Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Proses Perkembangbiakan Vegetatif Alami?

Teknik Tumbuhan Berkembang Biak
1. Perkembangbiakan secara vegetatif
Bagaimana cara perkembangbiakan secara vegetatif itu? Perkembangbiakan  secara vegetatif terjadi tanpa proses perkawinan. Perkembangbiakan berasal dari bab badan tumbuhan itu sendiri, contohnya akar, batang, atau daun. Bagian tumbuhan itu lalu memisahkan diri atau sengaja dipisahkan dari tumbuhan induk. Makara cukup dibutuhkan satu induk saja. Tumbuhan gres yang dihasilkan akan mempunyai sifat yang sama persis dengan induknya. Ada dua jenis perkembangbiakan vegetatif, yaitu secara alami bagaimanakah prosesya?

a. Vegetatif alami
Perkembangbiakan vegetatif alami terjadi secara alami tanpa menolongan manusia. Perkembangbiakan vegetatif alami, contohnya dengan umbi batang, umbi lapis, rimpang, geragih, dan anakan.

Umbi batang
Sesungguhnya umbi batang ialah batang yang tumbuh di dalam tanah. Batang ini mengalami perubahan sebagai daerah cadangan makanan. Kentang dan ubi jalar termasuk umbi batang. Lihatlah gambar  Permukaan umbi batang licin tidak beruas-ruas. Pada umbi tersebut terdapat tunas-tunas yang siap ditanam menjadi tumbuhan baru. Pernahkah engkau memperhatikan ubi jalar atau kentang yang sudah disimpan lama? Apakah yang tumbuh pada umbi itu? Ya, itulah tunas-tunas kecil yang siap menjadi tumbuhan gres kalau ditanam.
Umbi lapis
Umbi lapis yakni penjelmaan dari batang. Disebut umbi lapis alasannya yakni mengatakan susunan yang berlapis-lapis. Bagian yang lunak, tebal, dan berdaging ini ialah bab umbi yang menyimpan cadangan makanan. misal umbi lapis yakni bawang merah dan bawang bombay Umbi lapis terdiri dari beberapa bagian, yaitu cakram, sisik-sisik, dan kuncup. Coba perhatikan gambar  Sebenarnya cakram ialah batang yang bergotong-royong dengan  ruas yang sangat pendek. Sisiksisik  ialah penjelmaan dari daunnya yang menebal, lunak dan berdaging. Kuncup terdapat pada bab atas dan samping umbi lapis ini. Kuncup bab atas tumbuh sebagai tunas. Kuncup bab samping disebut juga siung.

Rimpang
Apakah yang disebut dengan rimpang? Rimpang yakni penjelmaan batang beserta daun yang terdapat dalam tanah. Batang tersebut tumbuh secara mendatar dan tampak menyerupai akar. Selain sebagai alat perkembangbiakan, rimpang berfungsi sebagai daerah cadangan makanan. Ciri-ciri rimpang beruas-ruas, bersisik, mempunyai  kuncup, dan tumbuh mendatar. Kunyit, jahe, kencur, garut, dan tasbih ialah rujukan tumbuhan yang berkembang biak dengan rimpang. Tunas yang tumbuh akan tetap berada pada rimpang induknya.

Geragih
Batang yang tumbuh menjalar di atas permukaan tanah disebut geragih. Tunas-tunas pada geragih sanggup tumbuh menjadi tumbuhan baru. misal tumbuhan yang mempunyai geragih yakni arbei dan rumput teki.
Pohon pisang berkembang biak dengan
tunas
Tunas
Tentu kita  pernah melihat pohon pisang . Jika engkau kita , di sekitar pohon pisang yang sudah cukup umur akan engkau temukan tunas-tunas kecil. Tunas itu yakni keturunan atau anakan pohon pisang. Tunas-tunas itu masih bersatu dengan induknya. Jumlahnya sanggup lebih dari satu. Secara alami, pohon pisang akan membentuk rumpun. Untuk mengembangbiakkan pohon pisang, orang akan menanam tunasnya.

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Bagaimana Proses Perkembangbiakan Vegetatif Alami?"