Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengidentifikasi Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri Dan Macam-Macam Jenis Jamur (Fungi/Cendawan) Dan Khamir

Fungi dalam bahasa Indonesia disebut cendawan. Ciri-ciri cendawan secara umum ialah makhluk hidup eukariotik, heterotrofik (tidak mempunyai klorofil), memperoleh nutrisi melalui absorbsi dan energi simpanannya berupa glikogen.

Cendawan mempunyai struktur somatik bersel satu atau banyak (multi seluler), kebanyakan berupa hifa dengan komponen utama dinding selnya ialah zat kitin, serta berkembang biak secara seksual dan aseksual dengan membentuk spora.

Jamur (mushroom) ialah cendawan yang badan buahnya berukuran besar dan sebaliknya kapang (moulds) ialah cendawan yang berukuran renik.

Khamir (yeast) ialah cendawan bersel tunggal. Cendawan bukanlah tumbuhan atau hewan. 

Cendawan tidak mempunyai klorofil menyerupai tumbuhan sehingga tidak sanggup melaksanakan fotosintesis dan menyimpan karbohidratnya dalam bentuk glikogen bukan pati menyerupai pada tumbuhan. 

ciri cendawan secara umum ialah makhluk hidup eukariotik Mengidentifikasi Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri dan Macam-Macam Jenis Jamur (Fungi/Cendawan) dan Khamir
Macam-Macam Jenis Jamur
Cendawan tidak menelan dan mengunyah masakan menyerupai pada hewan, melainkan merombak makanannya di luar badan secara enzimatik dan diserap melalui hifa.

Cendawan termasuk makhluk hidup eukariotik sebab sudah mempunyai inti sel yang terbungkus membran. Hidupnya bersifat heterotrof dengan memakai materi organik yang sudah tersedia. 

Bahan organik yang dipakai sanggup berupa materi organik mati (saprotrof) atau materi organik hidup (simbiosis).

Cendawan yang melaksanakan simbioisis antagonistik sanggup menyebabkan penyakit parasitik yang merugikan makhluk hidup inangnya. 

Sebaliknya, cendawan yang membentuk simbiosis mutualistik menguntungkan baik inang maupun cendawannya itu sendiri. 

Inang untuk cendawan ialah tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme termasuk cendawan. Struktur somatik cendawan multi seluler tersusun atas benang-benang yang disebut hifa. 

Hifa ialah tabung-tabung kecil meliputi sitoplasma dan nukleus. Dinding sel hifa umunya tersusun atas kitin.

Kumpulan hifa akan membentuk jalinan yang disebut miselium. Beberapa jenis cendawan mempunyai hifa dengan sekat-sekat melintang yang dinamakan septa. 

Hifa yang mempunyai sekat dinamakan hifa bersekat atau bersepta. Adapun hifa yang tidak mempunyai sekat dinamakan asepta atau senositik Hifa senositik mempunyai banyak inti. 

Pada cendawan yang hidup sebagai benalu terdapat hifa yang mengalami modifikasi menjadi haustoria. 

Haustoria yaitu hifa yang berfungsi sebagai organ penyerap masakan atau melekat pada inang. Selain menyerap makanan, hifa sanggup berkembang membentuk struktur reproduksi.

Cendawan sanggup berproduksi secara aseksual dan seksual dengan membentuk spora. Terdapat majemuk spora aseksual yang dibuat oleh cendawan, antara lain ialah konidium (jamak: konidia), sporangiospora (spora) dan klamidospora.

Pembentukan spora seksual melibatkan proses perkawinan, kariogami dan meiosis. Ciri-ciri dari spora seksual dipakai dalam pengelompokan cendawan ke tingkat filum.

Berdasarkan perkembangan sistematika cendawan terkini yang memakai ciri-ciri menyerupai evolusi, ultrastruktur, biokimia dan molekuler untuk kriteria pembentukan takson maka kingdom (dunia) fungi ditata ulang. 

Cendawan yang lampaunya menempati satu kingdom yaitu fungi kini terpisah menjadi 3 kingdom. Ketiga kingdom ini ialah Chromista, Protoctista dan Fungi.

Kingdom chromista disebut cendawan tiruan atau pseudofungi, kingdom protoctista disebut cendawan protozoa dan kingdom fungi disebut cendawan sejati atau eufungi.

Berdasarkan ciri reproduksi sebagai pembeda utama, kingdom chromista atau cendawan tiruan dan kingdom fungi atau cendawan sejati dibagi dalam beberapa filum. 

Kingdom chromista terdiri dari 2 filum yaitu Hyphochytridiomycota dan Oomycota. Cendawan sejati terdiri atas 5 filum yaitu Chytridiomycota, Zygomycota, Ascomycota, Basidiomycota dan Deuteromycota.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Mengidentifikasi Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri Dan Macam-Macam Jenis Jamur (Fungi/Cendawan) Dan Khamir"