Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Biaya Peluang Dan Cara Menghitungnya

Selamat pagi para generasi indonesia yang cerdas, jumpa lagi dalam blog ekonomi kontekstual. Apakah saudara sedang belajar memahami biaya peluang? kalau saudara bertanya apa itu biaya peluang, dan bagaimana cara untuk menghitung biaya peluang maka saudara tidak salah diantarkan google atau kawannya menuju  ke halaman ini. Langsung saja bagi saudara yang ingin mempelajari ihwal biaya peluang silahkan pahami paparan dalam artikel ini.


Pengertian Biaya peluang

Selamat pagi para generasi indonesia yang cerdas PENGERTIAN BIAYA PELUANG DAN CARA MENGHITUNGNYA
Biaya peluang atau opportunity cost sanggup diartikan sebagai biaya yang dikorbankan untuk memakai sumber daya bagi tujuan tertentu, yang diukur dengan manfaat yang dilepasnya alasannya tidak dipakai untuk tujuan lain. Atau dengan bahasa yang lebih singkat, biaya peluang ialah biaya yang dikorbankan untuk tujuan yang ditargetkan. Untuk lebih memahami pengertian biaya peluang perhatikan teladan diberikut ini:



CONTOH BIAYA PELUANG

1. Rifki setelah lulus kuliah mendapat dua buah proposal kerja, yaitu proposal untuk bekerja sebagai staff akuntansi dari PT A dan proposal sebagai Customer service di Bank ABC. Bila Rifki memutuskan bekerja sebagai staff akuntansi di PT A,  maka Rifki kehilangan peluang bekerja sebagai customer service di Bank ABC. Berdasarkan ilustrasi ini maka biaya peluang yang ditanggung Rifki ialah bekerja sebagai Customer Servis di Bank ABC, alasannya rifki kehilangan atau mengorbankan peluang bekerja sebagai CS di Bank ABC.

2. Syamsul berkeinginan membeli bakso dan mie ayam, namun uang yang dimiliki syamsul spesialuntuk cukup untuk membeli salah satu dari yang diinginkan yaitu membeli bakso saja atau membeli mie ayam saja. Akhirnya syamsul memutuskan untuk memakai uangnya untuk membeli Bakso sehingga syamsul kehilangan peluang untuk membeli mie ayam. Berdasarkan ilustrasi tersebut maka biaya peluangnya ialah satu mangkuk mie ayam, alasannya syamsul kehilangan peluang untuk membeli mie ayam.

Teknik Menghitung Biaya Peluang




Biaya peluang terjadi apabila terdapat dua pilihan atau lebih dari dua pilihan, sedangkan dari beberapa pilihan tersebut terdapat pilihan yang dikorbankan. Bila ada dua pilihan, biaya peluang dihitung dari nilai peluang yang dikorbankan atau yang tidak dipilih. Sedangkan apabila terdapat lebih dari dua pilihan, biaya peluang dihitung dari nilai peluang terbaik  yang dikorbankan atau yang tidak dipilih. Untuk memperjelas perhitungan biaya peluang silahkan pahami ilustrasi diberikut ini:

a. Sesudah lulus kuliah S1 dari sebuah universitas negeri, Efi mendapat dua proposal pekerjaan. Tawaran pertama sebagai karyawan disebuah forum keuangan di akrab rumah dengan penghasilan perbulan Rp 2.500.000,-per bulan. Tawaran kedua sebagai Pegawai di sebuah instansi pemerintah di kabupaten kudus dengan penghasilan Rp 2.000.000,- per bulan. melaluiataubersamaini beberapa pertimbangan, di antaranya ingin mengabdi pada pemerintah,akhirnya efi memutuskan bekerja sebagai pegawai di instansi pemerintah. Keputusan efi menentukan bekerja sebagai pegawai di instansi pemerintah sudah menghilangkan peluang untuk bekerja sebagai karyawan di sebuah forum keuangan yang bekerjsama sanggup mempersembahkan pendapatan Rp 2.500.000,- per bulan. melaluiataubersamaini demikian biaya peluang yang ditanggung efi ialah Rp 2.500.000. alasannya sudah mengorbankan atau menghilangkan peluang bekerja sebagai karyawan disebuah forum keuangan dengan penghasilan Rp 2.500.000.

b.Abdul mempunyai uang Rp 80.000,-. Saat ini ia memerlukan jilbab untuk Zainab dan buku tulis untuk dirinya sendiri. Harga satu jilbab Rp 25.000,- dan harga satu buku tulis Rp 3.000,-.Karena ada dua kebutuhan maka ada beberapa kombinasi kebutuhan yang harus dipilih Abdul, yaitu sebagai diberikut:

Selamat pagi para generasi indonesia yang cerdas PENGERTIAN BIAYA PELUANG DAN CARA MENGHITUNGNYA

Dari keempat kombinasi di atas, awalnya abdul ingin menentukan kombinasi C, yaitu mendapat 2 jilbab dan 5 buku tulis. Akan tetapi, alasannya ingin menghadiahi adiknya 1 Jilbab maka Abdul berubah menentukan kombinasi A, yakni mendapat 3 jilbab dan 1 buku tulis. Ini berarti untuk mendapat embel-embel 1 Jilbab (awalnya merencanakan membeli 2 jilbab tapi ahirnya membeli 3 jilbab) Abdul harus mengorbankan 4 buku tulis. melaluiataubersamaini demikian, biaya peluang untuk mendapat embel-embel 1 Jilbab ialah sebesar harga 4 buku tulis, yaitu 3000 x 4 = Rp 12.000

KESIMPULAN
Berdasarkan uraian di atas maka sanggup disimpulkan beberapa hal penting sebagai diberikut:
Biaya peluang muncul dilatar belakangi oleh kebutuhan insan yang tidak terbatas. Kebutuhan insan yang tidak terbatas mengharuskan insan menentukan atau menentukan prioritas dalam memenuhi kebutuhannya. Pilihan inilah yang membuat biaya peluang. Biaya peluang ialah biaya yang dikorbankan untuk memakai sumber daya bagi tujuan tertentu yang diukur dengan manfaat yang dilepasnya alasannya tidak dipakai untuk tujuan lain. Biaya peluang sanggup dihitung dengan dua cara yaitu sebagai diberikut :
a. Bila ada dua pilihan, biaya peluang dihitung dari nilai peluang yang dikorbankan atau yang tidak dipilih.
b. Bila ada lebih dari dua pilihan, biaya peluang dihitung dari nilai peluang terbaik yang dikorbankan atau yang tidak dipilih.

Demikianlah pembahasan pengertian biaya peluang dan cara menghitunya, agar yang penulis sampaikan disini sanggup bermanfaa bagi saudara, Salam sukses.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Pengertian Biaya Peluang Dan Cara Menghitungnya"