Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi Dengan Sederhana

Ekonomi asalnya dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata, kata yang pertama yakni oikos dan kata yang kedua yakni nomos. Kata oikos mempunyai arti dalam bahasa indonesia “ rumah tangga” sedangkan kata nomos dalam bahasa indonesia berati “peraturan”.  melaluiataubersamaini demikian jikalau kedua kata tersebut dijadikan satu maka akan diterjemahkan menjadi “peraturan rumah tangga” atau dengan kalimat lain sanggup diartiakan “tata cara dalam mengatur rumah tangga”


Karena setiap insan niscaya akan membentuk rumah tangga dan setiap rumah tangga niscaya mengingikan kehidupan yang makmur maka berkembanglah ekonomi sampai sekarang. Ekonomi sudah menjadi sebuah ilmu yang banyak dipelajari insan termasuk anda yang ketika ini sedang mencar ilmu ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi pada khakikatnya yakni sebuah ilmu yang mempelajari banyak sekali macam perjuangan yang dilakukan oleh insan dalam rangka memenuhi guaka macam kebutuhannya dengan tujuan untuk mencapai suatu kemakmuran. Ilmu ekonomi di zaman yang sudah maju menyerupai kini ini mempunyai ruang lingkup yang sangat luas sehingga para pakar ilmu ekonomi membagi kajian ilmu ekonomi kedalam beberapa cabang, adapun cabang-cabang ilmu ekonomi yang dimaksud yakni sebagai diberikut.

Ekonomi asalnya dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata MENGENAL CABANG-CABANG ILMU EKONOMI DENGAN SEDERHANA

Ilmu Ekonomi Teori atau Economic Theory

Ekonomi teori ialah cabang ilmu ekonomi yang mengkaji atau mengambarkan relasi banyak sekali insiden ekonomi dan selanjutnya melaksanakan perumusan dari hubungan-hubungan banyak sekali insiden ekonomi tersebut kedalam suatu aturan ekonomi atau kedalam teori ekonomi tertentu. Ilmu Ekonomi teori sendiri ketika ini dibagi kedalam 2 bab pokok yaitu ilmu ekonomi makro dan ilmu ekonomi mikro.


Ilmu Ekonomi Deskriptif atau Descriptive Economic

Ekonomi deskriptif ialah suatu cabang ilmu ekonomi yang menggambarkan banyak sekali keadaan perekonomian yang terjadi di masyarakat dengan sebenar-benarnya. contohnya menggambarkan keadaan perekonomian para pemilik warteg (warung tegal) yang ada di tegal provinsi jawa tengah atau menggambarkan keadaan perekonomian para petani padi se jawa tengah.

Ilmu Ekonomi Terapan atau Applied Economic

Ekonomi terapan ialah sebuah cabang ilmu ekonomi yang memanfaatkan ekonomi teori untuk merancang dan merumuskan berbagai  kebijakan yang ditujukan untuk mengatasi  banyak sekali duduk kasus ekonomi yang terjadi.  Kaprikornus intinya ekonomi terapan bersifat penerapan dari ekonomi teori yang dipakai untuk melaksanakan pemecahan duduk kasus ekonomi. Cbang ilmu ekonomi terapan dalam kehidupan kini ini mempunyai beberapa cabang yaitu ekonomi internasional, ekonomi pembangunan, ekonomi koperasi, ekonomi moneter, dan sebagainya.

Ilmu Ekonometrika atau Econometrics

Ekonometrika ialah cabang ilmu ekonomi yang mengkaji atau mengulas banyak sekali tanda-tanda ekonomi yang muncul dengan menerapkan metode matematis dan metode statistik. Para Ahli ekonomi sering memanfaatkan metode matematis dan metode statistik dalam mengambarkan banyak sekali sifat relasi dari gejala-gejala  ekonomi yang terjadi. Misalnya, dengan data “jumlah pendapatan nasional, data jumlah ajaran dan sebagainya” maka para andal sanggup membuat prediksi terkena  banyak sekali akhir kebijakan ekonomi yang akan dijalankan.

Demikianlah pembahasan yang sanggup disajikan dalam Perbedaan ekonomi mikro dan makro. Semoga anda sanggup memahami cabang-cabang ilmu ekonomi dengan sempurna setelah anda membaca post ini.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Mengenal Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi Dengan Sederhana"