Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Pengertian Tipografi?

Pengertian Tipografi
Secara etimologi, tipografi/typography berasal dari bahasa Yunani. Typos berarti bentuk, dan Graphein berarti menulis. Tipografi yakni ilmu yang mempelajari tentang seni dan desain karakter (termasuk simbol) dalam aplikasinya untuk media komunikasi visual melalui metode penataan layout, bentuk, ukuran dan sifatnya sehingga pesan yang akan disampaikan sesuai dengan yang diharapkan. Secara modern, tipografi berkaitan dengan penataan karakter pada media elektronik, baik dari segi tampilan maupun output ke aneka macam media cetak. Sedangkan secara tradisional, tipografi berkaitan dengan penataan karakter melalui media manual berupa lempeng baja yang timbul atau karet (stempel) yang timbul yang berkenaan dengan tinta dan akan dituangkan ke permukaan kertas.Ilmu tipografi dipakai pada banyak bidang diantaranya desain grafis, desainweb, percetakan, majalah, desain produk dan sebagainya.


Tipografi memegang peranan penting dalam segala hal yang berkenaan dengan penyampaian bahasa non verbal (menggunakan tulisan) dalam segala bentuk publikasi alasannya yakni kita harus tahu berapa ukuran goresan pena yang akan kita gunakan, imbas dan bentuk yang akan kita tampilkan sehingga muatan emosi dan sifat daripesan yang muncul sesuai dengan tujuan komunikasi yang ingin kita tampilkan kepada publik. Sebagai contoh, dalam bahasa verbal, mustahil orang berteriak dengan bentakan untuk merayu/membujuk seseorang sehingga menuruti atau memahami kemauannya. Begitu juga dalam tipografi, mustahil membuat goresan pena dengan bentuk tegas dan keras (seperti larangan atau bentakan emosi) untuk publikasi yang bersifat membujuk atau menunjukkan sesuatu produk atau jasa..

 contoh desain tipografi





Fungsi utama dari tipografi ialah membuat teks menjadi mempunyai kegunaan dan praktis digunakan. Artinya tipografi berbicara tentang kegampangan membaca teks (readability) dan kegampangan mengenali setiap karakter dan kata (legibility). Readability dipengaruhi oleh
  •  Jenis huruf
  •  Ukuran
  •  Pengaturan, termasuk di dalamnya alur, spasi, perataan dan sebagainya.
  •  Kontras warna terhadap latar belakang.

Sedangkan legibility ditentukan oleh :
  • Kerumitan desain huruf, menyerupai penerapan serif, kontras stroke, dan sebagainya.
  • Penggunaan warn
  •  Frekuensi pengamat menemui karakter dalam kehidupan sehari-hari.




Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Apa Pengertian Tipografi?"