Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggambar Kurva Harga Keseimbangan Dengan Benar

Dalam pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan tentang cara menghitung harga dan jumlah keseimbangan. Untuk melengkapi pembahasan tentang equilibrium price atau harga keseimbangan maka dalam post ini akan dijelaskan cara menggamabar kurva keseimbangan harga dengan benar. Untuk sanggup menggambar kurva harga keseimbangan maka terlebih lampau harus mencari titik potong sumbu P dan titik Potong sumbu Q dari fungsi undangan dan fungsi penawaran, setelah titik potong sumbu Q dan titik Potong sumbu P untuk fungsi undangan dan fungsi penawaran ditemukan maka dari titik potong tersebut ditarik garis, sehingga dihasilkan kurva undangan dan kurva penawaran yang akan berpotongan. Dari perpotongan kurva undangan dan kurva penawaran didapat titik keseimbangan (E). Ketika mencari titik potong sumbu Q pada fungsi undangan atau fungsi penawaran maka syaratnya nilai P harus sama dengan nol (0) sedangkan untuk menetukan titik potong sumbu P maka nilai Q harus sama dengan nol (0). Untuk lebih jelasnya silahkan pahami, misal diberikut:

Diketahui fungsi undangan Pd = –2Q + 150 dan fungsi penawaran Ps = Q + 60. Tentukanlah harga dan jumlah keseimbangannya serta gambarlah kurva harga keseimbangan!


Jawab:
Menentuka Titik potong sumbu Q dan P untuk fungsi permintaan:
Mencari titik potong sumbu Q (syarat P = 0)    
     P = -2Q + 150
     0 = -2Q +150
    2Q = 150
     Q = 75......... dengan demikian diperoleh titik (75,0)

Mencari titik potong sumbu P (syarat Q = 0)    
     P = -2Q + 150
     P = -2(0) +150
     P = 150......... dengan demikian diperoleh titik (0,150)

Menentuka Titik potong sumbu Q dan P untuk fungsi penawaran:
Mencari titik potong sumbu Q (syarat P = 0)    
    P = Q + 60
    0 = Q +60
    Q = -60
    Q = -60......... dengan demikian diperoleh titik (-60,0)

Mencari titik potong sumbu P (syarat Q = 0)    
   P = Q + 60
   P = (0) +60
   P = 60......... dengan demikian diperoleh titik (0,60)

Menentukan Harga dan jumlah keseimbangan (titik keseimbangan):
Syarat keseimbangan yaitu Pd = Ps
             Pd = Ps
      –2Q + 150 = Q + 60
      –2Q – Q   = 60 – 150
            –3Q = – 90
              Q = 30

Diperoleh jumlah keseimbangan sebesar 30. Untuk mencari harga keseimbangan, kita harus memasukan jumlah keseimbangan sebesar 30 ke fungsi undangan atau ke fungsi penawaran.
              P = Q + 60
              P = 30 – 60
              P = 90

Maka diperoleh harga keseimbangan sebesar 90.  melaluiataubersamaini demikian titik keseimbangan yang diperoleh yaitu (30, 90)
Berdasarkan empat buah titik potong dan 1 titik keseimbangan, maka sanggup dibentuk kurva keseimbangan harga diberikut ini:         

Dalam pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan tentang  CARA MENGGAMBAR KURVA HARGA KESEIMBANGAN DENGAN BENAR

KESIMPULAN:
Dalam menggambar kurva harga keseimbangan maka terlebih lampau harus diketahui titik potong sumbu Q dan P untuk fungsi undangan dan fungsi penawaran, sedangkan untuk menyempurnakan gambar maka kita cari titik keseimbangannya sehingga gambar yang dihasilkan sempurna. Sebenarnya dengan mencari titik potong sumbu Q dan P fungsi undangan dan penawaran kurva harga keseimbangan sudah sanggup digambar, namun untuk menghindari kesalahan dalam menggambar maka untuk meminimalkan tingkat kesalahan dihitung juga titik keseimbangannya. Demikianlah pembahasan tentang cara menggambar kurva harga keseimbangan, biar pembahasan ini sanggup menjadi bab dari kesuksesan saudara, setelah menguasai pembahasan ini dengan baik maka dimasukankan kepada anda untuk memahami pengertian elastisitas undangan dan penawaran.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Cara Menggambar Kurva Harga Keseimbangan Dengan Benar"