Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persebaran Komunitas Tanaman Di Dunia Menurut Jenis Padang Rumput, Gurun, Tundra, Hutan Tropis, Hutan Gugur Dan Taiga

Berikut ini akan dijelaskan tentang persebaran tumbuhan dan fauna di dunia, persebaran tumbuhan dan fauna, persebaran komunitas tumbuhan di dunia, persebaran tumbuhan di dunia, tumbuhan peralihan, persebaran tumbuhan di dunia, padang rumput, macam-macam padang rumput, jenis jenis padang rumput, tundra, praire, steppa, gurun, tundra, hutan tropis, hutan gugur, taiga.

Persebaran Komunitas Flora di Dunia

C. Hart Meeriem, seorang peneliti biologi alam pada tahun 1889, mengemukakan model persebaran tumbuhan berdasar variasi ketinggian pada Gunung San Fransisco dari kaki hingga puncaknya. 

Model tersebut ternyata sejalan dengan pola persebaran tumbuhan dari garis tropis ekuator hingga ke arah utara maupun selatan. 

Karena temperatur berubah sesuai dengan ketinggian sebagaimana pula garis lintang (latitude) selatan dan utara maka Meeriem berkesimpulan bahwa tipe tumbuhan pada suatu kawasan dipengaruhi oleh temperatur. 

Kemudian sanggup dibuktikan bahwa faktor kelembapan ternyata lebih berperan daripada faktor temperatur. Curah hujan yang tinggi diperlukan untuk mendukung pertumbuhan tumbuhan besar. 

Sebaliknya, semakin kita bergerak ke kawasan dengan curah hujan rendah tumbuhan akan didominasi oleh tumbuhan kecil, belukar, padang rumput, dan risikonya kaktus atau tumbuhan padang pasir lainnya.
 Berikut ini akan dijelaskan tentang persebaran tumbuhan dan fauna di dunia Persebaran Komunitas Flora di Dunia Berdasarkan Jenis Padang Rumput, Gurun, Tundra, Hutan Tropis, Hutan Gugur dan Taiga
Gambar diatas ialah denah sederhana bulat hidup vegetasi yang utama, tersebar sepanjang adanya perubahan letak lintang dan perubahan tingkat kekeenteng.

Komunitas organisme tumbuhan di dunia sanggup dibagi menjadi tiga macam yang utama. Berikut akan diuraikan macam komunitas organisme tumbuhan menurut perubahan naik garis lintang (yang berarti pula penurunan temperaturnya) dalam pinjaman mintakat (zona) temperatur.

Macam tumbuhan tersebar sepanjang perubahan kekeenteng atau penurunan kelembapan. Tiga macam komunitas tumbuhan tersebut sebagai diberikut.

a. Hutan, tumbuhan utama berupa pohon-pohon besar.
b. Padang rumput, tumbuhan utama ialah rumput.
c. Gurun, tumbuhan utama dan kondisi iklimnya.

Setiap jenis komunitas tumbuhan tersebut, dibagi lagi menjadi beberapa jenis komunitas. Berikut disajikan jenis komunitas, pertolongannya, dan kondisi iklimnya.

Tabel Komunitas Tumbuhan dan Kondisi Iklimnya
 Berikut ini akan dijelaskan tentang persebaran tumbuhan dan fauna di dunia Persebaran Komunitas Flora di Dunia Berdasarkan Jenis Padang Rumput, Gurun, Tundra, Hutan Tropis, Hutan Gugur dan Taiga

a. Padang Rumput

Daerah padang rumput ini terbentang dari kawasan tropika hingga ke kawasan subtropika. Curah hujan di kawasan padang rumput pada umumnya antara 250 - 500 mm/tahun. Pada beberapa padang rumput, curah hujan itu sanggup mencapai 1.000 mm, tetapi turunnya hujan tidak teratur.

Hujan yang tidak teratur dan porositas yang rendah mengakibatkan tumbuhan susah untuk mengambil air. Tumbuhan yang sanggup menyesuaikan diri terhadap keadaan lingkungan menyerupai itu ialah rumput. 

Daerah padang rumput yang relatif basah, menyerupai terdapat di Amerika Utara, rumputnya sanggup mencapai tiga meter, contohnya rumput-rumput bluestem dan indian grasses, sedangkan kawasan padang rumput yang kering mempunyai rumput yang pendek. contohnya ialah rumput buffalo grasses dan rumput grama.

