Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penggolongan Jenis Kebutuhan Manusia

Dalam artikel perdana dalam Web ekonomi kontekstual akan dibahas tentang kebutuhan manusia. Pembahasan yang akan disampaikan disini terbatas pada pemahaman antara makna kebutuhan dan harapan serta penggolongan jenis kebutuhan manusia. Untuk selengkapnya sanggup disimak dalam pembahasan diberikut ini.

Pengertian kebutuhan Manusia

 Pembahasan yang akan disampaikan disini terbatas pada pemahaman antara makna kebutuhan da PENGGOLONGAN JENIS KEBUTUHAN MANUSIA
Kebutuhan insan sanggup diartikan sebagai harapan terhadap barang dan jasa yang dipergunakan untuk tujuan melangsungkan kehidupan insan dan memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan. Berdasarkan definisi tersebut maka terdapat tiga konsep penting yang membentuk definisi kebutuhan, yaitu keinginan, barang atau jasa dan tujuan. Meskipun salah satu konsep kebutuhan yaitu adanya keinginan, namun bukan berarti bahwa kebutuhan sama dengan keinginan. Kebutuhan dan harapan tidak sama makna. Perbedaan tersebut terdapat pada efek atau akhir dari terpenuhi atau tidak terpenuhi barang atau jasa yang diinginkan. Apabila kebutuhan apabila tidak terpenuhi maka akan menimbulkan terganggunya kelangsungan hidup insan atau terganggunya kesejahteraan manusia, sedangkan harapan apabila tidak terpenuhi tidak menimbulkan kelangsungan hidup insan terganggu.

Penggolongan jenis-jenis kebutuhan manusia

Kebutuhan insan sangat banyak ragamnya hingga tidak terbatas, alasannya yaitu banyaknya kebutuhan insan maka untuk megampangkan pengenalan terhadap kebutuhan tersebut dalam ilmu ekonomi digolongkan ke dalam enam golongan. Pengolongan jenis kebutuhan tersebut antara lain sebagai diberikut.

Penggolongan Kebutuhan Berdasarkan Intensitas

Kebutuhan berdasarkan intensitas atau tingkat kepentingan terdiri atas kebutuhan Mutlak, kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.


1) Kebutuhan Mutlak
Kebutuhan mutlak ialah kebutuhan insan yang sangat penting dan harus terpenuhi. misal kebutuhan mutlak antara lain yaitu udara.

2) Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi insan biar untuk sanggup hidup secara layak. Kata primer sendiri berasal dari kata primus, yang berarti pertama. Secara umum kebutuhan primer terdiri atas pangan, sandang, dan papan; atau makanan, pakaian, dan rumah.

3) Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan kedua yang dipenuhi, sehabis kebutuhan primer terpenuhi. Adapun kata sekunder berasal dari kata scundus, yang berarti kedua. misal kebutuhan sekunder, yaitu meja, kursi, lemari, sepatu, tas, sisir, kaos kaki, buku, pensil, televisi, radio, daerah pulas, dan kendaraan. Manusia memenuhi kebutuhan sekunder dalam rangka mengaktualisasikan dirinya sebagai makhluk sosial yang berbudaya.

4) Kebutuhan Tersier
Kebutuhan tersier yaitu kebutuhan ketiga yang dipenuhi, sehabis kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kata tersier berasal dari kata ter-tius, yang berarti ketiga. Kebutuhan tersier disebut juga kebutuhan glamor atau lux. Kebutuhan ini umumnya dipenuhi oleh orang yang berpendapatan tinggi dan dilakukan untuk meningkatkan prestise atau pujian di mata masyarakat. misal kebutuhan tersier, yaitu pakaian mewah, tas mewah, kendaraan beroda empat mewah, rumah mewah, dan kapal pesiar mewah. Yang perlu diketahui, kebutuhan sekunder dan tersier tidak sama untuk setiap orang atau golongan. Bagi masyarakat kota, radio, televisi, kulkas, dan komputer ialah kebutuhan sekunder. Akan tetapi bagi masyarakat pedalaman terpencil, benda-benda tersebut ialah kebutuhan tersier. Selain itu, untuk orang-orang dengan pekerjaan tertentu, komputer bukan ialah kebutuhan sekunder, melainkan ialah kebutuhan primer.


