Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Definisi Serta Struktur Dan Bagian-Bagian Sel Berdasarkan Para Ahli

Berikut ini kita akan mengulas ihwal sel, pengertian sel, definisi sel, pengertian cell, pengertian sel berdasarkan para ahli, teori sel berdasarkan para ahli, teori sel, sel berdasarkan para ahli, definisi sel berdasarkan para ahli, pengertian sel berdasarkan beberapa ahli, pengertian sel berdasarkan para ahli, robert hooke, protoplasma, matthias schleiden, theodor schwann, bagian-bagian sel, struktur sel, membran sel, sitoplasma, orggual-orggual sel.

Pengertian Sel

Masih ingatkah engkau apa yang dimaksud dengan sel? Sel adalah unit terkecil organisme yang sanggup melaksanakan fungsi hidup sendiri dan berreplikasi atau memperbanyak diri. 

Sel adalah penyusun badan organisme. Berdasarkan jumlah sel yang dimiliki makhluk hidup, organisme dibedakan menjadi dua tingkatan, yaitu organisme unisel dan organisme multisel. 

Pada organisme unisel, tubuhnya terdiri atas satu sel sehingga seluruh kegiatan hidupnya dilaksanakan oleh sel itu sendiri. misalnya, Amoeba, Paramecium dan Bakteri. Pada organisme multisel, tubuhnya tersusun atas banyak sel yang mempunyai fungsi masing-masing. 

Istilah sel pertama kali digunakan oleh Robert Hooke, kirakira 300 tahun yang lalu, untuk ruang-ruang kecil ibarat kotak yang dilihatnya pada waktu ia mengamati gabus dan materi tumbuhan lain di bawah mikroskop. 

Kemudian, tahun 1839, fisiologiwan Purkinye memperkenalkan istilah protoplasma bagi zat hidup dari sel. Istilah protoplasma Purkinye tidak memdiberi pengertian kimiawi dan fisik yang jelas, tetapi sanggup digunakan untuk menyebut tiruana zat yang terorganisasi dalam sel. 

Dalam tahun yang sama, 1839, seorang botaniwan Matthias Schleiden dan zoologiwan Theodor Schwann dari Jerman, menunjukan bahwa sel hidup meliputi cairan sitoplasma untuk segala acara dasar makhluk hidup. 

Pembuktian ini bermetamorfosis teori sel yang menyatakan bahwa tiruana badan binatang dan tumbuhan terdiri atas sel-sel, yaitu unit dasar dari kehidupan.

Ada beberapa makhluk hidup yang tubuhnya spesialuntuk terdiri atas satu sel. Meskipun spesialuntuk terdiri atas satu sel, makhluk hidup tersebut sanggup melaksanakan tiruana fungsi kehidupan.

Organisme ini juga mempunyai ciri-ciri sebagai makhluk hidup, contohnya makan, tumbuh, dan respons terhadap rangsangan.

Selain makhluk hidup bersel satu, terdapat banyak makhluk hidup lainnya yang tubuhnya terdiri atas banyak sel. Masing-masing selnya mempunyai bentuk dan fungsi yang tidak sama-beda.

 Berikut ini kita akan mengulas ihwal sel Pengertian, Definisi serta Struktur dan Bagian-Bagian Sel Menurut Para Ahli
Struktur Sel Secara Garis Besar
Hal ini menunjukkan bahwa sel adalah unit dasar struktural dan fungsional dari kehidupan. Sel terdiri atas tiga bab utama, yaitu selaput plasma atau membran sel, sitoplasma, dan orggual-orggual sel. 

Antar bagianbagian sel tersebut terdapat koordinasi sehingga keseluruhannya secara bahu-membahu menyusun sistem yang kompak. 

Pada badan makhluk hidup yang terdiri atas banyak sel, sel-sel yang mempunyai bentuk sama berkelompok untuk melaksanakan satu fungsi tertentu, disebut jaenteng. 

Satu kelompok jaenteng sanggup digabungkan menjadi satu organ. Organ-organ ini bergabung membentuk sistem organ, contohnya sistem pencernaan dan sistem saraf. Sistem organ bekerja sama membentuk individu.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian, Definisi Serta Struktur Dan Bagian-Bagian Sel Berdasarkan Para Ahli"