Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Teladan Aktivitas Insan Yang Seringkali Merusak Lingkungan?

Kegiatan Manusia Mempengaruhi Ekosistem
Manusia tidak sama dengan binatang dan tumbuhan. Manusia mempunyai daya pikir tinggi. Oleh karenanya, insan mulai membuat alat yang  mendukung dan mempergampang kehidupannya. Dalam bidang pertanian insan membuat traktor. Traktor tersebut menggantikan kerbau. Apa dampaknya terhadap lingkungan

Dulu insan memakai binatang sebagai alat transportasi. Kuda, keledai, dan sapi dipakai untuk menyeret pedati. Hewan-hewan itu juga sanggup ditunggangi secara langsung. melaluiataubersamaini daya pikirnya, insan mulai mencari cara untuk mempergampang transportasi. Sekarang ada sepeda, motor, dan kendaraan beroda empat untuk mempergampang acara manusia. Manusia bahkan sudah membuat alat transportasi yang lebih canggih. Pesawat terbang, helikopter, dan pesawat jet ialah bukti kepandaian manusia.

Kehidupan insan berubah seiring dengan perkembangan dan peradaban manusia. Manusia dengan kepandaiannya menemukan banyak sekali hal. Perubahan-perubahan itu mempergampang kehidupan manusia. Akan tetapi, kemajuan itu juga memengaruhi keseimbangan lingkungan. Mengapa? Karena seringkali insan tidak memerhatikan lingkungan dan sumber daya alam yang terdapat di dalamnya. Manusia cenderung merusaklingkungan.

Berbagai acara insan yang seringkali merusak lingkungan, contohnya sebagai diberikut. 
Dampak kemajuan di bidang transportasi yaitu timbulnya polusi. Polusi udara ditimbulkan oleh asap kendaraan. Polusi bunyi berupa kebisingan mesin kendaraan. Polusi menjadikan ketidakseimbangan lingkungan. 

Pengambilan kayu secara besar-bemasukan menghipnotis dan merusak lingkungan. Hutan gundul akan membawa bencana. Pohon tidak spesialuntuk menyediakan oksigen, tetapi juga memdiberi banyak manfaat lain. Akar pohon berfungsi menahan air dan tanah. Jika hutan gundul, tanah akan praktis terbawa oleh fatwa air. Dampaknya yaitu tanah longsor dan terjadinya banjir. Bagaimana dengan binatang dan tumbuhan yang hidup di hutan itu?

Penggunaan materi kimia secara berlebihan mengakibatkan rusaknya lingkungan. Busa deterjen yang dimembuang sembarangan ke sungai akan mematikan organisme di sungai. Busa deterjen akan menutupi permukaan sungai. Cahaya matahari tidak sanggup masuk dan fotosintesis tumbuhan dalam air akan terganggu. Selain itu, limbah detergen akan meracuni ikan-ikan sungai. Pemmembuangan limbah pabrik ke dalam sungai juga berakibat jelek bagi ekosistem sungai. Limbah pabrik ini mengandung materi berbahaya dan beracun. Penggunaan pupuk yang berlebihan mengganggu keseimbangan ekosistem sawah. Petani menyemprotkan materi kimia beracun yang disebut pestisida. Pestisida dipakai petani untuk membunuh hama.Akan tetapi, pestisida juga sanggup membunuh makhluk hidup lainnya
untuk membunuh serangga (insektisida), dan untuk membunuh tumbuhan pengganggu (herbisida). Penggunaan pupuk yang melebihi dosis sangat merugikan. Penyemprotan insektisida secara berlebihan juga menjadikan berkurangnya jumlah serangga. Padahal serangga juga memmenolong dalam penyerbukan.
  • Pembakaran hutan untuk lahan perkebunan dan pemukiman akan kuat bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. Dampak yang muncul alasannya insiden pembakaran hutan yaitu sebagai diberikut Pencemaran udara alasannya asap kebakaran akan menjadikan ISPA (infeksi kanal pernapasan atas).
  • Hewan-hewan yang ada dalam ekosistem hutan akan keluar dari hutan dan masuk perkampungan memangsa binatang ternak dan tumbuhan perkebunan
  •  Rantai makanan terputus, alasannya salah satu komponen ekosistem rusak. Bahkan binatang herbivor dan karnivor mati. Pemmembuangan limbah pabrik ke sungai. Senangkah engkau dengan sungai di daerahmu yang terkotori oleh limbah? Pemmembuangan limbah pabrik ke sungai akan mengakibatkan hal-hal diberikut ini.
  • Ikan di sungai mati, alasannya air sungai terkotori zat kimia.
  • Air tanah dalam sumur di sekitar sungai terkotori dan kualitas air tanah makin buruk
  •  Kualitas udara di sekitar sungai jelek dan mengeluarkan anyir yang tak sedap.
Penangkapan ikan memakai materi peledak dan racun akan mengganggu keseimbangan ekosistem di lingkungan tersebut

Dampak dari penerapan materi peledak dan racun tersebut antara lain sebagai diberikut
  •  Semua jenis ikan yang bermacam-macam ukurannya akan mati
  •  Ekosistem maritim (air) akan rusak alasannya terkotori materi peledak dan racun
  •  Rusaknya terumbu karang di lautan
  • Populasi ikan akan berkurang alasannya tempat bertelur dan berlindung ikan-ikan rusak. Percobaan senjata nuklir akan menjadikan radiasi zat kimia yang sangat membahayakan kelangsungan hidup makhluk hidup. Akibat  yang muncul dari percobaan senjata nuklir antara lain sebagai diberikut.
  •  Pemanasan global yang berakibat es di kutub utara makin cepat mencair.
  • Pencemaran zat radioaktif yang sangat mengancam kelangsungan hidup makhluk hidup yang ada di bumi.

Efek rumah beling yaitu peningkatan suhu di permukaan bumi alasannya kurangnya peresapan energi gerah dan cahaya matahari. Mengapa? Tumbuhan hijau yang memakai energi matahari tinggal sedikit. Penggundulan hutan akan memusnahkan populasi tumbuhan. Ditambah lagi berkurangnya jalur hijau dan taman-taman kota. Belum lagi CO2 dan CO dari sisa pembakaran kendaraan dan mesin pabrik yang bersifat mengikat gerah. Jika jumlah tumbuhan hijau sebagai penetral sisa pembakaran semakin berkurang, maka gerah dari matahari tidak sanggup dipantulkan keluar dari permukaan bumi. Dampak dari insiden imbas rumah beling yaitu terjadinya pemanasan global. Pemanasan global menjadikan cairnya es di kutub utara dan selatan. Akan tetapi jikalau tidak terjadi imbas rumah kaca, permukaan bumi  yang kita tempati akan membeku.

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Apa Teladan Aktivitas Insan Yang Seringkali Merusak Lingkungan?"