Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Pencernaan Pada Binatang Memamah Biak Atau Ruminansia Menyerupai Sapi, Kambing Dan Kerbau

Berikut ini akan dijelaskan wacana sistem pencernaan, sistem pencernaan pada binatang memamah biak, sistem pencernaan binatang memamah biak, sistem pencernaan pada hewan, sistem pencernaan binatang ruminansia, sistem pencernaan pada binatang ruminansia, sistem pencernaan ruminansia, sistem pencernaan sapi, sistem pencernaan pada sapi, sistem pencernaan sapi.

Sistem Pencernaan pada Hewan Memamah Biak

Hewan pemamah biak disebut juga binatang ruminansia. Alat-alat pencernaan binatang ruminansia terdiri atas mulut, esofagus, rumen (perut besar), retikulum (perut jala), omasum (perut kitab), abomasum (perut sebenarnya), usus halus, kolon, rektum, dan anus. 

 Berikut ini akan dijelaskan wacana sistem pencernaan Sistem Pencernaan Pada Hewan Memamah Biak Atau Ruminansia Seperti Sapi, Kambing dan Kerbau
Sistem Pencernaan Sapi
Susunan gigi pada binatang tidak sama dengan susunan gigi pada manusia. Hewan ruminansia spesialuntuk mempunyai gigi seri dan geraham. misal binatang pemamah biak yaitu sapi, kambing, dan kerbau. 

Hewan ruminansia makan rumput terus hingga kenyang, masakan akan ditampung di dalam rumen. Di dalam rumen terjadi fermentasi selulosa oleh enzim selulase. 

Saat sapi istirahat, masakan akan dikeluarkan kembali ke ekspresi dan dikunyah kembali, acara ini dimenolong oleh saliva. 

Sesudah halus masakan masuk lagi melewati retikulum dan omasum menuju abomasum. Di dalam abomasum masakan mengalami pencernaan secara kimiawi dengan menolongan enzim selulase yang dihasilkan oleh bakteri. 

Dari abomasum masakan masuk ke usus halus. Di dalam usus halus zat-zat masakan diabsorbsi. Sesudah itu, sisa-sisa masakan masuk ke kolon dan mengalami proses absorpsi air dan elektrolit. Selanjutnya, feses melewati rektum dan keluar melalui anus.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Sistem Pencernaan Pada Binatang Memamah Biak Atau Ruminansia Menyerupai Sapi, Kambing Dan Kerbau"