Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Wacana Macam-Macam Materi Bakar?

Bahan bakar
Bahan bakar yakni sumber energy yang digunakan pada aneka macam motor bakar, baik motor pembakaran dalam maupun pembakaran luar. Ditinjau dari wujudnya ada materi bakar padat, materi bakar cair dan materi bakar gas.

Bahan bakar padat digunakan pada motor pembakaran luar, ibarat mesin uap, dapur baja, dan dapur tinggi. Bahan bakar padat contohnya arang kayu, arang kokas dan kerikil bara. Bahan bakar cair dan gas banyak digunakan pada motor pembakaran dalam ibarat motor bensin, motor diesel dan motor pancar gas.

1) Bensin
Nilai pembakaran bensin 10.000 kkal artinya jika 1 kg bensin terbakar tepat akan menghasilkan kurang lebih 10.000 kalori. Bensin praktis menguap pada suhu biasa, tidak berwarna, jernih dan berbau merangsang, titik nyala rendah, berat jenis rendah (0,60 – 0,78), melarutkan minyak dan karet, menghasilkan gerah yang tinggi (9.500–10.500 kkal/kg)dan meninggalkan sedikit sisa karbon (sisa pembakaran).

2) Solar
Bahan bakar ini diperoleh dengan mendestilasi minyak tanah kasar, setelah dikeluarkan ligroline, bensin dan kerosin selanjutnya materi bakar solar.Nilai bakarnya + 9000 kkla/kg materi bakar, sangat cocok untuk materi bakar motor diesel.
Bahan bakar bensin, solar dan minyak bakar termasuk minyak mineral.Minyak mineral terdapat di bumi sehingga disebut minyak bumi, yang dipergunakan untuk motor, ibarat bensol, bensin, petroleum (minyak tanah) minyak gas, dan minyak diesel.

3) Bahan bakar gas
Bahan bakar gas banyak dipergunakan untuk keperluan rumah tangga dan industry.
1) Gas dari sumber minyak
Bahan bakar ini disebut gas bumi, nilai bakarnya 6500 kkal/m3, baik digunakan sebagai materi bakar motor gas.

2) Gas air
Merupakan adonan dari monoksida arang (CO), dioksida arang (CO2) dan air(H2). Gas Air diperoleh dari uap air yang dialirkan melalui kokas yang menyala dan memiliki suhu 1200°C hingga 1600°C.

3) Gas generator
Didapat dari pembakaran kokas didalam dapur generator, memiliki nilai bakar 700 -1.000 kkal/m3.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Wacana Macam-Macam Materi Bakar?"