Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Jenis-Jenis, Penggolongan Dan Bentuk-Bentuk Akun Dan Buku Besar Dalam Akuntansi Perusahaan Beserta Fungsinya

Berikut ini akan dibahas terkena akun, teladan buku besar akuntansi, pengertian akun, pengertian buku besar, jenis-jenis akun, buku besar, buku besar akuntansi, teladan buku besar, teladan buku kas, teladan neraca saldo, fungsi buku besar, teladan buku besar dalam akuntansi, fungsi buku besar pemmenolong, akun dalam akuntansi, pengertian buku besar pemmenolong, penggolongan akun, pengertian buku besar dalam akuntansi, akuntansi buku besar, akun neraca, akun riil, akun keuntungan rugi, akun nominal, bentuk-bentuk akun.

Pengertian Akun, Buku Besar dan Jenis-jenis Akun dalam Perusahaan

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan terkena persamaan dasar akuntansi dan imbas transaksi terhadap unsur-unsur persamaan dasar akuntansi. 

Dalam praktiknya, pencatatan transaksi bisnis atau transaksi keuangan tidaklah dilakukan dalam bentuk ibarat yang sudah diuraikan pada belahan sebelumnya, alasannya ialah hal ini tidak simpel dan tidak akan memadai bagi perusahaan yang transaksi bisnisnya menjadi sangat kompleks.

Dalam pencatatan transaksi bisnis perusahaan diharapkan catatan akuntansi. Dalam catatan akuntansi ini diharapkan suatu alat pencatatan yang ialah belahan dari suatu sistem akuntansi. 

Untuk membuat suatu sistem akuntansi yang sanggup dicatat secara sempurna dan lengkap yang disebut dengan akun atau sering juga disebut dengan rekening.

Akun atau rekening ialah suatu alat untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan yang bersangkutan dengan aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan beban perusahaan.

misal: (1) yang tergolong dalam aset ialah akun kas, akun perlengkapan, akun piutang usaha, akun tanah, (2) yang tergolong dalam akun kewajiban ialah akun utang usaha, utang wesel, utang penghasilan, (3) yang termasuk kelompok ekuitas ialah akun modal pemilik.

Tujuan penerapan akun ialah untuk mencatat data yang akan menjadi dasar penyusunan laporan keuangan. Akun mempersembahkan informasi ihwal operasi perusahaan dari waktu ke waktu. 

Misalnya, dari akun, kita sanggup mengetahui jumlah tagihan perusahaan kepada pelanggannya, jumlah kewajiban perusahaan kepada krediturnya, harga beli Aset tetap perusahaan, besarnya pendapatan perusahaan, dan lain-lain. 

melaluiataubersamaini memakai akun, maka transaksi-transaksi yang terjadi dalam perusahaan sanggup dicatat secara sempurna dan lengkap.
Kumpulan akun yang dipakai dalam catatan akuntansi perusahaan disebut buku besar atau ledger. Buku besar sanggup berupa sebuah buku yang halamannya berfungsi sebagai akun atau berupa kumpulan kartu. 

Akun akan disusun menurut urutan tertentu, yakni akun untuk neraca disusun paling depan, kemudian akun dalam laporan keuntungan rugi.

Secara garis besar, akun dibagi atas 2 (dua) golongan yaitu:

1. Akun neraca atau disebut juga akun riil, yakni akun yang pada final periode akan dilaporkan di dalam neraca. Yang termasuk dalam akun neraca ini ialah akun-akun Aset, akun-akun kewajiban, dan akun ekuitas

2. Akun keuntungan rugi, disebut juga akun nominal, yakni akun yang pada final periode akan dilaporkan dalam laporan keuntungan rugi. Akun-akun ini mencakup akun pendapatan dan akun-akun beban.

Ilustrasi dibawah ini membuktikan penggolongan akun yang biasa terjadi di perusahaan.

Ilustrasi 1 : Penggolongan Akun

 Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan terkena persamaan dasar akuntansi dan imbas  Pengertian, Jenis-Jenis, Penggolongan dan Bentuk-Bentuk Akun dan Buku Besar Dalam Akuntansi Perusahaan Beserta Fungsinya

Bentuk-bentuk Akun

Dalam praktik dikenal banyak sekali macam bentuk akun, namun bentuk yang paling banyak dipakai dan paling sederhana ialah bentuk akun aksara T. 

Akun ini terdiri atas 3 (tiga) bagian, yaitu judul atau nama akun dan 2 (dua) sisi, yaitu sisi kiri yang disebut sisi debit dan sisi kanan yang disebut sisi kredit. 

Kedua ruang (sisi) ini untuk mencatat peningkatan jumlah pos atau item yang bersangkutan serta untuk mencatat penurunan jumlah pos bersangkutan. Ilustrasi dibawah ini menawarkan bentuk akun dengan aksara T secara sederhana.

Ilustrasi 2 : Bentuk Akun Huruf T secara Sederhana

 Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan terkena persamaan dasar akuntansi dan imbas  Pengertian, Jenis-Jenis, Penggolongan dan Bentuk-Bentuk Akun dan Buku Besar Dalam Akuntansi Perusahaan Beserta Fungsinya
Nilai transaksi yang dicatat di sisi kiri sebuah akun, tanpa melihat nama akunnya, disebut mendebit akun, sedangkan apabila nilai transaksi dicatat di sebelah kanan disebut mengkredit akun.

Secara lebih lengkap bentuk akun T sanggup ditunjukkan pada ilustrasi 3.

Ilustrasi 3 : Bentuk Akun Huruf T yang Lengkap

 Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan terkena persamaan dasar akuntansi dan imbas  Pengertian, Jenis-Jenis, Penggolongan dan Bentuk-Bentuk Akun dan Buku Besar Dalam Akuntansi Perusahaan Beserta Fungsinya
Nama akun diletakkan di atas dan dituliskan di tengah-tengah. Kolom tanggal dipakai untuk mencatat tanggal transaksi terjadi, sedangkan kolom keterangan dipakai untuk mencatat keterangan yang berafiliasi dengan transaksi yang dicatat. 

Penggunaan kolom F, berkaitan dengan penerapan buku jurnal, diisi dengan halaman jurnal, pada ketika melaksanakan posting ke buku besar atas pencatatan transaksi di buku jurnal. 

melaluiataubersamaini kata lain, kolom F diisi untuk melaksanakan cek silang dengan halaman buku jurnal untuk melihat keabsahan pencatatan suatu transaksi atau terjadinya suatu akun.

Ilustrasi 4 ialah teladan akun kas yang dipakai oleh perusahaan Widya Jasa Karya untuk mencatat transaksi yang berkaitan dengan kas pada bulan Oktober 2006.

Ilustrasi 4: misal Pencatatan Transaksi dalam Akun Kas

 Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan terkena persamaan dasar akuntansi dan imbas  Pengertian, Jenis-Jenis, Penggolongan dan Bentuk-Bentuk Akun dan Buku Besar Dalam Akuntansi Perusahaan Beserta Fungsinya
Demikianlah pembahasan kita terkena bahan laporan keuangan akuntansi pada peluang kali ini, agar dengan mempelajari artikel ini sanggup menambah wawasan pengetahuan kita ihwal akuntansi.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian, Jenis-Jenis, Penggolongan Dan Bentuk-Bentuk Akun Dan Buku Besar Dalam Akuntansi Perusahaan Beserta Fungsinya"