Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tokoh Atau Pendiri Serta Tanggal Berdirinya Organisasi Akal Utomo Pada Masa Perkembangan Pergerakan Nasional Kebangsaan Di Indonesia

Berikut ini akan kita bahas secara ringkas terkena pergerakan nasional, pergerakan nasional indonesia, pergerakan nasional di indonesia, perkembangan pergerakan kebangsaan indonesia, perkembangan pergerakan nasional indonesia, organisasi kecerdikan utomo, pendiri kecerdikan utomo, organisasi pertama di indonesia, tokoh pendiri kecerdikan utomo, pendiri organisasi kecerdikan utomo, kecerdikan utomo didirikan pada tanggal, berdirinya kecerdikan utomo.

Pertumbuhan dan Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia

Pergerakan nasional ditandai oleh adanya organisasi yang sudah didukung dan didirikan oleh segenap rakyat di Nusantara. Ciri organisasi pergerakan nasional tidak sama dengan pergerakan daerah, hal ini sanggup kita bedakan sebagai diberikut.

1. Gerakan tempat bercirikan sebagai diberikut:

a. Bentuk gerakannya belum diorganisasi, maka menggantungkan kepada pemimpin.
b. Sifatnya kedaerahan, maka bersifat insidental sementara.
c. Mengandalkan kekuatan senjata dan kekuatan gaib.
d. Belum ada tujuan yang jelas.
e. Gerakannya praktis bubar atau berakhir kalau pemimpin mereka tertangkap.

2. Gerakan nasional bercirikan sebagai diberikut.

a. Gerakannya sudah diorganisasi secara teratur.
b. Bersifat nasional baik wilayah atau keinginan kebangsaan.
c. Perjuangan memakai seni administrasi modern dan organisasi modern.
d. Sudah mempunyai tujuan yang terang yaitu Indonesia merdeka.
e. Gerakannya tangguh dan berakar di hati rakyat.

Adapun bentuk-bentuk organisasi pergerakan nasional Indonesia akan dibahas pada klarifikasi diberikut.

1. Budi Utomo

 Berikut ini akan kita bahas secara ringkas terkena pergerakan nasional Tokoh atau Pendiri serta Tanggal Berdirinya Organisasi Budi Utomo Pada Masa Perkembangan Pergerakan Nasional Kebangsaan di Indonesia
Wahidin Sudirohusodo dan
Sutomo, dua orang dokter tokoh BU
Kebangkitan nasional ditandai lahirnya Budi Utomo (BU) yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 oleh Dr. Sutomo, Suradji, dan Gunawan Mangunkusumo yang waktu itu menjadi mahasiswa Stovia (kedokteran Jawa), sedangkan perintisnya ialah Dr. Wahindin Sudirohusodo. 

Ia mendirikan Studie Fonds (dana pelajar) guna membiayai pelajar yang tidak mampu. Itulah sebabnya, BU disebut organisasi sosial dan perintis pergerakan nasional. 

Adapun bidang gerak BU ialah sosial, ekonomi, dan kebudayaan. Ini tercermin dari tujuan yang akan dicapai oleh BU tersebut. Tujuan BU ialah kemajuan bagi Hindia atau kemajuan yang serasi bagi nusa bangsa. 

Tujuan tersebut akan dicapai melalui usaha, antara lain, memajukan pendidikan, metode industri, pertanian, peternakan dan perdagangan, serta menghidupkan kembali kebudayaan sendiri. 

BU berasaskan kooperatif, moderat, dan tidak berpolitik. Keanggotaan BU tidak terbatas pada Jawa, Madura, dan umumnya pelajar dan priyayi. Pada tanggal 5 Oktober 1908, BU mengadakan Kongres I di Yogyakarta dan menghasilkan hal-hal diberikut.

a. BU tidak berpolitik.
b. Kegiatan BU ditujukan pada bidang sosial, budaya, dan pendidikan.
c. Ruang gerak BU terbatas pada Jawa dan Madura.
d. Tirto Kusumo, Bupati Karanganyar, dipilih sebagai ketua BU pusat.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Tokoh Atau Pendiri Serta Tanggal Berdirinya Organisasi Akal Utomo Pada Masa Perkembangan Pergerakan Nasional Kebangsaan Di Indonesia"