Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Binatang Berkembang Biak?

C.Teknik Hewan Berkembang Biak
Untuk apa binatang berkembang biak? Hewan berkembang biak untuk melestarikan jenisnya. Ada banyak sekali cara perkembangbiakan hewan, yaitu: bertelur (ovipar) dan beranak (vivipar). Ada pula yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak (ovovivipar)

1. Bertelur
Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut ovipar. Ovipar berasal dari kata ovum yang berarti telur. Dari gambar , hewanhewan manakah yang berkembang biak dengan cara ini? Ya, tepat! Golongan binatang jenis unggas, serangga, amfibi, reptil, dan ikan, berkembang biak dengan cara bertelur. Golongan binatang yang bertelur biasanya tidak memiliki daun telinga.

a. Unggas
Unggas yaitu kelompok binatang berkaki dua, memiliki akup, paruh, dan bulu untuk menutup tubuhnya. Unggas ialah binatang berdarah gerah. misal unggas yaitu ayam, burung, dan bebek. Unggas memiliki sikap yang unik dikala demam isu kawin tiba. Beberapa jenis burung jantan mengeluarkan bunyi atau memamerkan bulunya untuk menarikdanunik perhatian betina. Sesudah terjadi perkawinan, maka akan terjadi pembuahan sel kelabuin betina (sel telur/ovum) oleh sel kelabuin jantan (sperma). Pembuahan berlangsung di dalam badan induk betina. Pembuahan di dalam badan disebut pembuahan internal.
Telur akan dikeluarkan dan dierami oleh induk betina. Pengeraman mempersembahkan kehangatan pada telur. Berapa lamakah waktu yang diharapkan untuk mengerami telurnya? Setiap induk memerlukan waktu yang tidak sama-beda untuk mengerami dan menetaskan telurnya. Ayam memerlukan waktu 21 hari. Bebek tidak mengerami sendiri telurnya. Telur belibis dierami oleh ayam.

b. Reptil
Hewan apakah yang tergolong sebagai reptil? Buaya, kura-kura, ular, cicak, komodo, dan penyu tergolong reptil. Hewan-hewan ini bertelur dan melaksanakan pembuahan internal. Buaya dan kura-kura menggali lubang di pasir untuk meletakkan telurnya. Mereka tidak mengerami telurnya. Sesudah selesai bertelur, mereka akan menimbun pasir itu dan kembali ke air. Bagaimana telur itu sanggup menetas? Telur-telur itu menerima kehangatan dari pasir. Jadi, telur itu tetap sanggup menetas.

c. Amfibi
Amfibi yaitu binatang yang hidup di dua alam, yaitu di darat dan air.  Amfibi ialah binatang berdarah dingin. misal amfibi yaitu katak.Bagaimanakah mereka bertelur dan menetaskan telurnya? Di dalam air, katak betina akan mengeluarkan sel telur. Katak jantan akan mengeluarkan banyak sperma untuk membuahi sel telur itu. melaluiataubersamaini demikian pembuahan terjadi di luar badan induknya. Pembuahan semacam ini disebut pembuahan eksternal. Telur katak yang sudah dibuahi akan karam di dasar air. Selanjutnya, lapisan lendir yang melindungi telur akan mengembung. Telur akan mengapung di permukaan air. Beberapa jenis katak jantan akan melindungi telurnya. Ia membawa telur itu pada punggung bab bawah dan dipegang oleh kaki belakangnya. Telur katak akan menetas menjadi berudu

d. Ikan
Pembuahan pada ikan ialah pembuahan eksternal. Ikan betina mengeluarkan sel telur ke dalam air. Ikan jantan mengeluarkan sperma. Apakah mereka mengerami telurnya? Ikan tidak mengerami telurnya. Telur yang sudah dibuahi akan disimpan di bawah kerikil atau di bawah flora air. Namun, ada pula yang memelihara telurnya di dalam lisan hingga menetas.



2. Beranak
Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan disebut vivipar. Golongan binatang yang melahirkan termasuk dalam kelas mamalia. Hewan mamalia ada yang hidup di darat dan ada yang hidup di air. contohnya adalah: anjing, kucing, harimau, jerapah, singa, kuda, ikan paus, lumbalumba, dan singa laut. Mamalia memiliki kelenjar susu (glandula mammae). Kelenjar ini dipakai untuk menyusui anak yang dilahirkannya. Menyusui ialah cara yang dilakukan induk mamalia untuk memdiberi makan anaknya. Pembuahan terjadi di dalam badan induk betina. Sebelum anaknya dilahirkan, induk betina hamil atau mengandung. Masa kehamilan atau kandungan tergantung pada jenis hewan. Masa kehamilan tikus yaitu 40 hari. Masa kehamilan rino yaitu satu setengah tahun. Jumlah anak yang dilahirkan  oleh tiap jenis binatang tidak samabeda. Beberapa jenis binatang sanggup   melahirkan lebih dari 2 anak sekaligus.


3. Bertelur dan beranak (ovovivipar)
Golongan binatang yang bertelur dan beranak disebut ovovivipar. Hewan ini intinya yaitu ovipar (bertelur). Namun, telur binatang tersebut mengalami pengeraman dan penetasan dalam badan induk. Telur yang menetas karenanya dilahirkan. Hewan yang termasuk ovovivipar antara lain beberapa jenis ular (anakonda), kadal, dan hiu. Hiu jantan membuahi telur dengan cara melepas sperma ke dalam badan hiu betina. Telur menetas dalam badan hiu betina. Anak-anak hiu karenanya dilahirkan. Anak-anak hiu itu tidak dipelihara induknya. Bahkan, beberapa induk justru memakannya.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Bagaimana Cara Binatang Berkembang Biak?"