Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Volume Vital Residu Dan Kapasitas Total Paru-Paru Pada Sistem Pernapasan Manusia

Berikut ini akan dijelaskan tentang sistem pernapasan pada manusia, volume paru-paru, kapasitas paru-paru, kapasitas vital paru-paru, udara tidal, volume total paru paru, volume udara pernapasan, udara residu, kapasitas paru paru manusia, kapasitas vital paru, kapasitas total inspirasi, kapasitas vital paru paru manusia, kapasitas total paru paru, volume tidal, volume residu.

Volume dan Kapasitas Paru-Paru

Setiap orang mempunyai volume udara yang tidak sama-beda. Hal ini dipengaruhi oleh ukuran paru-paru, cara bernapas, dan kekuatan orang dalam bernapas. 

Untuk orang dewasa, volume paru-paru rata-rata 5 - 6 liter. Volume paru-paru terdiri atas volume tidal, volume cadangan inspirasi, volume cadangan ekspirasi, dan volume sisa. Untuk lebih mengetahui, mari cermati uraian diberikut ini.

a. Volume tidal (VT)

Volume tidal adalah volume udara yang sanggup diinspirasikan maupun diekspirasikan. Setiap pernapasan normal volume tidal + 500 ml.

b. Volume cadangan ide (VCI)

Volume cadangan ide adalah volume perhiasan udara yang sanggup diekspirasikan setelah volume tidal normal. Jumlah volume cadangan ide + 3000 ml.

c. Volume cadangan ekspirasi (VCE)

Volume cadangan ekspirasi adalah volume udara yang sanggup diekspirasikan setelah ekspirasi tidak normal. Jumlah voume cadangan ekspirasi + 1100 ml.

d. Volume sisa (Volume Residu)

Volume sisa adalah volume yang masih tersisa di dalam paru-paru setelah melaksanakan ekspirasi dengan kuat. Volume udara sisa + 1200 ml. 

Pada insiden pernapasan diharapkan penyatuan dua volume paru-paru atau lebih. Hal ini disebut kapasitas paru-paru.

Kapasitas paru-paru meliputi:

1. Kapasitas ide (KI)

Kapasitas ide adalah jumlah volume udara yang sanggup dihirup dari eksperimen normal hingga paru-paru sanggup mengembang secara maksimum. Jumlah KI + 3500 ml.
KI = VT + VCI

2. Kapasitas residu fungsional (KRF)

Kapasitas residu fungsional adalah jumlah volume udara yang tersisa di dalam paru-paru setelah melaksanakan ekspirasi normal. Jumlah KRF + 2300 ml.

3. Kapasitas vital (KV)

Kapasitas vital adalah jumlah volume udara maksimum yang sanggup dikeluarkan dari paru-paru setelah ide secara maksimum dan diekspirasikan secara maksimum. 
Jumlah KV + 4600 ml. KV = VCI + VCE + VT.

4. Kapasitas total paru-paru (KTP)

Kapasitas total paru-paru adalah volume udara maksimum pengembangan paru-paru dengan ide sekuatkuatnya. Jumlah KTP + 5800 ml. KTP = KV + VR.

Frekuensi paru-paru adalah kecepatan bernapas. Frekuensi pernapasan pada setiap orang tidak sama-beda. Frekuensi pernapasan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

a) Jenis kelabuin

Secara umum, pria lebih banyak membutuhkan oksigen dibandingkan perempuan, lantaran pria mempunyai acara lebih tinggi dibandingkan wanita sehingga energinya pun lebih banyak dibutuhkan.

b) Masa Pertumbuhan

Saat seseorang dalam masa pertumbuhan lebih banyak memerlukan energi dan oksigen dibandingkan pada usia lanjut.

c) Suhu tubuh

Metabolise badan akan meningkat ketika suhu badan menurun. Metabolisme badan ini berfungsi untuk menghasilkan gerah sehingga membutuhkan oksigen lebih banyak.

d) Posisi tubuh

Saat orang pulas dan sedang bangkit tidak sama dalam kebutuhan oksigen. Orang yang bangkit lebih banyak membutuhkan oksigen dibandingkan dengan posisi pulas.

e) Aktivitas

Orang yang mempunyai acara tinggi, frekuensi pernapasan lebih cepat dan oksigen dibutuhkan lebih banyak. Hal ini disebabkan, lantaran metabolisme meningkat untuk menghasilkan energi.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Volume Vital Residu Dan Kapasitas Total Paru-Paru Pada Sistem Pernapasan Manusia"