Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Macam-Macam Manfaat Dan Laba Serta Faktor-Faktor Pendorong Terjadinya Bisnis Atau Perdagangan Internasional

Berikut ini akan dijelaskan wacana perdagangan internasional, pengertian perdagangan internasional, pengertian bisnis internasional, perdagangan luar negeri, artikel perdagangan internasional, kebijakan perdagangan internasional, manfaat perdagangan internasional, laba perdagangan internasional, manfaat kerjasama ekonomi internasional, perdagangan antar negara, manfaat bisnis internasional, faktor perdagangan internasional, faktor-faktor pendorong perdagangan internasional, faktor terjadinya perdagangan internasional, macam-macam perdagangan internasional, jenis-jenis perdagangan internasional.

PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Pengertian Perdagangan Internasional

Perdagangan ialah acara tukar-menukar barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan bersama.
Perdagangan Internasional yaitu suatu acara tukar-menukar barang atau jasa yang didasarkan atas kehendak sukarela yang dilakukan antara dua negara atau lebih untuk memenuhi kebutuhan bersama melalui acara ekspor dan impor.
Dari acara ekspor impor tersebut sanggup terjadi tiga kemungkinan yaitu :
  • Jumlah ekspor lebih besar daripada impor.
  • Jumlah ekspor lebih kecil daripada impor.
  • Jumlah ekspor setara dengan jumlah impor.

Manfaat Perdagangan Internasional

Dalam abad globalisasi dari perdagangan bebas ini tidak satu pun negara yang hidup terisolasi tanpa mempunyai relasi ekonomi dengan negara lain. 

melaluiataubersamaini demikian perdagangan internasional yaitu ialah suatu kebutuhan yang harus di penuhi oleh setiap negara.

Perdagangan Internasional akan mempersembahkan beberapa manfaat sebagai diberikut.
  1. Meningkatkan pendapatan negara, dengan adanya ekspor barang atau jasa maka akan memperoleh devisa, devisa ialah sumber pendapatan negara.
  2. Memperluas lapangan pekerjaan, dengan adanya ekspor akan meningkatkan produksi dalam negeri, dan membuka peluang kerja baru.
  3. Mencukupi kebutuhan (barang dan jasa) yang belum/tidak sanggup dipenuhi di dalam negeri. melaluiataubersamaini adanya impor barang atau jasa, maka akan sanggup memenuhi kebutuhan di dalam negeri.
  4. Menjaga stabilitas harga dalam negeri. Kurangya produk dalam negeri akan menimbulkan naiknya harga produk, hal ini (naiknya harga) bisa ditekan dengan adanya impor dari negara lain.
  5. Adanya alih teknologi, tidak tiruana negara bisa memproduksi produknya alasannya keterbatasan teknologi yang dimiliki. melaluiataubersamaini adanya perdagangan internasional keterbatasan teknologi tersebut sanggup diatasi.
  6. Mendorong pertumbuhan/perkembangan dunia usaha. Adanya ekspor barang atau jasa akan menambah jumlah produk yang harus dihasilkan oleh perusahaan dunia perjuangan dalam negeri, ini berarti mendorong dunia perjuangan dalam negeri sebaliknya adanya impor (misal materi baku) akan menggairahkan juga dunia perjuangan dalam negeri.

Faktor-Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

Beberapa hal yang mendorong terjadinya perdagangan internasional, sebagai diberikut.

a. Terwujudnya kemakmuran bagi masyarakat.

Adanya acara ekspor, impor diarahkan untuk sanggup meningkatkan masyarakat, sehingga terciptalah kemakmuran bagi masyarakat. Kegiatan ekspor tetap ditingkatkan.

b. Perbedaan sumber daya alam.

Perbedaan sumber daya alam contohnya Indonesia kaya karet, kopi, teh, beras dan lain-lain. Negara lain contohnya Jepang punya kendaraan beroda empat Toyota, oleh alasannya masing-masing saling membutuhkan barang-barang tersebut maka terjadilah perdagangan internasional.

c. Adanya Spesifikasi

Adanya spesifikasi memungkinkan lebih efisiennya biaya produk, sehingga harga lebih murah walaupun suatu negara sanggup menghasilkan sendiri, tetapi alasannya negara lain dipandang lebih murah maka hal ini sanggup menimbulkan terjadinya perdagangan internasional.

d. Selera

Karena masyarakat Indonesia menginginkan (berselera) terhadap apel Amerika Serikat maka mengimpornya, padahal pemerintah Indonesia bisa menghasilkan buah-buahan. Demikian pula sebaliknya bagi masyarakat di luar negeri yang menginginkan/membutuhkan barang dari Indonesia.

e. Perbedaan Teknologi

Banyak negara yang sudah mempunyai teknologi canggih, sebaliknya juga tidak jarang yang teknologinya rendah. Perbedaan teknologi yang dimiliki suatu negara akan mendorong terjadinya perdagangan internasional.

Macam-Macam Perdagangan Internasional

Bilamana dilihat dari kawasan-kawasan atau negara-negara yang terlibat dalam perdagangan internasional, maka perdagangan internasional sanggup dibedakan menjadi 3 yaitu:
  1. Perdagangan Bilateral, Adalah perdagangan yang dilakukan antardua negara.
  2. Perdagangan Regional, Adalah perdagangan yang dilakukan oleh negara-negara yang berada dalam satu tempat tertentu, contohnya negara-negara ASEAN.
  3. Perdagangan Multilateral, Adalah perdagangan yang dilakukan oleh lebih dari dua negara yang tidak terbatas pada tempat tertentu.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian, Macam-Macam Manfaat Dan Laba Serta Faktor-Faktor Pendorong Terjadinya Bisnis Atau Perdagangan Internasional"