Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Materi Pelumas?

Bahan Pelumas
Di dalam mesin terdapat bagian-bagian yang bergerak, menyerupai poros engkol, torak, batang torak, katup, rantai dan sebagainya. melaluiataubersamaini adanya pelumas relasi dua bab tidak bergesekan secara pribadi alasannya terdapat lapisan minyak tipis (oil film).Untuk mengurangi kenaikan suhu dan keausan pada bagian-bagian yang bergesekan, menambah kerapatan antara torak dan silinder mengeluarkan kotoran dan mencegah karat, sanggup dipergunakan minyak pelumas.

1) Minyak Binatang
Diperoleh dengan mengolah tulang-tulang sapi sehingga disebut minyak tulang.Minyak ini titik didihnya 360°C dan tidak simpel kering.Dipergunakan untuk melumasi pada titik – titik perputaran menyerupai magnet dan jam.

2) Minyak Tumbuhan
Diperoleh dari tumbuh-tumbuhan, sanggup melumasi dengan baik dan memiliki daya lekat pada logam tinggi, tetapi kental dan keruh dan sanggup bersenyawa dengan asam. Dipergunakan sebagai pelumas pada motor yang didinginkan oleh udara.

3) Minyak Mineral
Diperoleh dengan cara penyulingan, dipergunakan sebagai pelumas pada mesin otomotif. Satuan kekentalan minyak pelumas yakni SAE (Society of Automotif Enginer).Semakin besar angka SAE berarti minyak pelumas semakin kental. Tabel 4.5 diberikut ialah klarifikasi angka SAE.




Minyak pelumas untuk mesin harus memenuhi kriteria sebagai diberikut:
(a) Derajat kekentalannya harus sesuai dengan jenis operasi mesin.
(b) Mempunyai daya lekat yang baik
(c) Tidak simpel bercampur dengan kotoran
(d) Mempunyai titik nyala(flash point) yang tinggi dan sukar menguap
(e) cepatdangampang memindahkan gerah dan titik bekunya rendah.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Materi Pelumas?"