Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gangguan Penyakit Atau Kelainan Pada Sistem Ekskresi Manusia

Berikut ini akan dijelaskan wacana sistem ekskresi pada manusia, gangguan pada sistem ekskresi manusia, penyakit pada sistem ekskresi, kelainan pada sistem ekskresi, gangguan pada sistem ekskresi, penyakit pada sistem ekskresi manusia, penyakit sistem ekskresi, penyakit ekskresi, penyakit pada sistem ekskresi ginjal, gangguan sistem ekskresi, penyakit ekskresi pada manusia, kelainan pada sistem ekskresi manusia, kelainan sistem ekskresi, gangguan sistem ekskresi pada manusia, penyakit pada alat ekskresi, nefritis, diabetes insipidus, diabetes melitus, albuminuria, poliuria, oligouria, hematuria, watu ginjal, uremia, hepatitis.

Kelainan dan Gangguan pada Sistem Ekskresi Manusia

Ginjal insan sanggup mengalami gangguan dan kelainan lantaran aneka macam hal. Misalnya, lantaran serangan bakter, tumor atau lantaran pembentukan watu ginjal. Jenis-jenis kelainan tersebut, antara lain:

Nefritis

Nefritis ialah keadaan dimana nefron mengalami peradangan yang disebabkan benjol basil Streptococcus. 

Nefritis menyebabkan protein tidak sanggup disaring sehingga urin yang dikeluarkan akan mengandung protein.

Diabetes insipidus

Diabetes insipidus ialah penyakit yang ditandai dengan urin yang dikeluarkan banyak, lantaran belum sempurnanya ADH. Hal ini menyebabkan dehidrasi, rasa haus terus menerus, dan tekanan darah rendah.

Diabetes melitus

Penderita penyakit diabetes melitus akan mengeluarkan urin yang mengandung glukosa. Hal ini disebabkan lantaran belum sempurnanya hormon insulin yang memiliki fungsi mengatur kadar gula darah. Penderita akan selalu merasa haus.

Albuminuria

Albuminuria ialah suatu keadaan dimana urin yang dikeluarkan mengandung protein dan albumin. Hal ini disebabkan lantaran sel-sel pada ginjal mengalami infeksi.

Poliuria

Poliuria ialah kondisi dimana urin yang diproduksi berlebihan. Hal ini terjadi lantaran adanya gangguan proses reabsorpsi di tubulus proksinal.

Oligouria

Oligouria ialah suatu keadaan dimana produksi urin menurun atau urin tidak diproduksi (anuria). Hal ini terjadi lantaran adanya kerusakan pada ginjal.

Hematuria

Hematuria ialah suatu keadaan dimana urin yang diproduksi mengandung sel-sel darah merah.

Batu Ginjal

Kelainan yang disebabkan adanya endapan garam kalsium di dalam pelvis renalis, tubulus, atau vesika urinaria sehingga urin susah keluar dan timbul rasa nyeri. Hal ini disebabkan lantaran kurangnya konsumsi air.

Uremia

Uremia ialah keadaan dimana urin terbawa ke fatwa darah. Hal ini disebabkan lantaran adanya kebocoran pada kanal di nefron.

Hepatitis

Hepatitis suatu penyakit dimana hati mengalami peradangan yang disebabkan lantaran benjol virus. Jenis hepatitis ada tiga macam, yaitu hepatitis A, B, C.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Gangguan Penyakit Atau Kelainan Pada Sistem Ekskresi Manusia"