Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Atau Definisi Sistem Info Geografi (Sig)

Sistem Informasi Geografi, definisi Sistem Informasi Geografi, definisi sig, pengertian sig, pengertian sistem informasi geografi, pengertian sistem informasi geografi berdasarkan para ahli, sig, sig geografi, informasi geografi, geografi informasi sistem, sistem sig, geografi sig.


Pengertian Sistem Informasi Geografi (SIG)

Sistem Informasi Geografi (SIG) ialah sistem berbasis komputer yang dipakai untuk menyimpan, memanipulasi, dan menganalisis informasi geografi.

Yang tiruanla informasi permukaan bumi disajikan dalam bentuk peta yang dibentuk secara manual, maka dengan hadirnya Sistem Informasi Geografi (SIG) informasi-informasi itu diolah oleh komputer, dan jadinya berupa peta digital. 

Sistem Informasi Geogafi (SIG) bisa menyajikan keaslian dan kelengkapan sebuah informasi dibandingkan cara-cara yang dipakai sebelumnya.

Sistem informasi geografi menyimpan data sesuai dengan data aslinya. Walaupun demikian, semoga data yang disimpan itu akurat, maka data yang dimasukkan haruslah data yang akurat.

Sistem Informasi Geografi (SIG) akan mempersembahkan informasi yang kurang akurat bila data yang dimasukkan ialah data yang meragukan.

Selain berperan sebagai alat pengolah data keruangan, sistem informasi geografi juga bisa menyajikan informasi terkena sumber daya yang dimiliki oleh suatu ruang atau wilayah tertentu.

melaluiataubersamaini demikian, sistem informasi geografi tidak spesialuntuk befungsi sebagai “alat pembuat peta”, tetapi lebih jauh dari itu. 

Sistem informasi geografi bisa menghasilkan suatu sistem informasi yang aplikatif, yang sanggup dipakai oleh perencana atau oleh pengambil keputusan untuk kepentingan pengolahan sumber daya yang ada di suatu wilayah.

Kajian wacana pemetaan sangat penting dalam pelajaran Geografi, alasannya ialah kajian-kajiannya berkaitan dengan ruang di permukaan bumi akan berafiliasi dengan persebaran, jarak,letak, fungsi dan potensi, dan objek serta interaksi antarobjek di permukaan bumi sehingga objek-objek geografi perlu digambar pada bidang datar yang disebut peta. 

Perkembangan informasi akan data keruangan di periode kemajuan IPTEK ini semakin diperlukan alasannya ialah membutuhkan data yang akurat, praktis, dan efisien. melaluiataubersamaini demikian, muncullah apa yang dinamakan Sistem Informasi Geografi (SIG).

Istilah Sistem Informasi Geografi (SIG) banyak dipakai dan tidak absurd lagi di kalangan hebat geografi (geograf), yaitu proses pembuatan peta digital dengan memakai komputer. 

Namun, pada intinya, SIG tidak spesialuntuk dipakai untuk membuat peta saja, melainkan lebih dari itu, SIG dipakai dalam pengolahan data keruangan dengan memakai komputer.

Definisi SIG selalu berkembang, bertambah, dan bervariasi. Berikut ini ialah sebagian kecil definisi-definisi SIG yang sudah beredar di banyak sekali pustaka.

SIG ialah sistem komputer yang dipakai untuk memasukkan, menyimpan, memeriksa, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisis, dan menampilkan data-data yang berafiliasi dengan posisi-posisi di permukaan bumi (Rice, 20).
SIG ialah teknologi informasi yang cepat menganalisis, menyimpan, dan menampilkan, baik data Istimewa maupun nonspesial. SIG mengombinasikan kekuatan perangkat lunak basis data relasional dan paket perangkat lunak CAD (Guo 20).
SIG ialah sistem komputer yang dipakai untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berfungsi: a) Akuisi dan verifikasi data, b) kompilasi data, c) penyimpanan data, d) perubahan dan updating data, e) menyimpan dan pertukaran data, f) manipulasi data, g) pemanggilan dan presentasi data, dan h) analisis data. (Bern, 92).
 pengertian sistem informasi geografi berdasarkan para hebat Pengertian atau Definisi Sistem Informasi Geografi (SIG)
Bagan uraian subsistem SIG
Dilihat dari istilahnya, SIG terdiri atas dua pengertian, yaitu Sistem Informasi dan Informasi Geografi. Sistem informasi ialah keterpaduan kerja untuk mendapat informasi dalam pengambilan keputusan. 

Dalam sistem informasi terdapat komponen data, manusia, perangkat lunak (program komputer), perangkat keras (komputer), serta aktivitasnya dalam pengolahan dan analisis data untuk pengambilan keputusan. 

Adapun informasi geografis ialah kumpulan data atau fakta yang terkait dengan lokasi keruangan di permukaan bumi, yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan informasi gres yang bersifat geografis dan tidak sama dari sumber data awalnya dikala masih terpisah-pisah. 

Oleh alasannya ialah itu, SIG sebagai sistem informasi mempunyai komponen dan cara kerja tertentu (menangani dan menyimpan data yang meliputi informasi geografis). Adapun sebagai informasi geografis, SIG menyajikan fakta gres sebagai hasil upaya manipulasi data.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian Atau Definisi Sistem Info Geografi (Sig)"