Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengunakan Alat Ukur Presisi Rendah Mistar Baja ?

Alat Ukur Presisi Rendah
1. Mistar Baja
Jenis alat ukur panjang ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk mengukur jarak yang relatif pendek dan alat ukur ini ialah alat ukur linier pribadi yang paling sederhana sebab hasil pengukurannya sanggup dibaca pribadi pada potongan penunjuk ukuran (skala) alat ukur tersebut, secara umum panjang mistar baja yang banyak digunakan berukuran 150 mm hingga 300 mm. Skala yang dicantumkan ialah dalam satuan metrik dan inci, dengan skala metrik terkecil dari mistar ialah 1 mm (0.1 cm) dengan ketelitiannya 0.5 mm (0.05 cm). Pada skala inci tercantum dalam pecahan dan persepuluhan contohnya 1/64, 1/32, 1/16, dan 1/8 inci. Pada persepuluhan sanggup dibaca ukuran yang lebih kecil dari1/64 inci, sebab mistar jenis ini mempunyai ketelitian 0.10 inci, Adapun penerapan dari mistar baja ialah mengukur jarak, mengusut kerataan permukaan benda kerja, dan melukis garis lurus (sebagai penggaris).

Mistar baja terbuat dari baja tahan karat atau baja perkakas


Teknik memakai mistar baja
  1. Rapatkan benda ukur pada landasan referensi /balok landas
  2. Letakan mistar baja di atas benda ukur, letakan titik nol atau ujung mistar bertumpu pada balok landas.
  3. Baca dimensi/ukuran panjang benda ukur.



Mistar baja fungsinya selain untuk mengukur sanggup pula digunakan untuk mengusut permukaan material/benda kerja ibarat pada teladan gambar diberikut ini.



Roll meter tersedia dalam ukuran 3 meter hingga 50 meter. Pengukuran dengan roll meter mempunyai ketelitian rendah, yaitu 1 mm.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Cara Mengunakan Alat Ukur Presisi Rendah Mistar Baja ?"