Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Alat Ukur Mikrometer?

Mikrometer
Adalah alat ukur linier yang mempunyai ketelitian atau kecermatan yang lebih tinggi, lebih presisi daripada jangka sorong, komponen terpenting dari mikrometer ialah ulir utama. melaluiataubersamaini memutar silinder putar satu kali putaran, maka poros ukur akan bergerak secara linier sepanjang satu kisar sesuai dengan kisar dari ulir utama (umumnya mempunyai kisar 0.5 mm). Pada mikrometer umumnya jarak gerak dari poros ukurannya dibentuk hingga 25 mm, yang bertujuan untuk membatasi kesalahan kumulatif kisar. Mikrometer luar biasanya mempunyai kapasitas ukur :
  •  0 – 25 
  •  25 – 50 mm
  • 0 – 75 mm
  • 5 – 100 mm dan bahkan hingga 100 mm.


Mikrometer memilki beberapa jenis yaitu mikrometer luar, mikrometer dalam, mikrometer kedalaman, dan mikrometer ulir. Skala pada mikrometer dibentuk dalam satuan metrik dan inci. Mikrometer dilengkapi skala vernier (nonius) yang sanggup mengukur dengan ketelitian hingga 0.001 mm. bahkan hingga 0.0005 mm dan dengan skala inci hingga ketelitian 0.0001 inci.


Teknik membaca mikrometer metrik
Tiap garis diatas garis indeks pada tabung skala utama (sleeve) potongan atas melambangkan 1 mm dan tiap garis dibawah garis indeks melambangkan sumbangan tiap 0.5 mm. Pada tabung putar (thimble) terdapat 50 garis dan setiap garis melambangkan 0.01 mm. misal pada gambar diberikut, pembacaan ukuran ialah 8.90 mm

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memakai mikrometer ialah :
1. Permukaan benda ukur dan landasan ukur harus dimembersihkankan terlebih lampau dari kotoran
     yang menempel.
2. Sebelum digunakan kedudukan nol dari mikrometer harus diperiksa.
3. Masukkan benda ukur ke lisan ukur dengan perlahan-lahan.
4. Pada dikala mengukur penekanannya tidakboleh terlalu keras yang sanggup menjadikan kesalahan
    ukur jawaban adanya deformasi dari benda ukur atau dari alat ukurnya.

Mikrometer luar ketelitian 0,01
Ulir dari mikrometer standar mempunyai pitch sebesar 0,05 mm dan keliling bidal dibagi atas 50 potongan yang sama, maka perubahan satu potongan pada graduasi bidal menjadikan perpindahan poros pengukur bergerak sebesar 0.01 mm (0.5 x 1/50)= 0,01. Atau dengan cara lain, kalau ulir dari mikrometer standar tidak sanggup diketahuinya : pada tabung putar terdapat garisgaris ukur yang banyaknya 50 buah. Jika tabung putar 1 kali (dari 0 hingga dengan angka 0 lagi), maka poros geser akan bergerak 0.05 mm. Oleh sebab itu tabung diputar dibagi dalam 50 bagian, maka 1 potongan jaraknya 0.5 : 50 = 0.01 mm langkah poros geser

Mikrometer luar ketelitian 0.001 mm.Mikrometer standar dengan skala vernier padaselubungnya sanggup dibaca hingga 0.001 mm. Padamikrometer ini pembacaan hingga 0.001 mm, dilakukan pada bidal menyerupai halnya pada mikrometer dengan ketelitian 0.01 mm, spesialuntuk disini ada verniernya yang segaris dengan graduasi bidal dan kalikanlah nilai pembacaan tersebut  dengan 0.001 mm.


Mikrometer dalam tiga kaki (Holtest, Triobor)
Mikrometer dalam tiga kaki untuk mengukur diameter dalam cermat, sebab kedudukan mikrometer selalu tetap ditengah lingkaran.






Mikrometer Kedalaman(Depth mikrometer)
Mikrometer kedalaman untuk mengukur kedalaman suatu lubang atau permukaan bertingkat. Batang ukur sanggup diganti untuk mengubah kapasitas ukur.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Alat Ukur Mikrometer?"