Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persebaran Komunitas Fauna Di Dunia Kawasan Padang Rumput, Gurun, Laut, Tundra, Hutan Basah, Hutan Gugur Dan Kawasan Taiga

Berikut ini akan dijelaskan wacana persebaran tanaman dan fauna, persebaran tanaman fauna di dunia, persebaran komunitas fauna di dunia, persebaran fauna di dunia, persebaran fauna, fauna di indonesia, persebaran fauna di indonesia, jenis fauna, faktor persebaran fauna, fauna di kawasan gurun, fauna padang rumput, fauna di kawasan tundra, fauna hutan basah, dan fauna hutan gugur.

Persebaran Komunitas Fauna di Dunia

Keadaan fauna di tiap-tiap kawasan (bioma) tergantung pada kemungkinan-kemungkinan yang sanggup didiberikan kawasan itu untuk memdiberi makanan.

Secara eksklusif atau tidak, iklim sangat besar lengan berkuasa pula pada penyebaran fauna. Keadaan iklim sangat besar lengan berkuasa terhadap keadaan dunia tumbuhtumbuhan, sedangkan keadaan tumbuh-tumbuhan mempengaruhi adanya jenis-jenis fauna tertentu.

Akibat efek iklim terdapatlah fauna pepegununganan, fauna dataran rendah, fauna padang rumput (sabana), fauna hutan tropis, dan lain sebagainya.

a. Fauna di Daerah Padang Rumput

Di kawasan padang rumput lebih banyak terdapat spesies-spesies binatang jikalau dibandingkan dengan habitat darat lainnya. 

Hewan pemakan rumput yang besar-besar, contohnya zebra di Afrika, kanguru di Australia, dan bison di Amerika ialah konsumen primer di padang rumput. 

Predator yang terdapat di padang rumput ibarat singa dan anjing liar memangsa herbivora besar, sedangkan ular memangsa herbivor kecil. 

Selain vertebrata herbivor, di padang rumput banyak juga terdapat insekta, contohnya belalang dan capung.

b. Fauna di Daerah Gurun

Hewan-hewan kecil di kawasan gurun hidup dalam lubang. Hewanhewan itu akan keluar untuk mencari mangsa pada pagi atau malam hari. 
 Berikut ini akan dijelaskan wacana persebaran tanaman dan fauna Persebaran Komunitas Fauna di Dunia Daerah Padang Rumput, Gurun, Laut, Tundra, Hutan Basah, Hutan Gugur dan Daerah Taiga
Unta ialah binatang yang memiliki cadangan air,
berupa lemak di punuknya sehingga tahan hidup di kawasan gurun
Hewan-hewan gurun menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang gerah dan gersang. Mamalia besar jarang yang bisa hidup di kawasan gurun. 

Hewan besar sukar menyesuaikan diri terhadap suhu tinggi dan ketiadaan air. Satu di antara jenis binatang besar yang bisa bertahan hidup dengan baik di kawasan gerah yaitu unta. Jenis binatang yang banyak terdapat di gurun yaitu ular, rodentia, dan kadal.

c. Fauna di Laut dan Arktik

Fauna di maritim dikategorikan dalam 5 kawasan sebagai diberikut.

1) Zona litoral, yaitu serpihan cekungan lautan yang terletak di antara pasang surut dan pasang naik. Kebanyakan organisme yang hidup, yaitu bentos.

2) Zona neritik, yaitu kawasan yang masih sanggup ditembus cahaya matahari hingga ke dasarnya. Di kawasan ini plankton, nekton, dan binatang karang sanggup hidup dengan baik.

3) Di sepanjang pantai kepulauan banyak jenis ikan tongkol, tengiri, kakap, gembung, layang, dan teri. Di samping itu juga terdapat penyu dan gurita.

4) Di Samudera Pasifik dan Atlantik (laut dalam), yang banyak planktonnya terdapat ikan hiu dan ikan paus.

5) Di kawasan Arktik, terdapat fauna berbulu tebal ibarat beruang kutub, rusa kutub, anjing laut, dan pinguin.

d. Fauna di Daerah Tundra

Urutan bioma dari kawasan ekuator ke kutub, sama dengan urutan bioma dari daratan di kawasan ekuator ke arah vertikal. Ke arah vertikal (meninggi), suhu dan curah hujan memilih komunitas. 