Padang rumput terdiri atas beberapa macam menyerupai diberikut.
  1. Tundra terdapat di kawasan bersuhu cuek dan curah hujan rendah. Kondisi menyerupai ini mengakibatkan jenis tumbuhan yang ada ialah rumput-rumput kerdil.
  2. Praire terdapat di kawasan dengan curah hujan yang diberimbang dengan animo gerah. Rumput di praire lebih tinggi dibandingkan rumput tundra.
  3. Steppa terdapat di kawasan dengan curah hujan tinggi. Daerah steppa umumnya terdiri atas rumput-rumput pendek dan diselingi oleh semak belukar.
Tumbuhan yang sanggup tahan hidup di kawasan savana ialah jenis tumbuhan yang tahan terhadap kelembapan rendah. Biasanya, berupa rumput-rumput tinggi diselingi semak belukar dan pohon-pohon tinggi.

Savana terdiri atas sebagai diberikut.

1) Belukar tropik: tumbuh berjenis-jenis semak, pada animo hujan tumbuh dengan gampang.
2) Hutan sabana: tumbuh dengan sistem menjalar dan menutupi tanah, pohon tinggi jarang.
3) Sabana: padang rumput yang diselingi oleh pohon-pohon tinggi.
4) Semi Arid: kawasan yang jarang hujan sehingga ditumbuhi oleh semak-semak yang tahan gerah.

b. Gurun

Pada umumnya, tumbuhan yang hidup di gurun berdaun kecil menyerupai duri atau tidak berdaun. Tumbuhan tersebut berakar panjang sehingga sanggup mengambil air dari tempat yang dalam dan sanggup menyimpan air dalam jaenteng spon.

Daerah gurun banyak terdapat di kawasan tropis dan berbatasan dengan padang rumput. Keadaan alam dari padang rumput ke arah gurun biasanya makin jauh makin gersang. 

Curah hujan di gurun ialah rendah, yaitu sekitar 250 mm/tahun atau kurang. Hujan lebat jarang terjadi dan tidak teratur. 

Pancaran matahari sangat terik dan penguapan tinggi sehingga suhu siang hari sangat gerah. Pada animo gerah, suhu sanggup lebih dari 40ºC. 

Perbedaan suhu siang dan malam hari (amplitudo harian) sangat besar. Tumbuhan yang hidup menahun di gurun ialah tumbuhan yang sanggup mengikuti keadaan terhadap belum sempurnanya air dan penguapan yang cepat.

Apabila hujan turun, tumbuhan di gurun segera tumbuh, berbunga, dan berbuah dengan cepat. Hal ini sanggup terjadi dalam beberapa hari saja sehabis hujan, tetapi sempat menghasilkan biji untuk berkembang lagi dalam animo diberikutnya.
 Berikut ini akan dijelaskan tentang persebaran tumbuhan dan fauna di dunia Persebaran Komunitas Flora di Dunia Berdasarkan Jenis Padang Rumput, Gurun, Tundra, Hutan Tropis, Hutan Gugur dan Taiga
Tumbuhan (tanda panah) tumbuh beberapa dikala pada animo hujan di kawasan gurun

c. Tundra

Daerah tundra spesialuntuk terdapat di belahan bumi utara dan kebanyakan terletak di kawasan lingkungan kutub utara. Daerah ini mempunyai animo cuek yang panjang serta petang dan animo gerah yang panjang serta terang terus menerus. 

Daerah tundra di kutub ini sanggup mengalami petang berbulan-bulan lantaran matahari spesialuntuk mencapai 231/2º LU/LS. Di kawasan tundra tidak ada pohon yang tinggi. 

Kalau ada pohon maka pohon itu terlihat pendek menyerupai semak. Di kawasan tundra ini banyak terdapat lumut, terutama spagnum dan lichenes (lumut kerak). 

Tumbuhan tiruansim di kawasan tundra biasanya berbunga dengan warna yang menyolok dengan masa pertumbuhan yang sangat pendek sehingga pada animo pertumbuhan, pemandangannya sangat indah. 

Tumbuhan di kawasan ini sanggup mengikuti keadaan terhadap keadaan cuek sehingga akan tetap hidup meskipun dalam keadaan beku.
 Berikut ini akan dijelaskan tentang persebaran tumbuhan dan fauna di dunia Persebaran Komunitas Flora di Dunia Berdasarkan Jenis Padang Rumput, Gurun, Tundra, Hutan Tropis, Hutan Gugur dan Taiga
Pengaruh faktor letak terhadap tumbuhan di kawasan tundra.

d. Hutan Tropis

Di kawasan hutan lembap tropika terdapat beratus-ratus spesies tumbuhan, yang mungkin tidak sama dengan yang lain. Hutan-hutan lembap tropika di seluruh dunia mempunyai persamaan. 

