Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bahasa Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kbbi) Dan Fungsi Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Bagi Insan Secara Umum

Berikut ini akan dibahas wacana pengertian bahasa, definisi bahasa, pengertian bahasa berdasarkan para ahli, arti bahasa, pengertian bahasa berdasarkan kbbi, pengertian bahasa secara umum, fungsi bahasa, fungsi bahasa secara umum, fungsi bahasa secara khusus, bahasa sebagai alat komunikasi, fungsi fungsi bahasa, fungsi bahasa sebagai alat komunikasi, fungsi bahasa dalam masyarakat, fungsi bahasa bagi manusia.

Pengertian dan Fungsi Bahasa

Dalam kehidupan sehari-hari, insan akan senantiasa diberinteraksi dengan insan lainnya dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Hal tersebut dilakukan alasannya adanya korelasi saling ketergantungan dan saling membutuhkan antarmanusia. 

Oleh alasannya itu, kedudukan insan dalam kehidupan sehari-hari selain sebagai makhluk individu juga sebagai makhluk sosial. 

Sebagai makhluk sosial, insan akan bergaul atau diberinteraksi dengan orang lain. melaluiataubersamaini kata lain, insan akan senantiasa berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain guna memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Proses komunikasi antarmanusia tersebut memerlukan masukana berupa bahasa. Sebelum ditemukan bahasa, insan berkomunikasi melalui alat atau masukana berupa gerak-gerik, menyerupai anggukan kepala, kedipan mata, gerakan tangan, dan bersiul. 

Selanjutnya, seiring dengan tingkat perkembangan peradaban, insan membuat bahasa berupa bunyi-bunyi tertentu yang keluar dari alat ucap insan dan melambangkan bunyi bunyi tertentu yang mempunyai arti serta makna tertentu. 

melaluiataubersamaini diciptakannya alat komunikasi berupa bahasa maka insan sanggup melaksanakan kontak-kontak sosial dengan insan lainnya secara lebih intensif dan efektif.

Pengertian Bahasa

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahasa yaitu sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang dipakai oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, diberinteraksi, dan mengidentifikasi diri.

Bahasa yang dipergunakan oleh kelompok-kelompok masyarakat dalam berkomunikasi mempunyai dua arti, yaitu bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat-alat ucap dan arti atau makna yang tersirat dalam bunyi bahasa. 

Bunyi bahasa yang disebut dengan arus ujaran tersebut ialah getaran yang merangsang alat indera pendengaran manusia, sedangkan arti atau makna yaitu isi yang terkandung di dalam bunyi bahasa yang diucapkan oleh insan tersebut. 

Setiap bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap insan belum sanggup dikategorikan sebagai bahasa apabila bunyi bahasa tersebut tidak mengandung suatu makna tertentu di dalamnya. 

Suatu arus ujaran dianggap mengandung suatu makna berdasarkan adanya konvensi dari kelompok masyarakat pemakai. 

Oleh alasannya itu, setiap kelompok masyarakat pemakai suatu bahasa sudah mempunyai komitmen atau konvensi terkena struktur bunyi ujaran tertentu yang mempunyai arti yang tertentu. 

melaluiataubersamaini demikian, di dalam setiap kelompok masyarakat bahasa akan terhimpun majemuk susunan bunyi yang tidak sama dengan yang lain yang mengandung arti serta makna yang tidak sama-beda. 

Selanjutnya, hasil proses pembentukan bunyi bahasa yang sudah mengandung arti serta makna tertentu tersebut membentuk perbendaharaan kata dari suatu bahasa di dalam masyarakat pemakainya.

Fungsi Bahasa

Berdasarkan pembahasan wacana pengertian bahasa di atas, sanggup disimpulkan bahwa fungsi bahasa yaitu sebagai alat komunikasi atau alat perhubungan antaranggota-anggota masyarakat yang diadakan dengan mempergunakan bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. 

Oleh alasannya itu, meskipun komunikasi antaranggota masyarakat sanggup mengambil bentuk-bentuk lain, berupa isyaratisyarat, bunyi lonceng, peluit, dan terompet, akan tetapi banyak sekali macam alat komunikasi
tersebut tidak sanggup disebut sebagai bahasa.

Bahasa yaitu alat komunikasi yang khusus dilakukan oleh insan dengan mempergunakan masukana berupa alat ucap manusia.

Bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi yang paling efektif dipakai oleh banyak sekali anggota masyarakat. Selanjutnya, fungsi umum bahasa tersebut sanggup dijabarkan menjadi, antara lain sebagai diberikut.
  1. Untuk tujuan praktis, yaitu sebagai masukana berkomunikasi dalam pergaulan sehari-hari.
  2. Untuk tujuan artistik, yaitu mengolah dan mempergunakan bahasa dengan cara seindah-indahnya guna pemuasan rasa estetis insan dalam kesusastraan dan seni.
  3. Sebagai masukana untuk menyebarkan bidang ilmu.
  4. Tujuan filologis, yakni untuk mempelajari manuskrip yang meliputi latar belakang sejarah manusia, sejarah kebudayaan, dan adat istiadat serta untuk mengetahui sejarah perkembangan suatu bahasa.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian Bahasa Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kbbi) Dan Fungsi Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Bagi Insan Secara Umum"