Penggolongan Kebutuhan Berdasarkan Sifat

Kebutuhan berdasarkan sifat terdiri atas kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.
1) Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan jasmani yaitu kebutuhan yang dibutuhkan oleh jasmani atau badan. misal: untuk menjaga kesehatan badan, insan memerlukan makanan, minuman, pakaian, dan olahraga yang teratur.

2) Kebutuhan Rohani
Kebutuhan Rohani yaitu kebutuhan yang dibutuhkan oleh rohani atau jiwa. misal: untuk menyegarkan pikiran, insan memerlukan hiburan; untuk menguatkan iman, insan memerlukan siraman rohani berupa petunjuk dan hikmah keagamaan; untuk mencerdaskan pikiran dan meningkatkan keterampilan, insan memerlukan pendidikan.

Penggolongan Kebutuhan Menurut Bentuk

Kebutuhan berdasarkan bentuk terdiri atas kebutuhan material dan kebutuhan immaterial.
1) Kebutuhan Material
Kebutuhan material yaitu kebutuhan yang berbentuk benda material atau benda berwujud, menyerupai tas, makanan, rumah, pakaian, dan lain-lain.

2) Kebutuhan Immaterial
Kebutuhan immaterial yaitu kebutuhan yang berbentuk benda imma-terial atau benda yang tak berwujud, menyerupai hikmah ulama, klarifikasi guru, hiburan, petunjuk dokter, dan lain-lain.

Penggolongan Kebutuhan Menurut Waktu

Kebutuhan berdasarkan waktu terdiri atas kebutuhan kini dan kebutuhan masa depan.
1) Kebutuhan Sekarang Kebutuhan kini yaitu kebutuhan yang pemenuhannya tidak sanggup ditunda dan harus dipenuhi ketika kebutuhan tersebut dirasakan. misal: kebutuhan akan makan bagi orang yang lapar dan kebutuhan akan obat bagi orang yang sakit.

2) Kebutuhan Masa Depan
Kebutuhan masa depan yaitu kebutuhan yang pemenuhannya sanggup ditunda, alasannya yaitu dibutuhkan pada ketika yang akan hadir. misal: kebutuhan akan daerah pulas bayi bagi ibu yang sedang hamil muda dan kebutuhan akan biaya kuliah bagi anak yang masih SMP. Pada umumnya orang mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan masa depan, di antaranya dengan menabung.

3) Kebutuhan tiba-tiba atau tidak terduga
Merupakan kebutuhan yang tidak diperkirakan sebelumnya dan terjadi secara tak terduga. Misalnya kebutuhan akan jasa bengkel ketika sepeda motor mogok atau ban meletus.

Penggolongan Kebutuhan Menurut Subjek

Kebutuhan berdasarkan subjek terdiri atas kebutuhan individu dan kebutuhan kualitatif/bersama.
1) Kebutuhanpribadi
Kebutuhan pribadi yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi secara individu atau perorangan. misal: kebutuhan makan, minum, pakaian, sepatu, dan sikat gigi. Kebutuhan individu setiap orang tidak sama. Kebutuhan individu seorang petani tidak sama dengan kebutuhan individu seorang dokter.

2) Kebutuhan kelompok
Kebutuhan kelompok yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kepentingan bersama dan dilakukan secara bersama-sama. misal: kebutuhan akan jalan raya, listrik, pasar, sistem pengairan, daerah pemmembuangan sampah, dan lain-lain

Demikianlah pembahasan tentang penggolongan jenis kebutuhan manusia, semoga sanggup memdiberi pencerahan kepada saudara. Sesudah memahami artikel ini maka dimasukankan untuk memahami artikel diberikutnya tentang Faktor yang menghipnotis kebutuhan manusia.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Penggolongan Jenis Kebutuhan Manusia"