Sepanjang tahun hutan lembap cukup menerima air dan keadaan alamnya memungkinkan terjadinya pertumbuhan yang usang sehingga komunitas hutan tersebut akan kompleks. 

Misalnya, terdapat di kawasan tropika dan subtropika yang ada di Indonesia, kawasan Australia cuilan utara, Irian Timur, Afrika Tengah, dan Amerika Tengah.

Pohon-pohon utama mempunyai ketinggian antara 20 - 40 meter dengan cabang-cabangnya yang berdaun lebat sehingga membentuk suatu tudung (canopy) yang mengakibatkan hutan menjadi petang.

Daerah tudung tersebut cukup menerima cahaya matahari, tetapi spesialuntuk akan menerima air dari hujan dan tidak ada sumber air lainnya.

Dalam hutan lembap juga terdapat perubahan-perubahan iklim mikro dari tudung hutan ke bawah hingga ke dasar hutan. Pada tudung hutan terdapat juga kaktus, yang mempunyai jaenteng khusus untuk menyimpan air. 

Tersebarnya kawasan kaktus dari gurun yang kering hingga ke hutan lembap tropika yang kawasan tudungnya juga kering, ialah teladan dari preadaptasi. 

Preadaptasi berarti pembiasaan terhadap suatu kawasan yang juga sesuai bagi kawasan lain yang lingkungannya sangat tidak sama. 

Dasar hutan selalu petang, air hujan susah mencapai dasar hutan tersebut secara langsung, tetapi kelembapan di kawasan itu tinggi dan suhu sepanjang hari hampir tetap, yaitu rata-rata 25ºC. 

Pada hutan bawah tropika selain pepohonan yang tinggi, terdapat tumbuhan yang khas, yaitu liana dan epifit. misal liana ialah rotan dan teladan epifit ialah anggrek.
 Berikut ini akan dijelaskan tentang persebaran tumbuhan dan fauna di dunia Persebaran Komunitas Flora di Dunia Berdasarkan Jenis Padang Rumput, Gurun, Tundra, Hutan Tropis, Hutan Gugur dan Taiga
Hutan Basah

e. Hutan Gugur

Di kawasan yang diberiklim sedang, selain terdapat banyak padang rumput dan adakala ada gurun, yang paling khas ialah adanya hutan gugur, yang disebabkan oleh hal-hal diberikut.
  1. Curah hujan merata sepanjang tahun, yaitu antara 750 hingga 1.000 mm per tahun serta adanya animo cuek dan animo gerah. melaluiataubersamaini adanya animo cuek dan animo gerah ini tumbuhan di kawasan tersebut mengadakan penyesuaian, yaitu dengan menggugurkan daunnya menjelang animo dingin.
  2. Musim yang menlampaui animo cuek disebut animo gugur. Sejak animo gugur hingga animo semi, tumbuhan yang menahun pertumbuhannya terhenti. Tumbuhan tiruansim mati pada animo dingin, yang tinggal spesialuntuk bijinya. Tumbuhan yang tahan cuek sanggup berkecambah menjelang animo gerah.
Perbedaan hutan gugur dan hutan lembap ialah dalam hal kepadatan pohonnya. Di hutan gugur, pohon-pohonnya tidak terlalu rapat dan jumlah spesiesnya sedikit, yaitu antara 10 hingga 20 spesies.

f. Taiga

Taiga ialah hutan pohon pinus yang daunnya menyerupai jarum. Pohon-pohon yang terdapat di hutan taiga contohnya konifer, terutama pohon spruce (picea), alder (alnus), birch (betula), dan juniper (juniperus).
Hutan pinus yang terdapat di negara Kanada cuilan selatan
ialah salah satu teladan bioma satu spesies
Daerah taiga ialah bioma yang spesialuntuk terdiri atas satu spesies pohon. Taiga kebanyakan terdapat di belahan bumi cuilan utara (Sidiberia Utara, Rusia, Kanada Tengah dan Utara), dengan masa pertumbuhan pada animo gerah berlangsung antara 3 hingga 6 bulan.

Penyebaran fauna atau binatang darat terutama binatang menyusui banyak ditentukan oleh rintangan alam dan sebagian adanya hubungan antara daratan-daratan.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Persebaran Komunitas Tanaman Di Dunia Menurut Jenis Padang Rumput, Gurun, Tundra, Hutan Tropis, Hutan Gugur Dan Taiga"