Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Senyawa Aldehida Dan Keton?

Aldehid ialah suatu senyawa yang mengandung gugus aldehida yaitu gugus karbonil (C=O) yang terikat pada sebuah atau dua buah unsur hidrogen. Rumus umum struktur aldehid ialah R–CHO. Aldehid disintesis dari alkohol dengan cara menghilangkan satu atom hidrogen (alkohol dehidrogenatum). Aldehida memiliki paling sedikit satu atom hidrogen yang menempel pada gugus karbonil. Gugus lainnya sanggup berupa gugus hidrogen, alkil atau aril.






Ciri-ciri aldehida :
  1. Sifat-sifat kimia aldehid dan keton umumnya serupa, spesialuntuk tidak sama dalam derajatnya. Aldehid dan keton dengan unsur C pendek umumnya larut dalam air.
  2. Merupakan senyawa polar dengan titik didih aldehid lebih tinggi dari senyawa non polar.
  3. Formaldehid/metanal/ H-CHO (suatu aldehid): gas yang baunya sangat menyengat (baunya tajam) ialah satu-satunya aldehid yang berbentuk gas pada suhu kamar dan tak berwarna.
  4. Larutan formaldehid dengan pelarut air dengan serius 40% disebut dengan formalin. Penggunaan formaldehida sebagai desinfektan, mengeraskan protein (mengawetkan contoh-contoh biologik), membuat damar buatan.
  5. Akrolein/propanal/ CH2=CH-CHO ialah suatu aldehid berbentuk cairan, baunya tajam dan sangat reaktif.


Keton ialah suatu senyawa organik yang memiliki sebuah gugus karbonil (C=O) terikat pada dua gugus alkil, dua gugus aril atau sebuah alkil dan sebuah aril. Rumus umum struktur keton ialah (R)2-C=O atau R1-CO-R2. R pada struktur keton di atas ialah gugus aril maupun gugus alkil.
misal senyawa keton: dimetil keton = aseton = (CH3)2-C=O
1) Sifat : cairan tak berwarna, praktis menguap, pelarut yang baik.
2) Penggunaan : sebagai pelarut.
misal lain : asetofenon = metil fenil keton
1) Sifat : berhablur, tak berwarna
2) Penggunaan:sebagai hipnotik, sebagai fenasil klorida (kloroasetofenon) digunakan sebagai gas
    air mata


Tatanama aldehida dan keton
Dalam sistem IUPAC, aldehida didiberi akhiran –al (berasal dari suku pertama aldehida). misal-contohnya sebagai diberikut.



Karena aldehida sudah usang dikenal, nama-nama umum masih sering digunakan. Nama-nama tersebut dicantumkan dibawah nama IUPAC-nya. Karena nama ini sering digunakan, anda perlu juga mempelajarinya juga. Untuk aldehida yang memiliki subtituen, penomoran rantai dimulai dari karbon aldehida sebagai mana teladan diberikut :



Untuk aldehida siklik, digunakan awalan-karbaldehida. Aldehida aromatik sering memiliki nama umum. Dalam sistem IUPAC, keton didiberi akhiran-on (dari suku kata terakhir keton). Penomoran dilakukan sehingga gugus karbonil menerima nomor kecil. Biasanya keton didiberi nama dengan menambahkan kata keton sesudah  nama-nama gugus alkil atau aril yang menempel pada gugus karbonil. Sama halnya dengan aldehida nama umum sering digunakan. contohnya ialah sebagai diberikut :


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Senyawa Aldehida Dan Keton?"