Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Materi Isolasi Sebagai Materi Non Logam Alami?

Bahan Isolasi
Merupakan materi yang menyekat, artinya yang tidak menghantarkan. Terdapat materi penyekat listrik, penyekat suara, penyekat getaran, penyekat gerah, penyekat bangunan, dan materi penyekat konstruksi bangunan mesin.
1) Bahan penyekat listrik
Harus tahan terhadap tegangan, arus listrik dan tidak menghantarkan listrik, walaupun lembabnya udara dan buruknya keadaan suhu. Bahan-bahan penyekat listrik yaitu
  1.  Mika, berwarna bening dan tidak sanggup terbakar, digunakan pada alat pemanas, kondensator dan elemen pemanas setrika
  2. Asbes, digunakan pada panggangan listrik
  3. Keramik yaitu porselen dan steatif, digunakan sebagai isolator, Steatif yang dipres lalu dibakar sebagai materi isolasi alat pemanas, setrika, solder, sakelar dan busi motor.
  4.  Kaca, digunakan pada lampu dan pipa
  5.  Lak isolasi, digunakan pada kawat
  6. Tekstil dan kertas yang diintegrasikan/prespan, digunakan sebagai isolasi alur; Kain lena dan blacu untuk menggulung lilitan motor, dynamo, travo, kawat dan kabel. Kain sutera digunakan untuk lilitan kecil, kawat halus dan isolator listrik.
  7. Kertas isolasi, kertas dicelup dalam paraffin digunakan sebagai penyekat kondensator, bila memakai kertas prespan untuk membuat lilitan sebagai materi isolasi stator dan transformator.
  8. Tekstil isolasi, digunakan sebagai kumpar
  9. Polietin, polivinil khlorida, polisterin dan karet, digunakan pada kawat dan kabel
  10. Formaldehida, digunakan sebagai materi penghubung

2) Bahan penyekat suara
Harus sedikit mungkin sanggup ditembus bunyi dan materi ini sangat penting dalam konstruksi bangunan kapal.Zat penyekat bunyi yang paling baik ialah udara dinding. Sifat ini digunakan pada konstruksi dinding berganda yaitu terdiri dari dua dinding terpisah sama sekali. Bahan penyekat bunyi yang lain ialah pelat serat kayu, pelat kumparan lunak (soft merk plate), dan pelat jerami.

3) Bahan penyekat getaran
Harus sanggup meredam getaran dalam konstruksi bangunan-bangunan mesin dan kendaraan.Bahan penyekat getaran yang terpenting ialah kulit dan karet.

4) Bahan penyekat gerah
Bahan ini dihentikan menghantarkan gerah dari konstruksi bangunan gedung dan konstruksi bangunan mesin.Bahan penyekat gerah harus memenuhi syarat koefisien gerah harus rendah, daya tahan lembabnya baik, daya tahan suhu yang tinggi, dan masa jenis yang rendah.Bahan isolasi gerah diantaranya:
  1. Tembaga dan aluminium, sanggup memantulkan gerah kembali dengan sempurna, digunakan sebagai isolasi pancaran gerah pada motor bensin dan motor diesel.
  2.  Wol terak dan wol kaca, tidak tahan getaran, koefisien daya hantar rendah, digunakan untuk plat dan cetakan.
  3. ) Tanah kersik, koefisien daya hantar rendah, dicampur dengan serat asbes untuk pelat dan cetakan.

5) Bahan penyekat bangunan
Udara membisu memiliki koefisien daya hantar yang paling rendah yaitu 0,02 J/det 0Cm. Konstruksi dinding berlapis dimana udara membisu terdapat bunyi yang baik, juga bekerja sebagai isolasi gerah yang sempurna. Bahan penyekat gerah yang lain ialah, kayu, pelat serat kayu, pelat gabus, pelat damar buatan, pelat beton kerikil apung, pelat semen asbes, dan kertas yang dipreparasikan.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Materi Isolasi Sebagai Materi Non Logam Alami?"