Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Faktor Yang Memengaruhi Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan dan pembangunan ekonomi dalam suatu negara bersifat fluktuatif, kadang mengalami kenaikan dan kadang mengalami penurunan. Kondisi pertumbuhan dan pembangunan yang bersifat fluktuatif atau berubah-ubah tersebut disebabkan oleh adanya faktor-faktor yang memengaruhi Pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Faktor- faktor yang dimaksud disini antara lain Kualitas sumber daya insan (SDM), sumber daya alam (SDA), Tingkat perkembangan Tekonologi dan Ketersediaan modal.


INI Faktor Utama yang menghipnotis pembangunan dan pertumbuhan ekonomi

Faktor Sumber Daya Manusia (SDM)

SDM menjadi faktor yang sangat penting terhadap tinggi rendahnya pertumbuhan ekonomi maupun pembangunan ekonomi, hal ini lantaran dalam suatu proses produksi, Peran sumber daya insan sangat vital yaitu sebagai tenaga kerja dan sekaligus sebagai pengusaha yang bertugas mengombinasikan beberapa faktor produksi dalam kegiatan menghasilkan barang maupun jasa. Selain itu, sumber daya insan juga berperan dalam penciptaan teknologi gres dan modern untuk mendukung pekerjaan dan mengoptimalkan hasil produksi. Oleh lantaran itu, Jika suatu negara menginginkan tingkat pertumbuhan ekonomi dan tingkat pembangunan ekonomi  yang tinggi, maka negara tersebut harus meningkatkan kualitas sumber daya manusianya terlebih lampau. Teknik meningkatkan kualitas SDM diantaranya sanggup dilakukan dengan menyebarkan kualitas ilmu pengetahuan, kualitas teknologi, mempersembahkan petes keterampilan, serta membina  perilaku dan referensi pikir yang positif.

Faktor Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam disebut juga sebagai faktor produksi alam, SDA menjadi salah satu faktor yang sanggup memengaruhi kenaikan maupun penurunan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Hal ini lantaran dengan ketersediaan sumber daya alam yang cukup atau bahkan berlimpah dan SDA tersebut dikelola dengan baik maka akan sanggup meningkatkan pendapatan domestik bruta (PDB) suatu negara, dengan PDB yang tinggi maka sanggup membuat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi yang tinggi atau meningkat.

Faktor Perkembangan Teknologi



Teknologi ialah salah satu faktor penentu kenaikan atau penurunan pertumbuhan ekonomi maupun pembangunan ekonomi. Hal ini lantaran dengan penguasaan teknologi yang baik maka akan megampangkan suatu negara dalam mengolah sumber daya alam yang dimiliki negara tersebut sehingga sanggup mencapai tingkat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang tinggi. melaluiataubersamaini memakai beberapa teknologi t modern, maka proses produksi  sanggup dilakukan dengan lebih cepat, sanggup memproduksi barang dan jasa lebih banyak dan lebih baik serta sanggup menghemat biaya produksi.

Faktor Ketersediaan Modal

Apabila suatu negara ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi maupun pembangunan ekonomi maka modal sangat diperlukan, baik modal berupa barang maupun modal berupa uang. Dalam negara berkembang, pada umumnya mempunyai ketersediaan modal yang relatif rendah. Tingkat pembentukan modal yang rendah disebabkan oleh kemampuan menabung yang masih rendah. Kemampuan menabung yang rendah disebabkan oleh rendahnya pendapatan. Pendapatan yang rendah disebabkan oleh tingkat produktivitas yang masih rendah. Tingkat produktivitas yang rendah disebabkan oleh tingkat pembentukan modal yang masih rendah, sehingga kegiatan investasi tidak sanggup berkembang. Demikian seterusnya sehingga membentuk suatu bulat syaitan atau bulat syaitan kemiskinan (vicious circle) yang tidak ada putusnya dan saling berkaitan antara satu dengan lainnya.  Lingkaran syaitan sanggup digambarkan secara sederhana sebagai diberikut:

 kadang mengalami kenaikan dan kadang mengalami penurunan 4 FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI

Lingkaran syaitan harus diputuskan biar suatu negara sanggup terbebas dari kemiskinan, cara untuk memutuskannya yaitu dengan melaksanakan suatu hentakan besar, hentakan tersebut diantaranya dengan melaksanakan investasi yang lebih besar, meningkatkan keahlian dan keterampilan penduduk serta menekan laju pertumbuhan penduduk dengan kegiatan Keluarga Berencana.

Kesimpulan
Pertumbuhan dan pembangunan ekonomi bersifat tidak tetap atau selalu berubah-udah, serta dalam setiap negara tentunya mempunyai tingkat pertumbuhan maupun pembangunan ekonomi yang tidak sama. Ketidak tetapan dan keberagaman tingkat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi diakibatkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya. Secara garis besar dalam ilmu ekonomi faktor yang menghipnotis pertumbuhan dan pembangunan ekonomi dibedakan menjadi ada 4 yaitu, SDM, SDA, Teknologi dan Modal.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "4 Faktor Yang Memengaruhi Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi"