalnya, kemenangan Jepang atas Rusia (1901 – 1905), meningkatnya pendidikan rakyat, terbitnya surat kabar sebagai media komunikasi, serta adanya paham gres yang masuk ke Indonesia yang mempercepat tumbuh dan berkembangnya nasionalisme Indonesia.
 Berikut ini akan dijelaskan terkena pergerakan nasional indonesia Latar Belakang dan Faktor Pendorong Munculnya Pergerakan Nasional di Indonesia
Menurut Sartono Kartodirjo, nasionalisme Indonesia ialah antitesa dari kolonialisme. Maksudnya, munculnya nasionalisme alasannya ialah adanya penjajahan oleh Belanda.

Ada beberapa yang melatarbelakangi Pergerakan Nasional Indonesia.

1. Pengaruh pendidikan

Adanya Trilogi Van Deventer, khususnya dalam bidang edukasi, ternyata membawa efek lahirnya sekolah bagi rakyat Indonesia. Walaupun pada kenyataannya, sekolah diperuntukkan belum dewasa Barat namun rakyat pribumi juga mendapat bab dari perjuangan pendidikan tersebut. 

Bagi belum dewasa pribumi, sekolah diselenggarakan untuk mencapai lulusan rendah dan diangkat menjadi pegawai rendahan. 

Namun dalam perkembangannya, sekolah bisa melahirkan kaum arif pintar yang pada saatnya akan melahirkan kaum pencetus pergerakan nasional, ibarat Dr. Wahidin Sudirohusodo. 

Pendidikan juga mengubah masa depan bangsa sebagai modernisasi yang bisa mempercepat tumbuhnya nasionalisme bangsa Indonesia.

Hal ini terbukti dengan adanya hal-hal diberikut.
  • Tumbuhnya organisasi modern semenjak tahun 1908 ditandai lahirnya Budi Utomo.
  • Tumbuhnya golongan terpelajar Indonesia yang sanggup melihat tajam akhir penjajahan.
  • Tumbuhnya kesadaran kebangsaan melalui momentum 1908 dan 1920 yang puncaknya 17 Agustus 1945.
  • Adanya perubahan strategi dalam mengusir penjajahan tidak memakai kekerasan senjata, tetapi berdiplomasi melalui organisasi modern.

2. Diskriminasi

Perbedaan perlakuan yang dijalankan oleh penjajah terhadap rakyat membuat status sosial rakyat semakin terpuruk. Rakyat pribumi ditempatkan pada golongan terbawah, sedangkan bangsa Belanda menempatkan dirinya pada golongan teratas.

Penggolongan ini berkaitan dengan hak yang dimilikinya. Sadar akan perlakuan semacam ini, para cowok berguru ke luar negeri dan mengenyam efek ide-ide Barat. Mereka berdiri melawan ketidakadilan penjajah sehingga lahirlah gerakan kemerdekaan bangsa Indonesia.

3. Pengaruh paham baru

Paham gres yang berkembang di Eropa ibarat nasionalisme, demokrasi, dan liberalisme juga masuk ke negara jajahannya di Asia-Afrika. 

Pengaruh dari paham gres inilah yang membuka teladan pikir rakyat untuk memakai kemampuannya melawan ketidakadilan dan perampasan hak atas bangsa sehingga ada kebangkitan melawan penindasan penjajah untuk mewujudkan hidup yang merdeka. 

Selain itu, munculnya kaum arif pintar juga mendorong lahirnya organisasi modern di Indonesia untuk melawan penjajah.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Latar Belakang Dan Faktor Pendorong Munculnya Pergerakan Nasional Di Indonesia"