Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Puisi Dan Unsur Puisi

Pengertian Puisi - Mengerti saja rasanya tidak cukup untuk menandakan bahwa kita menyayangi puisi tanpa mengetahui unsur-unsur puisi di dalamnya. Oleh risikonya pada kesempatan kali ini aku akan sedikit memperlihatkan klarifikasi perihal pengertian dan unsur puisi.

Puisi ialah karya sastra yang memakai kata kata indah dan padat makna.
Puisi mempunyai ciri ciri sebagai berikut : Mengutamakan keindahan dan mengutamakan keindahan bahasa. Bahasa yang dipakai ringkas dan konotatif, disajikan dalam bentuk monolog. 

Sebuah puisi mencakup unsur unsur berikut :


1. Diksi, berarti pemilihan kata kata kata dalam puisi bersifat konotatif sehingga maknanya mungkin lebih dari satu suara yang indah dan biasanya mempunyai keharmonisan dengan kata kata lainnya tiberias.

2. Pengimajinasian, ialah kata atau susunan kata yang sanggup menjadikan layanan atau imajinasi sehingga pembaca seolah olah merasa mendengar atau melihat sesuatu yang diungkapkan si penulis puisi.

3. Access, merupakan kalimat ungkapan yang menyatakan sesuatu dengan cara membandingkannya dengan benda atau kata lain.

4. Rima, ialah pengulangan bunyi, pengulangan kata atau kalimat dalam bait bait puisi.

5. Tipografi biografi, atau bentuk goresan pena dalam puisi beda dengan karangan lain. Puisi dibuat oleh bait dan larik larik. Dalam puisi puisi kontemporer karya Calzoum Bachri, typography dipandang begitu penting sehingga menggeser kedudukan magnet makna kata kata dalam puisi itu. 
Typography mempunyai makna tersendiri yang sanggup ditafsirkan membacanya unsur puisi.

 Mengerti saja rasanya tidak cukup untuk menandakan bahwa kita menyayangi puisi tanpa meng Pengertian Puisi Dan Unsur Puisi
Pengertian Puisi Dan Unsur Unsur Yang Terdapat Di Dalam Puisi

Isi puisi mencakup :

Unsur unsur tema, tema merupakan gagasan pokok yang diungkapkan penyair dalam puisinya. Tema berfungsi sebagai landasan utama penyair dalam menuliskan puisi perasaan. Puisi merupakan karya sastra yang paling mewakili perasaan penyair, dengan kata lain puisi merupakan ekspresi perasaan penyair bentuk ekspresi itu sanggup berupa kerinduan, pengagungan kepada kekasih, alam, labuan, pahlawan, nabi, ataupun kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

Nada dan suasana tak bermakna perilaku penyair. Membaca suasana ialah keadaan jiwa pembaca dalam membaca puisi. Suasana merupakan akhir yang di timbulkan puisi itu terhadap membaca.
Amanat amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan penyair melalui puisinya, amanat tersirat dibalik rangkaian kata sanggup juga berada di balik tema.

Mungkin hanya itu yang sanggup aku bagikan kepada sahabat, agar dengan adanya pengertian dan unsur puisi diatas semakin memperlihatkan ilmu pengetahuan kepada para sahabat yang menyayangi puisi.

Sumber http://www.satubahasa.com

Post a Comment for "Pengertian Puisi Dan Unsur Puisi"