Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi Galileo Galilei : Peletak Dasar-Dasar Ilmu Mekanika Dan Astronomi Modern

Ilmuwan besar Itali ini mungkin lebih bertanggung balasan terhadap perkembangan metode ilmiah dari siapa pun juga.Galileo lahir di Pisa, tahun 1564. Semasa muda berguru di Universitas Pisa tetapi terhenti sebab urusan keuangan. 

Meski begitu tahun 1589 ia malah menjadi dosen di universitas itu. Beberapa tahun kemudian ia bergabung dengan Universitas Padua dan menetap di sana hingga tahun 1610. Dalam masa inilah ia membuat tumpukan penemuan-penemuan ilmiah.

Sumbangan penting pertamanya di bidang mekanika. Aristoteles mengajarkan, benda yang lebih berat jatuh lebih cepat ketimbang benda yang lebih enteng, dan secara turun menurun kaum cendikiawan menelan pendapat filosof Yunani ini. 

 Ilmuwan besar Itali ini mungkin lebih bertanggung balasan terhadap perkembangan metode ilmi Biografi Galileo Galilei : Peletak Dasar-Dasar Ilmu Mekanika dan Astronomi Modern

Tetapi, Galileo memutuskan mencoba dulu benar-tidaknya, dan lewat serentetan eksperimen ia berkesimpulan bahwa Aristoteles keliru. 

Yang benar adalah, baik benda berat maupun enteng jatuh pada kecepatan yang sama kecuali hingga batas mereka berkurang kecepatannya akhir pergeseran udara. 

Mengetahui hal ini, Galileo mengambil langkah-langkah lebih lanjut.melaluiataubersamaini hati-hati ia mengukur jarak jatuhnya benda pada ketika yang ditentukan dan menerima bukti bahwa jarak yang dilalui oleh benda yang jatuh ialah berbanding lurus dengan jumlah kuadrat waktu jatuhnya benda. 

Penemuan ini (yang berarti penyeragaman percepatan) mempunyai arti penting tersendiri. Bahkan lebih penting lagi Galileo berkemampuan menghimpun hasil penemuannya dengan formula matematik.

Penggunaan yang luas formula matematik, sedangkan metode matematik ialah sifat penting dari ilmu pengetahuan modern.

Sumbangan besar Galileo lainnya ialah penemuannya terkena aturan kelabubanan. Sebelumnya, orang percaya bahwa benda bergerak dengan sendirinya cenderung menjadi makin pelan dan sepenuhnya berhenti bila saja tidak ada tenaga yang menambah kekuatan supaya terus bergerak.

Tetapi percobaan-percobaan Galileo mengambarkan bahwa anggapan itu keliru. Bilamana kekuatan melambat menyerupai contohnya pergeseran, sanggup dihilangkan, benda bergerak cenderung tetap bergerak tanpa batas.

Ini ialah prinsip penting yang sudah berulang kali ditegaskan oleh Newton dan digabungkan dengan sistemnya sendiri sebagai aturan gerak pertama salah satu prinsip vital dalam ilmu pengetahuan.

Penemuan Galileo yang paling masyhur ialah di bidang astronomi. Teori perbintangan di awal tahun 1600-an berada dalam situasi yang tak menentu. Terjadi selisih pendapat antara penganut teori Copernicus yang matahari-sentris dengan penganut teori yang lebih lama, yaitu bumi-sentris. 

Sekitar tahun 1609 Galileo menyatakan kepercayaannya bahwa Copernicus berada di pihak yang benar, tetapi waktu itu ia tidak tahu cara membuktikannya. Namun hal ini kemudian ia buktikan dengan serangkaian penelitian dan pengamatan terhadap benda-benda angkasa. 

Dilihatnya bulan itu tidaklah rata melainkan benjol-benjol, penuh kawah dan pegunungan-pegunungan.Benda-benda langit, kesimpulannya, tidaklah rata serta licin melainkan tak beraturan menyerupai halnya wajah bumi. 

Ditatapnya Bima Sakti dan tampak olehnya bahwa ia itu bukanlah semacam kabut samasekali melainkan terdiri dari sejumlah besar bintang-bintang yang dengan mata telanjang memang menyerupai teraduk dan membaur satu sama lain.

Kemudian diincarnya plguat-plguat dan tampaklah olehnya Saturnus bagaikan dilingkari gelang. Teleskopnya melirik Yupiter dan tahulah ia ada empat buah bulan berputar-putar mengelilingi planit itu. 

Di sini terang-benderanglah baginya bahwa benda-benda angkasa sanggup berputar mengitari sebuah plguat selain bumi. Keasyikannya menjadi-jadi: ditatapnya sang surya dan tampak olehnya ada bintik-bintik dalam wajahnya. 

Memang ada orang lain sebelumnya yang juga melihat bintik-bintik ini, tetapi Galileo menerbitkan hasil penemuannya dengan cara yang lebih efektif dan menempatkan persoalan bintik-bintik matahari itu menjadi perhatian dunia ilmu pengetahuan. 

Selanjutnya, penelitiannya beralih ke plguat Venus yang hal ini kemudian ialah cuilan dari bukti penting yang mengukuhkan teori Copernicus bahwa bumi dan tiruana plguat lainnya berputar mengelilingi matahari.

Penemuan teleskop dan serentetan inovasi ini melempar Galileo ke atas tangga kemasyhuran. Sementara itu, dukungannya terhadap teori Copernicus menjadikan ia berhadapan dengan kalangan gereja yang menentangnya habis-habisan. 

Perperihalan dari gereja ini mencapai puncaknya di tahun 1616: ia diperintahkan untuk menahan diri dari berbagi hipotesa Copernicus. 

Galileo merasa tertekan dengan pembatasan ini selama bertahun-tahun.Baru setelah Paus meninggal tahun 1623, ia digantikan oleh orang yang mengagumi Galileo. Tahun diberikutnya, Paus gres ini --Urban VIII-- memdiberi sinyal walau secara tak pribadi bahwa larangan buat Galileo dicabut.

Enam tahun diberikutnya Galileo menghabiskan waktu menyusun karya ilmiahnya yang penting Dialog Tentang Dua Sistem Penting Dunia. 

Buku ini ialah petunjuk jago hal-hal yang menyangkut sumbangan terhadap teori Copernicus dan buku ini diterbitkan tahun 1632 dengan ijin khusus dari gereja. 

Meskipun begitu, penguasa-penguasa gereja menanggapi dengan perilaku berang tatkala buku terbit dan Galileo pribadi diseret ke muka Pengadilan Agama di Roma dengan tuduhan melanggar larangan tahun 1616.

Galileo meninggal tahun 1642.Galileo, sanggup dianggap orang yang taat beragama. Lepas dari eksekusi yang dijatuhkan terhadap dirinya dan pengakuannya, ia tidak menolak baik agama maupun gereja.

Yang ditolaknya spesialuntuklah percobaan pembesar-pembesar gereja untuk menekan perjuangan penyelidikan ilmu pengetahuannya.

Generasi diberikutnya amat beralasan mengagumi Gahleo sebagai lambang pemberontak terhadap dogma dan terhadap kekuasaan diktatorial yang mencoba membelenggu kemerdekaan berfikir.

Arti pentingnya yang lebih menonjol lagi ialah peranan yang dimainkannya dalam hal meletakkan dasar-dasar metode ilmu pengetahuan modern.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Biografi Galileo Galilei : Peletak Dasar-Dasar Ilmu Mekanika Dan Astronomi Modern"