Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Respon Imunitas Humoral, Struktur Antibodi Dan Penyebab Alergi Dalam Sistem Kekebalan Atau Pertahanan Badan Insan

Berikut ini akan kita bahas terkena sistem kekebalan tubuh, imunitas humoral, respon imun, kekebalan humoral, kekebalan tubuh, antibodi, sistem pertahanan tubuh, sistem imun pada manusia, respon imun humoral, prosedur respon imun, sistem kekebalan badan manusia, sistem imunitas badan manusia, sistem imun humoral, struktur antibodi, alergi, pengertian alergi, penyebab alergi.

Respon Imunitas Humoral


Respons imunitas humoral ialah respons imun dari badan yang terjadi setelah distributor yang masuk ke dalam tubuh.

Makrofag akan memakan antigen dan dibawa untuk dikenali oleh sel T pemmenolong. Adanya antigen ini memicu sel T pemmenolong (penolong) mensekresikan molekul yang disebut interleukin. 

Interleukin yaitu molekul yang mengaktifkan limfosit B untuk mengikat antigen. Kemudian, sel B mensekresikan antibodi. Antibodi berfungsi mengikat antigen dan menghancurkannya.

Struktur Antibodi

Antibodi ialah suatu protein yang mempunyai bentuk menyerupai karakter Y, dan disebut imunoglobin (Ig). Imunoglobin ini spesialuntuk diproduksi oleh sel B. 

Imunoglobin yang berbentuk karakter Y ini, pada ujung percabangannya bertugas mengikat antigen; dan dasar karakter Y yang memilih bagaimana antibodi menghancurkan antigen tersebut. Jenis-jenis antibodi yaitu Ig M, Ig A, Ig D, dan Ig E.

Pengeluaran Antibodi

Bagaimanakah antibodi dikeluarkan oleh tubuh? Langkah pertama yaitu penelanan antigen yang masuk ke dalam badan oleh sel-sel fagosit (makrofag), selanjutnya dengan suatu cara tertentu sel-sel fagosit diberinteraksi dengan limfosit . 

Terkadang sebelum antigen masuk, badan sudah mempunyai limfosit yang bisa mengenali antigen tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan adanya proses fagositosis. 

melaluiataubersamaini adanya fagositosis maka limfosit akan menyatu dengan antigen. Menyatunya antigen dengan limfosit terjadi di reseptor di permukaan sel yang identik hingga kesannya antibodi dikeluarkan. 

Sekali antigen menempel pada reseptor limfosit yang sesuai akan merangsang limfosit menghasilkan limfoblas dan kesannya menjelma sel-sel plasma. Sel-sel plasma inilah yang akan menghasilkan antibodi.

Alergi dan Penyebabnya

Tahukah engkau apa yang dimaksud dengan alergi? misalnya, apabila engkau makan tiram maka timbul gatal-gatal pada kulitmu. Respon ini ialah respon imun yang disebut alergi. 

Dalam insiden alergi limfosit T sangat berperan, selain itu antibodi juga berperan. Apabila orang terkena suatu alergen, antibodi IgE akan merangsang sel mast mengeluarkan histamin. 

Karena dampak histamine ini, maka orang akan merasa gatal-gatal, kulit melepuh, kulit merah-merah, bersin-bersin, dan mata bengkak. 

Untuk meentengkan penderitaan ini, biasanya akan didiberi antihistamin untuk menghalangi imbas histamin.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian Respon Imunitas Humoral, Struktur Antibodi Dan Penyebab Alergi Dalam Sistem Kekebalan Atau Pertahanan Badan Insan"