Urutan bioma dari suatu pegunungan tinggi yang terdapat di kawasan tropika yaitu hutan gugur, hutan konifer, tundra, dan lumut. Jumlah spesies makhluk hidup yang menetap di kawasan tundra sangat sedikit. 

Bahkan, lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah spesies yang hidup di gurun. Makin ke arah kutub dari kawasan tundra terdapat es. 

Di kawasan ini binatang yang sanggup hidup yaitu hewan-hewan ibarat walrus, seal, dan penguin yang berbulu tebal. 

Hewan mamalia lain yang sanggup hidup di tundra yaitu beruang kutub, kelinci kutub, dan lemur. Sementara jenis serangga sangat banyak, khususnya lalat yang telurnya tahan masbodoh dan telur-telur tersebut menetas pada ekspresi dominan gerah.

Beberapa binatang yang hidup di bioma tundra ada yang hidup menetap dan ada pula yang spesialuntuk hadir di kawasan itu pada ekspresi dominan gerah saja untuk bertelur. 

Hewan yang hidup menetap di kawasan ini, baik sejenis burung maupun mamalia, memiliki bulu atau rambut yang tebal. Bulu tebal ini berfungsi untuk melindungi tubuhnya dari suhu rendah. 

Untuk pemberian terhadap suhu rendah, hewan-hewan itu mengalami perubahan warna, yaitu menjadi putih pada ekspresi dominan dingin. 

Warna putih tersebut ialah warna pelindung di atas salju dan juga mengurangi kehilangan gerah oleh radiasi matahari. 

Herbivora yang besar, contohnya muskox dan reindeer, menerima cukup makanan, yaitu lumut dan lichenes.

e. Fauna di Daerah Hutan Basah

Hewan-hewan hutan lembap tropika yang sering kita jumpai yaitu babi hutan, kera, burung, kucing hutan, tupai, dan lain sebagainya.
 Berikut ini akan dijelaskan wacana persebaran tanaman dan fauna Persebaran Komunitas Fauna di Dunia Daerah Padang Rumput, Gurun, Laut, Tundra, Hutan Basah, Hutan Gugur dan Daerah Taiga
Beberapa teladan fauna di kawasan hutan basah
Apabila kita masuk hutan tropika yang petang pada siang hari, kita tidak menjumpai banyak hewan. Seakan-akan hutan tersebut tidak dihuni oleh hewan. 

Hal ini disebabkan lantaran petangnya dasar hutan dan binatang pada waktu siang banyak yang hidup di kawasan tudung. melaluiataubersamaini demikian, tidak terlihat dari bawah. Selain itu, banyak binatang di hutan tersebut yang beraktivitas di malam hari. 

Suatu teladan keadaan ekologi yang sama walaupun letak geografis wilayahnya berjauhan yaitu bahwa herbivor menjadi buruan dari karnivor. misal karnivor di kawasan Asia-Afrika yaitu macan tutul, sedangkan di Amerika yaitu jaguar.

f. Fauna di Daerah Hutan Gugur

Beberapa binatang yang hidup di kawasan hutan gugur yaitu beruang, rusa, racoon, tupai, rubah, dan burung pelatuk.

g. Fauna di Daerah Taiga

Kebanyakan burung yang hidup di kawasan taiga yaitu burung yang bermigrasi ke selatan pada waktu ekspresi dominan gugur. 

Hewan yang khas terdapat di taiga yaitu moose. Ada juga binatang yang lain walaupun tidak banyak, ibarat beruang hutan, ajag, dan marten. Amati tabel persebaran flora-fauna di muka bumi diberikut ini!

Tabel Persebaran Flora dan Fauna di Muka Bumi
 Berikut ini akan dijelaskan wacana persebaran tanaman dan fauna Persebaran Komunitas Fauna di Dunia Daerah Padang Rumput, Gurun, Laut, Tundra, Hutan Basah, Hutan Gugur dan Daerah Taiga

Demikianlah pembahasan kita pada kali ini wacana persebaran komunitas fauna di dunia. Semoga setelah membaca artikel ini sanggup menambah wawasan dan pengetahuan anda tiruana.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Persebaran Komunitas Fauna Di Dunia Kawasan Padang Rumput, Gurun, Laut, Tundra, Hutan Basah, Hutan Gugur Dan Kawasan Taiga"